Resmi! UEFA Akan Gunakan VAR di Fase 16 Besar Liga Champions Musim Ini

Mulai digunakan Februari 2019

UEFA sebagai organisasi tertinggi sepak bola di Eropa akhirnya memastikan penggunaan teknologi VAR (Video Assistent Referee) pada babak 16 besar Liga Champions musim ini. Hal ini dipustuskan Exco UEFA melalui sidang yang digelar hari Senin kemarin (03/12).

Babak 16 besar Liga Champions sendiri akan mulai bergulir pada bulan Februari 2019.

1. Dikonfirmasi langsung oleh presiden UEFA

Resmi! UEFA Akan Gunakan VAR di Fase 16 Besar Liga Champions Musim Inimarca.com

Presiden UEFA, Alexander Ceferin langsung memberikan pernyataan tentang akan digunakannya VAR pada babak 16 besar Liga Champions musim ini. Keputusan ini diambil lebih cepat karena sebelumnya UEFA baru akan menggunakan VAR di musim depan.

Namun melihat kesuksesan VAR dalam mengurangi kesalahan keputusan wasit, UEFA pun memutuskan untuk menggunakannya lebih cepat di musim ini.

"Kami siap menggunakan VAR lebih awal dari yang direncanakan awal dan kami yakin bahwa ini akan bermanfaat bagi kompetisi kami karena akan memberikan bantuan yang berharga untuk perangkat pertandingan dan akan memungkinkan untuk mengurangi keputusan yang salah."

Baca Juga: Mengenal Teknologi VAR yang Digunakan di Piala Dunia 2018

2. Akan digunakan dalam kompetisi Eropa lainnya

Resmi! UEFA Akan Gunakan VAR di Fase 16 Besar Liga Champions Musim Inistandardmedia.co.ke

Dalam sidang Exco tersebut, UEFA juga memutuskan bahwa VAR akan digunakan pada laga final Europe League musim ini, final UEFA Nations League dan Euro U-21 2019. Sebelumnya juga mereka telah memutuskan akan menggunakan teknologi VAR secara penuh pada musim 2019/2020. VAR bahkan akan digunakan sejak babak play-off Liga Champions.

Kini UEFA sendiri sedang merencanakan untuk memperluas penggunaan VAR di Euro 2020, Europa League 2020/2021 (mulai dari fase grup) dan UEFA Nations League 2021. 

VAR sendiri telah sukses digunakan di World Cup 2018 di mana berhasil mengurangi kontroversi keputusan wasit secara signifikan.

3. English Premier League akan menggunakan VAR musim depan

Resmi! UEFA Akan Gunakan VAR di Fase 16 Besar Liga Champions Musim Iniskysports.com

Liga Primer Inggris menjadi satu-satunya liga top Eropa yang kini belum menggunakan teknologi VAR. Musim lalu Liga Italia dan Liga Jerman telah memulai teknologi pembantu keputusan wasit tersebut. Musim ini sendiri La Liga dan Ligue 1 telah memulai penggunaan VAR di kompetisi mereka.

Namun FA sendiri telah memutuskan jika mereka akan menggunakan penggunaan VAR untuk kompetisi musim depan. Musim ini sendiri mereka telah memulai uji coba dengan penggunaan VAR di kompetisi FA Cup dan Carabao Cup.

Pep Guardiola pun menyambut sangat baik penggunaa VAR di Liga Inggris dan Liga Champions dan percaya hal ini akan sangat membantu. Sebelumnya Man City sendiri diuntungkan atas keputusan wasit saat Raheem Sterling terjatuh sendiri namun diberikan tendangan penalti karena wasit tidak melihat kejadian tersebut dengan jelas.

Baca Juga: Resmi! Liga Primer Akan Menggunakan Teknologi VAR Musim Depan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya