UEFA Nations League: Skor Tipis, Kroasia Menang Dramatis Atas Spanyol

Persaingan semakin ketat

Laga bigmatch UEFA Nations League mempertemukan finalis Piala Dunia 2018, Kroasia yang menjamu juara dunia 2010, Spanyol Jumat dinihari tadi (16/11). Dalam laga yang digelar di Maksimir Stadium tersebut, Kroasia secara dramatis mampu memenangi laga dengan skor tipis 3-2.

Kemenangan Kroasia ditentukan oleh gol di menit akhir pertandingan melalui gol kedua Tin Jedvaj di menit ke-90+3. Sebelumnya pemain bertahan Kroasia tersebut juga mencetak gol di menit ke-69, dan satu gol lainnya dicetak Andrej Kramaric (54'). Sedangkan dua gol Spanyol dicetak oleh Dani Caballos (56) dan tendangan penalti Sergio Ramos di menit 78.

1. Jalannya pertandingan

UEFA Nations League: Skor Tipis, Kroasia Menang Dramatis Atas Spanyolmarca.com

Kedua tim sama-sama turun dengan skuad terbaik dan formasi 4-3-3. Lini tengah Kroasia diisi oleh trio Modric-Brozovi-Rakitic yang berhadapan dengan Ceballos-Busquets-Saul. Spanyol mampu menguasi laga dengan penguasaan bola hampir 67 persen, namun Kroasia tampil lebih efektif dengan serangan-serangan yang lebih berbahaya.

Buktinya, Kroasia mampu dua kali unggul melalui gol Andrej Kramaric dan Tin Jedvaj. Spanyol yang di pertemuan pertama unggul 6-0 tak mau menyerah begitu saja dan berhasil juga dua kali menyamakan kedudukan melalui gol Ceballos dan penalti Sergio Ramos.

Sayangnya, dewi fortuna berpihap pada tim tuan rumah saat Tin Jedvaj mampu mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan. Meskipun kalah, Spanyol tetap memimpin klasemen Liga A grup 4 dengan 6 poin. Sedangkan Kroasia kini memiliki poin yang sama dengan Inggris dengan 4 angka.

2. Persaingan semakin ketat

UEFA Nations League: Skor Tipis, Kroasia Menang Dramatis Atas Spanyoluefa.com

Persaingan di Liga A grup 4 yang diisi oleh Spanyol, Inggris dan Kroasia kini semakin ketat, dan hanya meniggalkan satu laga terakhir yaitu Inggris melawan Kroasia. Hanya juara grup yang akan lolos ke babak final Nations League, dan tim juru kunci akan turun kasta ke Liga B.

Dengan kondisi seperti ini, semua tim masih memiliki kesempatan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Sial bagi Spanyol, karena nasib mereka akan ditentukan oleh laga Inggris melawan Kroasia yang akan digelar tanggal 18 November 2018.

Jika laga terebut berakhir imbang, maka Spanyol yang akan lolos ke babak selanjutnya. Namun jika salah satu diantara Inggris dan Kroasia yang menang, maka merekalah yang berhak lolos karena akan memiliki poin tertinggi, yaitu 7.

Baca Juga: Perlu Tahu! 5 Hal Fenomenal Tentang Sepak Bola Spanyol di Tahun 2000

3. Sergio Ramos mengalami cedera

UEFA Nations League: Skor Tipis, Kroasia Menang Dramatis Atas Spanyoltwitter.com/SeFutbol

Habis jatuh tertimpa tangga, itulah yang dialami timnas Spanyol saat bertandang ke Kroasia. Tak hanya kalah, kapten Spanyol, Sergio Ramos pun dikabarkan mengalami cedera usai laga tersebut. Akibatnya sang pemain harus absen saat menghadapi Bosnia di laga uji coba Senin dinihari nanti (19/11/2018).

Belum diketahui akan berapa lama Ramos harus absen. Dia juga diragukan bisa tampil untuk Real Madrid di ajang Liga Spanyol tanggal 24 Nopember nanti. Hal ini tentunya kabar buruk bagi Santiago Solari yang sedang berjuang mengembalikan Rea Madrid ke papan atas La Liga.

Sebelumnya nama-nama seperti Marcelo, Dani Carvajal dan Varane pun sedang mengalami cedera.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/VDnYY-wTMoI

Kroasia: Kalinic, Vrsaljko, Lovren, Vida, Jedvaj, Rakitic (Vlasic, min. 67), Brozovic, Rebic (Brekalo, min. 73), Modric, Perisic, Kramaric (Pjaca, min. 89).

Spanyol: De Gea; Sergi Roberto, Ramos, Inigo Martinez, Jordi Alba; Saul (Suso, min. 74), Sergio Busquets, Ceballos; Rodrigo (Asensio, min. 60), Isco, Aspas (Morata, min. 64)

Siapakah wakil dari grup ini yang akan lolos?

Baca Juga: Rekap UEFA Nations League A: Jerman yang Merana, Auman Inggris Muda

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya