Comscore Tracker

UEFA Nations League: Tahan Imbang Italia, Portugal Lolos Ke Semifinal

Negara pertama yang lolos

Portugal menjadi negara pertama di Liga A Nations League yang berhasil lolos ke semifinal setelah berhasil menahan imbang tuan rumah, Italia dalam laga Minggu dinihari tadi (18/11/2018) dengan skor 0-0.

Dengan hasil tersebut, Portugal kini berhasil mengumpulkan 7 poin dan masih menyisakan satu pertandingan terakhir, serta tak mungkin lagi terkejar oleh Italia yang berada di posisi kedua dengan 5 poin karena telah menyelesaikan 4 laga.

1. Serangan-serangan Italia gagal menembus gawang Portugal

UEFA Nations League: Tahan Imbang Italia, Portugal Lolos Ke Semifinaltwitter.com/azzurr

Italia diharuskan menang jika ingin kesempatan lolos tetap terbuka lebar. Bermain dengan formasi 4-3-3 dengan trio Chiesa-Immobile-Insigne, Italia tampil menyerang sejak awal laga. Portugal yang bermain tanpa Cristiano Ronaldo pun tetap tampil cukup meyakinkan dengan berhasil menahan serangan-serangan Gli Azzuri.

Menguasai pertandingan hingga 70% dan berhasil melesatkan 15 tendangan ke arah gawang lawan, Italia tetap tak mampu mencetak satu pun gol hingga akhir laga. Portugal sendiri lebih bermain bertahan dan hanya mampu melakukan 9 tendangan ke arah gawang melalui serangan-serangan balik.

Meskipun hanya bermain imbang, Portugal menjadi negara pertama yang dipastikan lolos ke babak semifinal Nations League.

Baca Juga: UEFA Nations League: Kalahkan Prancis, Belanda Buka Peluang Lolos 

2. Klasemen sementara Liga A grup 3

UEFA Nations League: Tahan Imbang Italia, Portugal Lolos Ke Semifinaluefa.com

Laga di grup 3 ini masih menyisakan satu lagi pertandingan antara Portugal melawan Polandia (21/11/2018) namun sudah tidak berpengaruh apapun bagi semua tim. Polandia dipastikan turun kasta ke Liga B karena hanya mampu mengumpulkan 1 poin dari 3 laga yang telah dijalani.

Italia sendiri aman tetap akan bermain di Liga A karena telah mengumpulkan 5 poin dari hasil sekali menang, 2 kali imbang dan sekali kalah. Sedangkan Portugal akan menjadi wakil dari grup 3 untuk memperebutkan gelar pertama kompetisi ini bersama tim-tim besar lainnya dari 3 grup tersisa.

3. Santos: Ronaldo masih bagian dari Portugal

UEFA Nations League: Tahan Imbang Italia, Portugal Lolos Ke Semifinaldaily-sun.com

Semenjak kekalahan Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Cristiano Ronaldo belum pernah lagi tampil membela timnas Portugal. Salah satu alasannya adalah karena ingin fokus dengan klub barunya saat ini, Juventus.

Meskipun tanpa CR7, Portugal tampil tak terkalahkan di Nations League saat ini. Namun pelatih Portugal, Fernando Santos tetap menyatakan jika Ronaldo masih dibutuhkan oleh skuadnya dan tetap menjadi bagian dari tim Portugal saat ini.

"Tidak diragukan lagi. Jika kalian masih ragu, saya tidak tahu. Tapi Cristiano Ronaldo adalah bagian dari tim ini."

Ronaldo sendiri saat ini merupakan top skorer sepanjang masa Portugal dengan 85 gol dari 154 penampilan yang juga sekaligus menjadi penampilan terbanyak di timnas Portugal.

4. Cuplikan pertandingan

https://www.youtube.com/embed/fijAkGFNmNY

Italia (4-3-3): 22-Gianluigi Donnarumma, 19-Leonardo Bonucci, 3-Giorgio Chiellini, 4-Cristiano Biraghi, 16-Alessandro Florenzi, 6-Marco Verratti (Lorenzo Pellegrini 81'), 8-Jorginho, 18-Nicolo Barella, 17-Ciro Immobile (Kevin Lasagna 74'), 10-Lorenzo Insigne, 14-Federico Chiesa (Domenico Berardi 87')

Pelatih: Roberto Mancini

Portugal (4-3-3): 1-Rui Patricio, 6-Jose Fonte, 19-Mario Rui, 2-Joao Cancelo, 30-Ruben Dias, 20-Pizzi (Joao Mario 68'), 7-Bruma (85'), 14-William Carvalho, 18-Ruben Neves, 11-Bernardo Silva, 23-Andre Silva (Danilo Pereira 90')

Pelatih: Fernando Santos

Baca Juga: Inggris Vs Kroasia: Laga Penentu Tiket Lolos Semifinal Nations League 

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You