Comscore Tracker

Ukir Comeback Fenomenal di Liga Champions, Saham Juventus Naik Drastis

Uang bonus pun semakin melimpah

Kedatangan mega bintang Cristiano Ronaldo terbukti mampu meningkatkan performa Juventus musim ini baik di Liga Domestik maupun Eropa. Saat ini mereka di ambang juara Liga Italia setelah unggul 18 poin dari Napoli yang berada di urutan kedua. Namun yang paling fenomenal tentunya adalah pencapaian terbaru Juve di Liga Champions.

Tertinggal dua gol di leg pertama, La Vecchia  Signora sukses comeback melalui hat-trick Cristiano Ronaldo ke gawang Atletico Madrid, sekaligus membawa tim hitam putih lolos ke perempat final. Luar biasanya lagi, raihan ini berdampak pada sisi finansial klub yang mengalami peningkatan saham drastis. Berikut ceritanya.

1. Cristiano Ronaldo effect lambungkan saham Juventus

Ukir Comeback Fenomenal di Liga Champions, Saham Juventus Naik Drastisbloomberg.com

Tiga pekan lalu saat Bianconerri kalah 2-0 dari Atletico Madrid, saham harga Juventus sempat anjlok. Namun hat-trick Cristiano Ronaldo di leg kedua memberikan perubahan.

Tak hanya dari prestasi, tetapi juga melambungkan harga saham Juventus hingga lebih dari 20 persen. Juve membuka Borsa Italiana pada Rabu (13/03) dengan harga € 1,58 - kenaikan 24 persen dari € 1,22 yang ditutup pada malam sebelumnya.

Jika dihitung sejak kedatangan Cristiano Ronaldo ke Juventus di awal musim, Bloomberg menyatakan jika saham Juventus naik hingga 140 persen. Performa ini membuat Si Nyonya Tua ditambahkan ke dalam benchmark FTSE MIB Italia, sebagai tanda blue chip alias saham papan atas.

Baca Juga: Comeback Fantastis! Juventus Lolos ke Perempat Final Liga Champions

2. Lolos ke perempat final, Juventus banjir bonus dan cetak rekor pendapatan tiket tertinggi

Ukir Comeback Fenomenal di Liga Champions, Saham Juventus Naik Drastisjuventus.com

Tak hanya dalam bentuk saham, kelolosan Juventus ke babak perempat final pun semakin menambah pundi-pundi bonus yang didapatkan. Bianconeri bakal mendapatkan tambahan bonus sebesar 10,5 juta euro (Rp169 miliar) sebagai hadiah lolos ke perempat final. Sebelumnya mereka pun mendapatkan 9,5 juta euro (Rp153 juta euro) karena lolos dari fase grup.

Bonus lebih besar mencapai 31 juta euro (Rp.500 miliar) sudah menanti mereka jika Juve mampu melangkah lebih jauh lagi di Liga Champions musim ini. Tak berhenti hanya di situ, Juventus pun mencetak sebuah rekor pendapatan tertinggi lewat tiket penonton dalam laga leg kedua 16 besar Liga Champions melawan Atletico Madrid.

Mereka sukses menjual habis tiket untuk pertandingan ini sejumlah 39.987 penonton, dan menghasilkan dana sebesar 5,5 juta euro. Angka tersebut mengalahkan rekor sebelumnya saat menjamu Manchester United di fase grup dengan pendapatan 4,9 juta euro. Hal ini tak lain merupakan efek tidak langsung dari kehadiran Cristiano Ronaldo dan performa meningkat Juventus.

3. Menilai peluang Juventus di Liga Champions musim ini

Ukir Comeback Fenomenal di Liga Champions, Saham Juventus Naik Drastisjuventus.com

Juventus menjadi satu-satunya tim Italia yang berhasil menembus perempat final Liga Champions musim ini. Raihan ini mengulangi hasil musim lalu, namun terhenti di perempat final usai dikandaskan Real Madrid. Musim ini mereka kembali hadir dengan kedatangan Cristiano Ronaldo, si raja Liga Champions.

Ia telah membuktikan diri bahwa Juventus tepat memboyongnya demi meraih prestasi di Liga Champions. Musim ini Ronaldo telah mencetak 4 gol di Liga Champions dan tegaskan dirinya sebagai top skorer sepanjang masa dengan 125 gol.

Namun ujian lebih besar telah menanti mereka di perempat final. Tim-tim besar seperti Barcelona, Man United, Man City, Spurs, Ajax, Porto dan Liverpool berpotensi besar menjadi lawan-lawannya. Undian babak perempat final sendiri bakal dilakukan pada hari Jumat (15/03).

Bukan tak mungkin, Juventus akan mengulang nasib AS Roma musim lalu dengan berjumpa Barcelona di perempat final, atau kembali mengulang pertemuan di fase grup melawan Man United yang kini diasuh Solksjaer. Namun siapa pun lawannya, Juventus musim ini memang layak menjadi unggulan utama peraih trofi Liga Champions.

Baca Juga: Berhasil Come Back, Ini 4 Fakta Sukses Juventus Kalahkan Atleti di UCL

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You