Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie A

Saat ini ia masih mengganggur

Akhir November 2019 Unai Emery dipecat setelah dicap gagal menangani Arsenal. Tak hanya performa The Gunners yang bobrok, Emery pun kehilangan kepercayaan dari pemain dan fans. Kini ia pun berstatus pengangguran dan berniat istirahat lebih dulu dari lapangan hijau. Namun ia akan segera kembali dan tak menutup kemungkinan untuk berkarier di Serie A. 

1. Gagal angkat performa Arsenal

Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie Afootball.london

Unai Emery ditunjuk menjadi pelatih Arsenal pada tahun 2018 sebagai calon suksesor Arsene Wenger. Sayang, ia hanya mampu bertahan kurang dari 2 tahun saja. Hal ini tak lepas dari performa buruk The Gunners musim ini.

Dari 20 laga di semua ajang, Emery hanya meraih 8 kemenanan, 7 imbang dan 5 kekalahan. Tak hanya itu, ia pun terlibat masalah internal dengan beberapa pemain bintang seperti Mesut Ozil, yang kemudian berbuntut pemecatan terhadap dirinya.

2. Rencana Unai Emery selanjutnya

Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie Askysports.com

Melalui sebuah wawancara Emery mengungkapkan jika dirinya saat ini tengah bersiap untuk proyek selanjutnya. Ia tak menutup untuk melatih klub dari kompetisi mana pun, termasuk Serie A yang belum pernah ia rasakan.

"Saya menjadi pelatih selama 16 tahun beruntun, jadi saya memutuskan untuk beristirahat sebentar untuk menyiapkan proyek yang paling menginspirasi saya," ujar Emery kepada TuttoJuve.

"Saya tak akan menolak negara mana pun: Inggris, Prancis, Spanyol, di mana saya pernah bekerja, atau Italia, di mana saya belum pernah bekerja di sana sebelumnya," lanjutnya.

Baca Juga: Belum Juga Mempunyai Klub, Unai Emery akan Melatih Musim Depan?

3. Pernah ditawari klub Serie A

Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie Agoal.com

Lebih jauh lagi Emery mengaku jika dirinya pernah ditawari untuk melatih klub Serie A. Namun karena berbagai alasan, ia menolak tawaran tersebut. Ia pun tak ingin menyebutkan klub Italia mana yang pernah meliriknya itu.

"Saya pernah menjalin kontak dengan beberapa klub Italia, tapi karena satu hal dan lainnya, saya tak memungkinkan bekerja di sana. Saya terbuka terhadap segalanya dan terus memantau Serie A," tutur Emery.

"Demi respek dan keadilan, saya tak akan menyebutkan klub yang menghubungi saya beberapa tahun lalu," tukasnya.

4. Pelatih penuh pengalaman

Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie Askysports.com

Sepanjang karier kepelatihannya, Unai Emery merupakan salah satu pelatih yang telah berkarier di empat kompetis berbeda, La Liga, Liga Rusia, Ligue 1 dan Premier League. Prestasi terbaiknya terjadi saat melatih Sevilla pada tahun 2013 hingga 2016.

Saat itu ia sukses mencetak sejarah dengan menjuarai Liga Eropa tiga musim beruntun. Emery juga mampu berikan dua gelar Ligue 1 dan dua Piala Liga ketika melatih PSG.

5. Klub peminat

Gagal Bersama Arsenal, Unai Emery Berniat Lanjutkan Karier di Serie Athenational.ae

Belum banyak klub yang dikaitkan bakal menggunakan jasa eks pelatih Sevilla tersebut. Namun satu klub Serie A kabarnya tertarik untuk memboyongnya musim panas nanti. Mereka adalah Fiorentina, yang sedang tertahan di peringkat 13 Serie A saat ini.

Emery sendiri kabarnya sempat menolak tawaran Everton dan AS Monaco usai dipecat Arsenal. Lalu, klub manakah yang akan menajdi tujuannya nanti?

Baca Juga: Tak Ada Ronaldo, Ini 10 Pemain dengan Market Value Tertinggi di Dunia

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya