7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020

Klub kaya raya, utangnya pun menggunung

Sepak bola merupakan salah satu industri terbesar di dunia saat ini. Dalam menjalankan bisnis olahraga ini, setiap klub tidak akan lepas dari utang. Entah itu digunakan karena pembelian pemain ataupun strategi manajemen yang keliru.

Tahun 2020 sendiri menjadi waktu yang sangat berat bagi seluruh industri, termasuk sepak bola akibat pandemik COVID-19. Berdasarkan laporan UEFA terbaru, berikut ini adalah 10 klub Eropa dengan jumlah utang terbesar di tahun 2020.

7. AS Roma – €312m (Rp5,1 riliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020calcioefinanza.it

Selama beberapa tahun terakhir finansial AS Roma memang cukup memburuk. Hal ini menimbulkan keraguan atas masa depan klub, yang melahirkan rumor kemungkinan pengambilalihan pada musim panas lalu. Hingga tahun 2020, utang AS Roma sebesar 312 juta euro.

Pada Desember tahun lalu, AS Roma bahkan telah mengumumkan jika mereka sedang dalam pembicaraan dengan miliarder Dan Friedkin atas kemungkinan pengambilalihan senilai 780 juta euro..

6. Fenerbahce – €334m (Rp5,5 triliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020fenerbahcekadro.club

Klub raksasa Turki ini mengalami kerugian finansial karena naiknya mata uang asing terhadap mata uang mereka sendiri. Di sisi lain, mereka tidak membayar pemain mereka menggunakan mata uang Lira. Saat ini mereka terbelit utang senilai 334 juta euro.

Wakil presiden Burhan Karacam baru-baru ini mengungkapkan bahwa jatuhnya Lira telah menyebabkan Fenerbahce merugi jutaan dolar. Sehingga utang klub pun semakin menumpuk.

5. Juventus – €372m  (Rp6,1 triliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020twitter.com/juventusfcen

Pembangunan stadion baru Allianz menjadi sumber utang terbesar Juventus dalam beberapa tahun terakhir. Namun mereka tampaknya tidak perlu khawatir karena investasi besar-besaran tersebut memiliki nilai jangka panjang. Saat ini mereka memiliki utang senilai 372 juta euro.

Faktor lainnya adalah kehadiran bintang-bintang besar seperti Cristiano Ronaldo, Matthijs De Ligt dan lainnya yang memiliki gaji cukup tinggi. Tetapi lagi-lagi Juventus cukup cerdas dalam bergerak di bursa transfer dengan selalu dapatkan pemain berstatus free transfer.

Dengan popularitas klub yang semakin tinggi, keuangan mereka menjadi salah satu yang paling stabil.

Baca Juga: 10 Pemilik Klub Sepak Bola Terkaya di Dunia Saat Ini, Siapa Memimpin?

4. Atletico Madrid – €384m (6,3 triliun) 

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020twitter.com/atletienglish

Los Rojiblancos berhasil melikuidasi utang senilai sekitar 202 juta euro ke Bank Spanyol baru-baru ini. Tapi Atletico masih belum bisa bersantai karena masih memiliki jumlah utang yang cukup tinggi, yaitu 384 juta euro.

Salah satu alasannya adalah bursa transfer pemain musim panas lalu di mana Atleti memboyong beberapa pemain berkelas bintang seperti Joao Felix dan Alvaro Morata, yang memecahkan transfer klub sepanjang sejarah.

3. Inter Milan – €461m  (Rp7,5 triliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020twitter.com/Inter_en

Dalam beberapa tahun terakhir prestasi Inter Milan cukup anjlok. Sehingga berdampak pada finansial klub yang turut memburuk. Jumlah utang mereka sebesar 461 juta euro. Namun baru-baru ini mereka terselamatkan dengan kepemilikan baru boleh Suning Group.

Perusahaan asal Tiongkok tersebut pun bergerak langsung dengan memperbaiki kualitas tim dengan menggaet Antonio Conte dan mendatangkan pemain-pemain berkelas. Perlahan namun pasti, prestasi klub pun mulai membaik.

Di sisi lain, ini menjadi sebuah jaminan untuk memperbaiki kualitas finansial mereka.

2. Tottenham – €483m (Rp7,9 triliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020telegraph.co.uk

Mengambil pinjaman dari Goldman Sachs, Bank of America Merrill Lynch dan HSBC akhirnya membuat utang Tottenham Hotspurs menggunung. Pinjaman tersebut mereka investasikan untuk membangun stadion baru yang telah selesai akhir tahun 2019 lalu. Hal ini dilakukan untuk mendukung klub menjadi salah satu tim besar di Eropa.

Meski memiliki utang tinggi sebesar 483 juta euro, langkah ini dinilai cerdas seperti apa yang dilakukan Juventus, karena pemasukan dari tiket akan sangat berdampak besar pula.

1. Manchester United – €568m  (Rp9,3triliun)

7 Klub Eropa dengan Jumlah Utang Terbesar di Tahun 2020twitter.com/B_Fernandes8

Setan Merah mungkin salah satu klub sepak bola terkaya di dunia, tetapi mereka juga memiliki jumlah utang paling besar di Eropa. Utang besar Manchester United datang setelah pengambilalihan klub oleh keluarga Glazer pada tahun 2005.

Akibat hal ini, fans sempat melakukan protes agar keluarga Glazer turun. Apalagi prestasi MU mulai meredup sejak ditinggal Sir Alex  Fergusson, ditambah strategi transfer yang dinilai buruk. Begitu juga di musim ini secara keseluruhan, meskipun mulai membaik pasca kompetisi mulai bergulir lagi.

Itulah 7 klub dengan jumlah utang paling besar di Eropa.Nilai utang tersebut memang sebanding  dengan apa yang telah mereka investasikan untuk klub. Namun tidak selalu utang juga mampu mendongkrak prestasi klub.

Baca Juga: Ironi Manchester United, Klub Kaya Raya yang Mulai Miskin Prestasi

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya