Comscore Tracker

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho

Ada yang meraih treble winner untuk keduanya

Jose Mourinho dan Pep Guardiola merupakan dua pelatih hebat yang mampu memberikan trofi bagi tim yang mereka latih. Bahkan, kedua pelatih ini juga pernah membawa tim asuhannya merasakan treble winner. Pep melakukannya bersama Barcelona pada 2009 dan Mou ketika melatih Inter Milan semusim berselang.

Keduanya sering kali berhadapan, baik ketika berada di La Liga maupun Premier League. Meskipun klub yang mereka latih umumnya adalah rival, ternyata ada juga pemain yang pernah dilatih dua sosok jenius ini. Berikut lima pemain hebat yang pernah dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho.

1. Kevin De Bruyne

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose MourinhoKevin De Bruyne dan Jose Mourinho (mirror.co.uk)

Kevin De Bruyne kini menjadi pemain kunci Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola. Akurasi umpan serta visi bermainnya yang luar biasa membuat City bisa mendominasi Premier League dalam beberapa musim terakhir. Maka, tak heran Pep selalu memasangnya pada tiap laga.

Ternyata pemain asal Belgia ini juga pernah dilatih oleh Jose Mourinho. Tepatnya kala keduanya membela Chelsea. Tak seperti bersama Pep, De Bruyne justru jarang mendapat kesempatan bermain dan sempat bersitegang dengan pelatih asal Portugal itu. Hal tersebutlah yang membuatnya hengkang ke Wolfsburg.

2. Arjen Robben

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose MourinhoArjen Robben dan Pep Guardiola (manchestereveningnews.com)

Arjen Robben dan Jose Mourinho sama-sama datang ke Chelsea pada 2004. Saat itu, klub asal London tersebut baru saja diambil alih oleh Roman Abramovich. Robben cukup sering dipercaya untuk tampil berkat kemampuan olah bola dan kreativitasnya yang luar biasa. Kebersamaan mereka hanya bertahan tiga musim ketika Robben memilih berlabuh ke Real Madrid.

Robben dan Pep Guardiola bertemu kala keduanya membela Bayern Munchen. Di bawah asuhan Guardiola, karier Robben semakin cemerlang. Terbukti tak ada satu pun klub yang mampu menghentikan dominasi Die Roten di Bundesliga saat itu.

Baca Juga: 5 Pemain AS Roma yang Berkembang Pesat di Bawah Asuhan Jose Mourinho

3. Xabi Alonso

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose MourinhoXabi Alonso dan Jose Mourinho (planetfootball.com)

Xabi Alonso dan Jose Mourinho pertama kali bekerja sama pada 2010 di Real Madrid. Kala itu, Alonso baru semusim di Real Madrid, sedangkan Mourinho baru didatangkan dari Inter Milan. Kombinasi keduanya membuahkan 1 gelar La Liga dan 1 Copa del Rey.

Kala membela Los BlancosAlonso kerap kali bertemu dengan Barcelona yang dilatih Pep Guardiola. Namun, ketika Alonso bermain di Bayern Munchen, ia justru dilatih oleh Guardiola. Mereka sukses membawa Munchen 2 kali juara Bundesliga dan 1 DFB Pokal.

4. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose MourinhoZlatan Ibrahimovic dan Pep Guardiola (skysports.com)

Jika De Bruyne sempat bersitegang dengan Mourinho, Zlatan Ibrahimovic justru berseteru dengan Pep ketika keduanya sama-sama membela Barcelona. Kala itu, Ibra tak suka sikap Pep yang lebih mengutamakan Lionel Messi. Hal itu membuat striker asal Swedia tersebut hanya bertahan semusim di Camp Nou.

Pada 2016, Manchester United yang kala itu dilatih Jose Mourinho mendatangkan Ibrahimovic dari Paris Saint-Germain. Meski sudah mulai termakan usia, Ibrahimovic masih sanggup mencetak 17 gol di Premier League. Pada 2018, ia hijrah ke MLS untuk membela Los Angeles Galaxy.

5. Samuel Eto'o

5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose MourinhoSamuel Eto'o dan Jose Mourinho (soccernet.ng)

Samuel Eto'o bisa dikatakan pemain tersukses yang pernah dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho. Bagaimana tidak, striker asal Kamerun ini dua kali merasakan treble winner bersama kedua pelatih jenius itu dalam dua musim beruntun.

Pada 2009, kala masih berkostum Barcelona, Eto'o membawa tim yang dilatih Guardiola merajai Eropa. Semusim berselang, ia kembali meraih treble winner bersama Inter Milan yang diarsiteki Jose Mourinho. Eto'o dan Mou sempat reuni kala membela Chelsea pada 2013.

Sebuah kehormatan tersendiri bagi para pemain yang pernah dilatih kedua pelatih ini. Sebab, Jose Mourinho dan Pep Guardiola merupakan dua pelatih hebat yang meraih banyak trofi untuk timnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona Era Pep Guardiola, Messi hingga Alves

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya