Comscore Tracker

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

Ada Eric Cantona hingga Rio Ferdinand

Manchester United merupakan klub dengan gelar juara terbanyak di Liga Inggris dengan 20 trofi. Sedangkan, Leeds, meskipun kini tak lagi disebut tim hebat, merupakan peraih tiga gelar Liga Inggris. Musim 1991/1992 menjadi kali terakhir Leeds merengkuh trofi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut.

Leeds dulunya cukup kuat karena mempunyai pemain yang berbakat. Namun, beberapa di antaranya justru menyeberang ke klub lain, tak terkecuali Manchester United. Bahkan, banyak pemain andalan MU yang merupakan mantan pemain Leeds. Berikut lima pemain Manchester United yang dibeli dari Leeds United.

1. Gordon McQueen

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds UnitedGordon McQueen (foottheball.com)

Leeds mendatangkan Gordon McQueen dari klub Skotlandia, St. Mirren, pada 1972. Bersama Leeds, kariernya cukup gemilang. Ia membantu timnya menjuarai Liga Inggris pada musim 1973/1974. McQueen juga membawa Leeds masuk ke final Piala Champions 1975, tetapi dikalahkan Bayern Munchen.

Pada musim 1978, secara mengejutkan, pemain asal Skotlandia ini justru memutuskan bergabung dengan Manchester United. Bersama Setan Merah, kariernya tak terlalu mengilap. Meskipun tampil sebanyak 184 kali, McQueen hanya mampu meraih satu trofi Piala FA 1983.

2. Joe Jordan

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds UnitedJoe Jordan (90min.com)

Joe Jordan merupakan rekan Gordon McQueen kala membawa Leeds menjuarai Liga Inggris dan masuk ke final Piala Champions. Jordan sendiri sempat berkarier di klub Skotlandia, Morton, sebelum bermain di Liga Inggris bersama Leeds United pada 1970.

Tujuh tahun bersama Leeds, Jordan kemudian menerima pinangan Manchester United pada 1977. Di bawah asuhan Dave Sexton, Jordan hanya bertahan empat musim tanpa satu pun trofi. Pada 1981, ia hijrah ke Italia untuk membela AC Milan.

Baca Juga: 10 Fakta Pascal Struijk, Bek Andalan Leeds United Keturunan Indonesia

3. Eric Cantona

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds UnitedEric Cantona (thehindu.com)

Eric Cantona merupakan legenda Manchester United yang bermain pada 1992—1997. Penyerang asal Prancis ini dikenal sebagai predator haus gol dan begitu dicintai para pendukungnya. Total selama bermain di Old Trafford, Cantona mengoleksi 4 gelar Liga Inggris dan 2 Piala FA.

Namun, banyak yang tak tahu bahwa sebelum berseragam The Red DevilsCantona lebih dulu membela Leeds United. Ia dipinjam dari Nimes pada Januari 1992 sebelum dipermanenkan pada musim berikutnya. Meski hanya bermain 28 laga, Cantona sukses memberikan satu gelar Liga Inggris untuk tim kebanggaan Yorkshire tersebut.

4. Rio Ferdinand

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds UnitedRio Ferdinand (talksport.com)

Rio Ferdinand sempat menjadi bek termahal di dunia saat Leeds mendatangkannya dengan harga Rp350 miliar dari West Ham United pada 2000. Momen yang paling dikenang dari Ferdinand selama membela Leeds adalah golnya ke gawang Deportivo La Coruna yang sukses membawa timnya mencapai babak semifinal Liga Champions.

Kegemilangannya itu membuat Sir Alex Ferguson tak ragu untuk mendatangkannya ke Old Trafford pada 2002. Bersama Setan Merah, Ferdinand menjadi tembok kokoh yang tak tergantikan selama 12 musim. Total ia meraih 6 gelar Liga Inggris, 4 Piala FA, dan 1 trofi Liga Champions bersama Setan Merah.

5. Alan Smith

5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds UnitedAlan Smith (mirror.co.uk)

Alan Smith masih berusia 18 tahun kala menjalani debut bersama Leeds United pada 1998. Ia merupakan rekan satu tim dari Rio Ferdinand yang sukses menembus babak semifinal Liga Champions musim 2001/2002. Kala itu, Leeds memang diisi nama-nama top macam Mark Viduka, Robbie Keane, hingga Jimmy Floyd Hasselbaink.

Pada 2004, Alan Smith resmi pindah menuju Old Trafford usai Leeds mengalami masalah finansial. Namun, performanya jauh menurun dan tak sanggup bersaing dengan striker top yang dimiliki MU. Alhasil, ia hanya bertahan selama tiga musim sebelum pindah ke Newcastle United.

Kelima pemain tersebut sempat membela Leeds United sebelum menerima tawaran Manchester United. Mereka ada yang semakin bersinar, tetapi ada juga yang justru meredup kala berkostum Setan Merah.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Leeds United, Daniel James Termasuk!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya