Comscore Tracker

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Pantas dijuluki super sub!

Peran pemain pengganti dalam pertandingan sepak bola tak bisa dipandang sebelah mata. Meskipun mereka tak diturunkan sejak awal laga, namun ketika dimasukkan para pemain pengganti tersebut sukses mengangkat performa timnya.

Mereka sangat dibutuhkan jika pemain inti mengalami cedera, maupun ketika timnya sedang mengalami kebuntuan. Berikut lima pemain pengganti terbaik Liga Inggris sepanjang sejarah. Siapa saja?

1. Olivier Giroud

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga InggrisOlivier Giroud (bleacherreport.com)

Olivier Giroud dibeli dari Montpellier oleh Arsenal pada tahun 2012 lalu. Ia sukses mencetak 105 gol selama membela klub London Utara. Termasuk 73 gol di ajang Liga Inggris dalam 119 penampilan.

Pada awal tahun 2018, Giroud menyeberang ke Stamford Bridge. Namun, ia kesulitan mengamankan posisi utama di lini depan Chelsea. Dari 75 laga yang dilakoninya, 42 di antaranya ia lalui dari bangku cadangan. 

Meski tampil sebagai pemain pengganti, kemampuan mencetak golnya masih cukup tajam. Terbukti, ia mampu mencetak 20 gol dari bangku cadangan. Catatan itu merupakan yang terbanyak kedua di ajang Premier League.

2. Jermain Defoe

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga InggrisJermain Defoe (mirror.co.uk)

Dengan 24 gol dari bangku cadangan, Jermain Defoe menjadi pencetak gol terbanyak yang turun sebagai pemain pengganti. Defoe pun layak dijuluki sebagai super sub selama kariernya di Liga Inggris.

Defoe memang terkenal cukup tajam sebagai penyerang. Hanya enam pemain yang mempunyai catatan gol lebih banyak darinya di Liga Inggris. Mantan striker Tottenham dan West Ham itu sukses mencetak 162 gol.

Baca Juga: 6 Pemain Manchester United yang Berjuluk Supersub, Terbaru Cavani

3. Peter Crouch

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga InggrisPeter Crouch (liverpool.com)

Striker jangkung ini berhasil mencetak 16 gol ketika masuk sebagai pemain pengganti. Postur tinggi membuatnya kuat dalam duel udara. Maka tak heran, ia kerap menjadi pemecah kebuntuan saat dibutuhkan.

Hanya James Milner yang lebih sering tampil dari bangku cadangan. Catatan golnya selama membela beberapa klub Liga Inggris pun tak sedikit. Ia mampu mencetak 108 gol kala membela Liverpool, Stoke City, hingga Aston Villa.

4. Nwankwo Kanu

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga InggrisNwankwo Kanu (thewhistler.ng)

Bersama Arsenal, Kanu sukses meraih dua gelar Liga Inggris dan dua trofi Piala FA. Meskipun saat itu, ia hanya menjadi pelapis bagi Dennis Bergkamp dan Thiery Henry.

Selama membela Arsenal, ia sukses mencetak 30 gol dari berbagai ajang. Ia kemudian meneruskan kariernya bersama West Bromwich Albion dan Portsmouth. Memainkan 108 laga dari bangku cadangan dan berhasil mencetak 17 gol.

5. Ole Gunnar Solskjaer

5 Pemain Pengganti Terbaik Sepanjang Sejarah Liga InggrisOle Gunnar Solskjaer (manutd.com)

Ole Gunner Solskjaer menjadi salah satu pemain penting ketika membela Manchester United. Ia merupakan pahlawan Setan Merah kala timnya melawan Bayern Munchen di partai final Liga Champions tahun 1999.

Solskjaer memainkan 235 laga selama membela Manchester United dari tahun 1996 hingga 2007. Total, ia telah mencetak 17 gol saat diturunkan sebagai pengganti. Julukan super sub pun sangat identik dengannya.

 

Meskipun turun sebagai pengganti, bukan berarti mereka tak mampu menampilkan performa hebat. Bahkan sering kali para pemain tersebut menjadi pemecah kebuntuan timnya.

Baca Juga: 5 Pemain Pengganti yang Tampil Sangat Baik Sejauh Ini, Ada Cavani!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya