Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle United

Ada Georginio Wijnaldum dan James Milner

Liverpool dan Newcastle United merupakan dua klub yang punya sejarah panjang di kancah persepakbolaan Inggris. Keduanya sama-sama berdiri pada 1892, yang berarti usia mereka sudah 129 tahun. Newcastle empat kali merajai Liga Inggris, sementara Liverpool 19 kali menjadi yang terbaik.

Pada 2021/2022, kedua tim tersebut memiliki nasib yang berkebalikan. Liverpool tengah bersaing memperebutkan gelar juara, sementara Newcastle masih terbenam di zona degradasi. Padahal Newcastle baru saja dibeli Pangeran Arab Saudi.

Menariknya, kedua tim ini sering kali bertukar pemain, apalagi sejak memasuki era Premier League. Ada beberapa nama beken yang awalnya berkostum The Reds menyebrang ke The Magpies maupun sebaliknya.

1. Craig Bellamy

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle UnitedCraig Bellamy (chroniclelive.co.uk)

Craig Bellamy pertama kali membela Newcastle United pada 2001 usai didatangkan dari Coventry City. Selama empat musim bermain di St James' Park, penyerang asal Wales ini mampu membukukan 28 gol di Liga Inggris.

Sempat bermain untuk Glasgow Celtic dan Blackburn Rovers, Bellamy akhirnya mendarat di Anfield pada 2006. Ia hanya bertahan selama satu musim dengan torehan tujuh gol di Liga Inggris.

Menariknya, pada 2011, Bellamy kembali membela Liverpool usai dilepas Manchester City. Lagi-lagi ia hanya mampu bertahan satu musim dengan catatan 6 gol dari 27 laga di Liga Inggris. Alhasil, The Reds pun melepasnya ke Cardiff City.

2. Andy Carroll

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle UnitedAndy Carroll (goal.com)

Andy Carroll merupakan produk asli Newcastle United yang pertama kali debut di tim senior pada 2006. Ia mulai menjadi buah bibir pada 2009/2010 ketika mencetak 19 gol untuk Newcastle di Divisi Championship, sekaligus membawa mereka promosi ke Premier League.

Prestasi tersebut mampu ia teruskan ketika mendulang 11 gol dari 19 kali tampil. Hal itu pun membuat Liverpool kepincut dan akhirnya membelinya dengan harga cukup mahal. Sayang, performanya menurun tajam ketika datang ke Anfield.

Penyerang asal Inggris ini hanya mampu membukukan 11 gol dari 58 penampilannya bersama Liverpool selama tiga musim. Ia pun harus rela dilepas ke West Ham United. Menariknya, Carroll sempat kembali ke Newcastle pada 2019.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal dan West Ham United

3. Michael Owen

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle UnitedMichael Owen (skysports.com)

Selama membela Liverpool, Michael Owen sering dianggap sebagai the best teenager berkat penampilan tajamnya pada usia muda. Bahkan, ia mampu meraih top skor Liga Inggris dua kali. Puncaknya ketika Owen meraih gelar Ballon d'Or pada 2001.

Namun, ketajaman Owen perlahan memudar kala ia menandatangani kontrak bersama Real Madrid. Rentetan cedera membuatnya hanya bertahan semusim di Madrid. Ia kemudian kembali ke Liga Inggris bersama Newcastle United.

Kebersamaan Owen dengan Newcastle pun tak mulus akibat masalah cedera. Owen kemudian meninggalkan The Magpies ketika tim tersebut terdegradasi pada 2009. Menariknya, ia justru berlabuh ke Manchester United yang merupakan rival abadi Liverpool.

4. James Milner

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle UnitedJames Milner (skysports.com)

James Milner pertama kali bermain untuk Newcastle pada 2006. Selama lima musim bermain di St James' Park, Milner sukses membukukan 94 penampilan di Liga Inggris. Ia kemudian hengkang ke Aston Villa ketika The Magpies terdegradasi.

Milner sempat menuai kesuksesan ketika membela Manchester City dengan meraih dua gelar Liga Inggris. Pada 2015, ia berlabuh ke Anfield dan menjadi salah satu andalan di lini tengah Liverpool yang diasuh Jurgen Klopp.

Ia sukses membawa The Reds menjuarai Liga Champions serta mengembalikan trofi Liga Inggris ke Anfield setelah menunggu selama 30 tahun. Musim ini, Milner masih bermain untuk Liverpool.

5. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool dan Newcastle UnitedGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Georginio Wijnaldum meninggalkan Liverpool pada bursa transfer musim panas lalu untuk membela Paris Saint-Germain. Sebelumnya, ia merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Liverpool. Dua golnya ke gawang Barcelona pada semifinal Liga Champions 2018/2019 sukses membawa Liverpool melaju ke partai final.

Sebelum bergabung dengan Liverpool, Wijnaldum lebih dahulu bermain untuk Newcastle United pada 2015. Kala itu penampilannya menuai banyak decak kagum. Bahkan, sebagai gelandang, ia mampu membukukan 11 gol. Maka, tak heran semusim berselang Liverpool mengangkutnya ke Anfield.

Kelima pemain tersebut cukup beruntung bisa membela dua klub dengan sejarah besar di Liga Inggris. Kini, tinggal James Milner yang masih membela Liverpool, sementara yang lain telah pensiun ataupun pindah ke klub lain?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham United

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya