Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga Europa

Terbaru ada pemain Leicester City, Patson Daka

Patson Daka mencetak sejarah baru ketika Leicester City mengalahkan Spartak Moscow secara dramatis dengan skor 4-3. Penyerang asal Zambia ini tampil gemilang dengan memborong empat gol sekaligus memberikan tiga angka bagi Leicester City.

Dengan catatan tersebut, kini Daka menjadi pemain kelima yang pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan di Liga Europa, sejak kompetisi ini berganti format tahun 2009 lalu. Berikut lima pemain yang pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan Liga Europa.

1. Radamel Falcao

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga EuropaRadamel Falcao (goal.com)

Radamel Falcao kini hanya membela tim papan tengah La Liga, Rayo Vallecano, pada usianya yang memasuki 35 tahun. Padahal di puncak kejayaannya, Falcao merupakan salah satu bomber paling tajam di dunia. Hal itu ia buktikan ketika berseragam Porto dan Atletico Madrid.

Pada semifinal leg pertama menghadapi Villarreal di ajang Liga Europa 2011, Falcao mampu tampil gemilang dengan mencetak empat gol usai mereka tertinggal lebih dahulu. Pada akhirnya, Porto sukses mengangkat trofi Liga Europa. Menariknya, semusim berselang, ia kembali jadi juara, tetapi bersama Atletico Madrid.

2. Edinson Cavani

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga EuropaEdinson Cavani (uefa.com)

Napoli menjadi klub yang melambungkan nama penyerang asal Uruguay, Edinson Cavani. Kala itu, Partinopei tengah dalam situasi sulit ketika mereka kalah dua kali dalam tiga laga pertama pada fase grup Liga Europa 2012.

Laga selanjutnya, mereka harus menghadapi Dnipro yang merupakan pemuncak grup di kandang sendiri. Pendukung Napoli sempat dibuat ketar-ketir saat timnya tertinggal 1-2. Beruntung, mereka punya Cavani yang sukses mencetak empat gol sekaligus membuat timnya menang 4-2. Napoli pada akhirnya lolos sebagai runner up grup.

Baca Juga: 5 Skuad Termahal di Fase Grup Liga Europa 2021/2022

3. Aritz Aduriz

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga EuropaAritz Aduriz (uefa.com)

Jika mencetak empat gol sudah luar biasa, maka Aritz Aduriz yang mampu menjebloskan lima gol dalam satu pertandingan Liga Europa 2016 lebih dari luar biasa. Kala itu, Athletic Bilbao sukses menghajar klub asal Belgia, Genk, dengan skor 5-3.

Kelima gol Bilbao dicetak Aduriz, yang tiga di antaranya lewat titik putih. Kemenangan ini sekaligus memudahkan langkah Bilbao untuk lolos dari Grup F sebagai runner up, di bawah Genk.

4. Willian Jose

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga EuropaWillian Jose (premierleague.com)

Striker milik Wolverhampton Wanderers yang kini tengah dipinjamkan ke Real Betis ini ternyata punya pengalaman tak terlupakan di Liga Europa. Kala itu, ia yang masih berseragam Real Sociedad mampu mencetak empat gol dalam laga melawan tim asal Makedonia Utara, Vardar Skopje, pada 2017.

Bahkan, tiga gol pertamanya ia cetak lewat kaki kanan, kaki kiri, dan sundulan. Pada akhir laga, Sociedad sukses menang besar dengan skor 6-0. Sayang, kini performanya terlihat menurun sejak kedatangannya ke Wolves.

5. Patson Daka

5 Pemain yang Pernah Mencetak 4 Gol di Liga EuropaPatson Daka (goal.com)

Baru saja didatangkan dari RB Salzburg, Patson Daka sepertinya tak butuh waktu lama untuk memperlihatkan kualitasnya. Penyerang asal Zambia ini sukses mencetak satu gol saat Leicester City mengalahkan Manchester United pada pekan ke-8 Liga Inggris, meski turun dari bangku cadangan.

Hal itu membuatnya dipasang sejak menit pertama kala Leicester City menghadapi Spartak Moscow dalam lanjutan fase grup Liga Europa. Daka pun menjawab kepercayaan dari Brendan Rodgers dengan mencetak empat gol sekaligus membuat timnya meraih kemenangan.

Mencetak empat gol di ajang Liga Europa memang bukan sesuatu yang mudah untuk diraih. Namun, kelima pemain ini mampu menunjukkan ketajamannya sekaligus memberikan kemenangan bagi timnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Klub yang Layak Jadi Calon Juara Liga Europa Musim 2021/2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya