Comscore Tracker

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok Kokoh

Akankah Ben White bisa menjadi penerus mereka?

Arsenal mungkin tengah dalam performa terburuknya dalam beberapa musim terakhir. Mereka tak mampu lagi bersaing menjadi juara, bahkan kesulitan masuk zona empat besar. The Gunners pun harus rela kehilangan tempat di Liga Champions.

Padahal, dulu, pada era Arsene Wenger, tim asal London Utara ini merupakan salah satu langganan empat besar, bahkan juara. Salah satu posisi yang cukup mereka andalkan adalah defender. Mereka selalu punya stok bek andal untuk mengawal lini belakang mereka. Berikut sepuluh defender terbaik yang pernah berseragam Arsenal.

1. Lauren

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohLauren (90min.com)

Sejak bergabung dengan Arsenal pada musim panas tahun 2000, bek asal Kamerun ini berhasil memperkokoh lini belakang The Gunners. Ia menghabiskan tujuh tahun berseragam tim London Utara.

Selama periode itu ia tampil sebanyak 158 kali dan mempersembahkan banyak gelar. Gelar tersebut adalah 2 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, dan 2 Community Shield. Ia memutuskan pindah ke Portsmouth pada tahun 2007.

2. Per Mertesacker

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohPer Mertesacker (bleacherreport.com)

Per Mertesacker pertama kali menginjakkan kakinya di Emirates Stadium pada musim panas tahun 2011. Setelah itu ia sukses menyegel satu tempat di lini belakang Arsenal. Selama tujuh tahun membela Arsenal, ia sukses memberi 2 gelar Piala FA dan 2 Community Shield.

Mertesacker yang memiliki tubuh jangkung ini cukup solid mengawal pertahanan Arsenal. Pada 2018 lalu ia mengakhiri kariernya di Arsenal sekaligus memutuskan pensiun dari dunia sepak bola. Kini pria asal Jerman ini bekerja di Akademi Arsenal untuk membimbing para pemain muda.

3. Bacary Sagna

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohBacary Sagna (skysports.com)

Didatangkan dari Auxerre pada tahun 2007, Sagna langsung menjadi salah satu andalan Arsene Wenger di lini belakang. Bahkan, bek asal Prancis ini pada masa keemasannya merupakan salah satu bek kanan terbaik di Liga Inggris.

Setelah tujuh musim membela Arsenal dengan mempersembahkan satu Piala FA, Sagna kemudian memutuskan pindah ke Manchester City. Setelah itu ia sempat membela Benevento sebelum pensiun bersama Montreal Impact.

4. Kolo Toure

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohKolo Toure (90min.com)

Kolo Toure merupakan bagian penting kala Arsenal meraih gelar Liga Inggris terakhirnya pada musim 2003/2004. Kala itu mereka tak terkalahkan dalam 38 pertandingan dan penampilan gemilang bek asal Pantai Gading ini merupakan salah satu kunci impresifnya penampilan Arsenal kala itu.

Usai tampil selama tujuh musim bersama The Gunners, Toure kemudian sempat membela dua raksasa Liga Inggris, yakni Manchester City dan Liverpool. Ia mengakhiri kariernya pada musim 2017 saat membela Glasgow Celtic.

Baca Juga: Tidak Harmonis, Toure Sebut Pep Sebagai Pelatih yang Dominan

5. Lee Dixon

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohLee Dixon (90min.com)

Sempat membela beberapa klub di Liga Inggris, Dixon bergabung dengan Arsenal pada tahun 1988. Kala itu ia membantu Arsenal meraih dua gelar First Division pada musim 1988/1989 dan 1990/1991. Itu merupakan nama kompetisi sebelum berganti menjadi Premier League

Ketika kompetisi berganti nama dan format yang kini berisi 20 tim, pemain internasional Inggris ini masih sanggup memberi dua gelar Liga Inggris pada musim 1997/1998 dan 2001/2002. Tahun 2002 juga menjadi kali terakhir ia membela Arsenal usai memutuskan pensiun di akhir musim.

6. Laurent Koscielny

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohLaurent Koscielny (thesun.co.uk)

Bersama Per Mertesacker, mereka sempat menjadi duet di jantung pertahanan Arsenal. Sayang, keduanya tak selalu tampil bersama akibat bergantian terkena cedera. Sebelum belabuh ke Emirates Stadium, pemain asal Prancis ini banyak menghabiskan kariernya di beberapa klub Ligue 1.

Selama membela The Gunners, Koscielny berhasil membawa 3 Piala FA dan 2 Community Shield ke lemari Arsenal. Kini pemain berusia 35 tahun ini kembali ke Ligue 1 untuk membela Bordeaux usai kontraknya tak diperpanjang pada tahun 2019 lalu.

7. Martin Keown

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohMartin Keown (mirror.co.uk)

Martin Keown mengawali karier sepak bolanya di Arsenal pada musim 1984, namun ia kemudian dilepas ke beberapa klub Liga Inggris, seperti Aston Villa dan Everton. Ia kemudian kembali ke Highbury pada tahun 1993.

Usai kembali, ia sukses mempersembahkan 3 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, dan 3 Community Shield. Keown juga menjadi salah satu andalan Arsene Wenger dengan mencatatkan 310 laga berseragam Arsenal. Ia meninggalkan Arsenal pada 2004 ke Leicester City sebelum memutuskan pensiun semusim berselang saat membela Reading.

8. Ashley Cole

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohAshley Cole (bleacherreport.com)

Ashley Cole merupakan salah satu bek sayap terbaik yang pernah dimiliki Timnas Inggris. Ia merupakan produk asli akademi Arsenal yang melakoni debut untuk tim senior pada tahun 1999. Mengabdi selama delapan musim, Cole memberi 2 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, dan 2 Community Shield untuk The Gunners.

Pada musim 2006 ia sempat membuat pendukung Arsenal kesal karena kepindahannya ke Chelsea yang merupakan rival sekota mereka. Bersama The Blues ia semakin bersinar dengan raihan 1 gelar Liga Inggris, 4 Piala FA, dan 1 trofi Liga Champions. Cole telah pensiun pada tahun 2019 lalu saat berseragam Derby County.

9. Sol Campbell

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohSol Campbell (bleacherreport.com)

Sama seperti Cole, Sol Campbell merupakan salah satu bek terbaik dan sempat menjadi bagian dari generasi emas Timnas Inggris. Kepindahan Campbell ke Arsenal sempat membuat pencinta sepak bola kaget sebab ia sebelumnya merupakan andalan rival sekota mereka, Tottenham Hotspur.

Namun, keputusan Cambell untuk berlabuh ke Higbury sepertinya berjalan sukses. Meski hanya lima musim, ia berhasil memberi 2 gelar Liga Inggris3 tiga Piala FA, serta 1 Community Shield. Pada 2006 Campbell melanjutkan keriernya dengan pindah ke Portsmouth.

10. Tony Adams

10 Defender Terbaik yang Pernah Berseragam Arsenal, Tembok KokohTony Adams (football365.com)

Jika berbicara mengenai legenda Arsenal, tak lengkap tanpa nama Tony Adams. Pria asal Inggris ini menghabiskan seluruh kariernya bersama Arsenal sejak musim 1983 hingga 2002. Selama periode tersebut ia merasakan berbagai kesuksesan kala membela tim London Utara tersebut.

Total 4 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, 2 Piala Liga, serta 1 Piala Winners berhasil ia tambahkan ke lemari Arsenal. Prestasi tersebut diukirnya usai membela tim gudang peluru sebanyak 650 laga di semua kompetisi selama hampir 20 tahun kariernya.

 

Kini Arsenal dikabarkan mendatangkan Ben White untuk memperkuat lini pertahanan mereka. Akankah kedatangannya mampu mengembalikan kejayaan Arsenal?

Baca Juga: 10 Gelandang Termahal yang Pernah Direkrut Arsenal, Siapa Saja?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya