5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene Wenger

Ada Dennis Bergkamp hingga Thierry Henry

Arsenal merupakan salah satu klub tersukses di era Premier League. Prestasi tersebut tak lepas dari peran Arsene Wenger. Meskipun kala itu pelatih asing masih jarang, Wenger membuktikan ia mampu membawa Arsenal tampil dominan.

Salah satu kehebatan Wenger adalah mampu melihat potensi pemain dengan sangat baik, tak terkecuali di sektor penyerangan. Terbukti ini jadi salah satu sektor yang ditakuti lawan ketika Arsenal masih diasuh Wenger. Berikut lima pemain tertajam yang pernah dilatih Arsene Wenger.

1. Dennis Bergkamp (98 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene WengerDennis Bergkamp (skysports.com)

Denis Bergkamp selalu menampilkan permainan yang cantik dengan kontrol bolanya yang luar biasa. Hal itulah yang membuatnya begitu dicintai oleh pendukung Arsenal. Tak hanya itu, Bergkamp juga selalu bisa diandalkan untuk mencetak gol.

Total pemain asal Belanda tersebut telah menorehkan 98 gol dan 92 assist di bawah asuhan Arsene Wenger. Bergkamp juga termasuk bagian dari The Invincible ketika Arsenal meraih juara Liga Inggris tanpa menelan satu pun kekalahan.

2. Olivier Giroud (105 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene WengerOlivier Giroud (skysports.com)

Olivier Giroud menjadi andalan Arsene Wenger di lini depan usai mereka kehilangan Robin van Persie. Giroud pun terbilang mampu tampil konsisten di bawah tangan dingin pelatih asal Prancis tersebut dengan torehan 105 gol.

Mantan pemain Montpellier tersebut juga turut mempersembahkan tiga gelar Piala FA dan kemudian meneruskan kariernya bersama Chelsea. Kini, Giroud tengah jadi andalan di lini depan AC Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Cetak Gol saat Lakoni Derby Perdana, Giroud Terbaru

3. Theo Walcott (108 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene WengerTheo Walcott (skysports.com)

Theo Walcott masih berusia 17 tahun ketika ia dimainkan Arsene Wenger pada 2006. Sejak saat itu, Walcott sukses mengunci posisi pemain inti di Arsenal selama 12 tahun. Ia mencatatkan lebih dari 400 penampilan dan mengemas total 108 gol.

Musim terbaik Walcott selama dilatih Wenger adalah pada 2011/2012 ketika ia mampu mencetak 21 gol di semua kompetisi. Pemain asal Inggris tersebut kemudian melanjutkan petualangannya bersama Everton dan kini bermain untuk Southampton.

4. Robin van Persie (132 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene WengerRobin van Persie (skysports.com)

Selama delapan musim bersama Arsenal, Robin van Persie membuktikan dirinya merupakan sosok predator haus gol. Berkat didikan Wenger, van Persie mampu mencatatkan 132 gol dari 278 pertandingan.

Bahkan, di musim 2011/2012, pemain asal Belanda tersebut mampu mencatatkan 37 gol di semua kompetisi. Termasuk 30 gol di Premier League yang membuatnya dianugerahi gelar top skor. Sayang, itu juga merupakan musim terakhirnya di Emirates Stadium ketika ia menerima pinangan Manchester United.

5. Thierry Henry (228 gol)

5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Bawah Asuhan Arsene WengerThierry Henry (skysports.com)

Thierry Henry sudah tak perlu diragukan lagi adalah pemain terbaik Arsenal di era Premier League. Sempat gagal ketika membela Juventus, tangan dingin Wenger mampu membuat Henry kembali tampil tajam di Liga Inggris.

Berduet dengan Dennis Bergkamp, Henry telah meraih empat gelar top skor Premier League. Total, pemain yang membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 tersebut telah mencetak 228 gol selama bermain bagi Arsene Wenger.

 

Arsene Wenger punya jasa besar bagi kesuksesan Arsenal di awal era Premier League. Meskipun musim-musim terakhirnya prestasi Arsenal melorot. Namun, ia tetaplah seorang legenda bagi The Gunners.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Berpotensi Hengkang di Akhir Musim 2021/2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya