6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier League

Ada John Terry hingga Cesar Azpilicueta

Seorang kapten selalu punya peran penting bagi timnya, termasuk untuk Chelsea. Ban kapten Chelsea saat ini melingkar di lengan Cesar Azpilicueta. Bek kanan asal Spanyol tersebut sudah menjabat sebagai kapten sejak 2019. 

Sejak era Premier League pada 1992/1993, Chelsea selalu punya kapten yang punya kharisma dan kepemimpinan luar biasa. Berikut enam pemain Chelsea yang pernah menjabat sebagai kapten sejak era Premier League.

1. Andy Townsend

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueAndy Townsend (chelseafc.com)

Andy Townsend yang dibeli Chelsea pada 1990 dari Norwich City merupakan kapten pertama The Blues pada era Premier League. Townsend mulai dipercaya sebagai kapten pada 1991 menggantikan Peter Nicholas.

Pemain asal Irlandia tersebut membela Chelsea ketika mereka bukanlah kekuatan besar di sepak bola Inggris. Pada musim pertamanya sebagai kapten, Chelsea hanya mampu bertengger di peringkat ke-11. Townsend kemudian meninggalkan Chelsea ke Aston Villa pada 1993.

2. Dennis Wise

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueDennis Wise (caughtoffside.com)

Dennis Wise merupakan legenda The Blues yang mengabdi selama 11 musim dari 1990 hingga 2001. Wise mewarisi ban kapten menyusul kepergian Townsend pada 1993. Chelsea pun dibawanya meraih beberapa gelar ketika ia menjabat sebagai kapten.

Bahkan, Wise merupakan kapten tersukses kedua Chelsea jika berbicara mengenai jumlah trofi. Ia pernah mengangkat 2 Piala FA, 1 Piala Liga, dan 1 Piala Winners. Penampilannya juga begitu solid di lini tengah Chelsea.

3. Marcel Desailly

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueMarcel Desailly (skysports.com)

Sebelum bergabung dengan Chelsea, Marcel Desailly sudah dikenal akan ketangguhannya ketika masih berkostum Marseille dan AC Milan. Bahkan, ia memiliki julukan The Rock karena sulitnya lawan melewati Desailly.

Kedatangan pemain yang turut membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 tersebut jelas menjadi tambahan kekuatan bagi Chelsea. Desailly juga merupakan mentor bagi John Terry ketika ia masih muda.

Baca Juga: 10 Pemain Spanyol yang Pernah Membela Chelsea, Ada Sang Kapten

4. John Terry

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueJohn Terry (skysports.com)

John Terry mewarisi ban kapten dari Marcel Desailly pada 2004. Sejak saat itulah ia menjadi pemimpin dan legenda bagi klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Ia merupakan bagian awal kesuksesan Chelsea di era Roman Abramovich.

Sama seperti sang mentor, Desailly, Terry juga sangat baik dalam mengawal lini pertahanan The Blues. Terry bahkan kerap dianggap sebagai kapten terbaik Chelsea. Ia juga turut menyumbang 16 trofi ketika ban kapten melingkar di lengannya.

5. Gary Cahill

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueGary Cahill (skysports.com)

Usai kepergian John Terry ke Aston Villa pada 2017, Chelsea menunjuk Gary Cahill sebagai penggantinya. Sayang pada musim pertamanya Chelsea tampil begitu buruk di Premier League dan hanya finis di urutan kelima.

Beruntung, pada musim tersebut Cahill masih mampu memberi trofi Piala FA dan semusim berselang gelar Liga Eropa mampir ke lemari Chelsea. Cahill kemudian pergi dari Stamford Bridge pada 2019. Kini ia bermain untuk AFC Bournemouth di Divisi Championship.

6. Cesar Azpilicueta

6 Kapten yang Pernah Dimiliki Chelsea sejak Era Premier LeagueCesar Azpilicueta (football365.com)

Lagi-lagi seorang bek yang dipercaya memegang jabatan sebagai kapten Chelsea. Kali ini nama Cesar Azpilicueta yang mengemban peran penting tersebut. Azpilicueta sendiri sudah menjadi bagian dari Chelsea sejak 2012.

Prestasi terbesarnya sebagai kapten jelas ketika membawa Chelsea menjuarai Liga Champions 2021 usai menaklukan Manchester City. Namun, masa depan Azpilicueta di Stamford Bridge masih belum pasti karena ia dirumorkan pergi akhir musim 2021/2022.

 

Keenam pemain tersebut mampu mengemban jabatan kapten Chelsea dengan begitu baik. Bahkan, mereka turut menyumbang berbagai trofi bergengsi saat menjadi kapten.

Baca Juga: 5 Bek yang Bisa Gantikan Cesar Azpilicueta, Kontraknya Segera Berakhir

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya