5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan Utama

Ada Cesar Azpilicueta dan Harry Maguire

Peran seorang kapten memang sangat penting bagi tim yang mereka bela. Sifat kepemimpinan serta menjadi orang pertama yang menyemangati para rekannya di saat-saat terburuk menjadi satu kelebihan dan tugas mereka.

Namun, meskipun menjadi bagian penting dari timnya, tak semua kapten di English Premier League (EPL) menjadi pilihan utama di timnya. Performa yang menurun serta usia yang tak lagi muda menjadi alasan pelatih untuk mencadangkan mereka. Berikut lima kapten tim EPL yang kini tak lagi menjadi pilihan utama.

1. Cesar Azpilicueta

5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan UtamaCesar Azpilicueta (premierleague.com)

Kedatangan Kalidou Koulibaly dan Wesley Fofana membuat persaingan di lini belakang Chelsea makin ketat. Padahal, sebelumnya menit bermain Cesar Azpilicueta sudah banyak berkurang karena kalah bersaing dengan Reece James di sektor bek kanan.

Azpilicueta sendiri merupakan pemain paling senior di skuad Chelsea yang telah membela The Blues lebih dari sedekade. Pemain asal Spanyol tersebut menjabat sebagai kapten sejak 2019 menggantikan Gary Cahill.

2. Jamaal Lascelles

5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan UtamaJaamal Lascelle (premierleague.com)

Jamaal Lascelles merupakan sosok senior yang sudah menjadi kapten Newcastle United sejak 2016. Namun, menit bermainnya semakin menurun musim 2022/2023 karena ia baru dimainkan tiga kali oleh Eddie Howe di English Premier League.

Kedatangan Sven Botman dan Dan Burn membuatnya terlempar dari posisi bek tengah. Kedua pemain tersebut juga terbukti tampil solid sehingga The Magpies baru kebobolan 9 gol dari 11 laga musim ini. Itu merupakan catatan terbaik di EPL sejauh ini.

Baca Juga: 10 Fakta Sven Botman, Bek Baru Newcastle United

3. Seamus Coleman

5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan UtamaSeamus Coleman (premierleague.com)

Sudah berusia 34 tahun mungkin jadi salah satu alasan Frank Lampard tak terlalu sering memasang Seamus Coleman. Lampard kini lebih banyak memberi menit bermain kepada Nathan Patterson yang masih muda.

Padahal, Coleman merupakan seorang kapten yang sudah 13 musim berkostum Everton. Ia juga tercatat sudah bermain dalam 332 pertandingan di English Premier League. Catatan tersebut hanya terpaut 22 laga dari Tim Howard yang memegang rekor jumlah laga terbanyak bersama Everton di EPL.

4. Luka Milivojevic

5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan UtamaLuka Milivojevic (premierleague.com)

Luka Milivojevic tak lagi menjadi pilihan utama di Crystal Palace sejak kursi kepelatihan dipegang Patrick Vieira. Terbukti, pada musim 2022/2023 ia hanya bermain dalam 9 pertandingan yang 6 di antaranya dari bangku cadangan.

Vieira sepertinya lebih senang memainkan Cheick Doucoure sebagai jenderal di lini tengah The Eagles. Dengan kontraknya yang akan habis pada akhir musim ini, Milivojevic mungkin saja pergi jika tak lagi dibutuhkan oleh timnya.

5. Harry Maguire

5 Kapten Tim English Premier League yang Tak Lagi Jadi Pilihan UtamaHarry Maguire (manutd.com)

Sejak dibeli dari Leicester City pada 2019, Harry Maguire selalu menjadi pilihan utama di sektor bek tengah. Bahkan, ia dipromosikan sebagai kapten tim The Red Devils. Namun, performanya mulai menurun sejak musim 2021/2022.

Ia sering membuat blunder fatal yang membahayakan pertahanan timnya. Ia pun akhirnya mulai tergusur dari skuad utama setelah Manchester United mendatangkan Raphael Varane dan Lisandro Martinez.

 

Memegang jabatan sebagai kapten tim tak serta-merta membuat mereka selalu menjadi pilhan utama timnya. Kelima pemain tersebut terbukti kini lebih sering menyemangati para rekannya dari bangku cadangan.

Baca Juga: Harry Maguire Jeblok, Southgate Layangkan Ultimatum  

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya