7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCL

Manchester City membuat Bayern Munich tak berkutik

Bayern Munich tak mampu melangkah ke babak semifinal Liga Champions 2022/2023 usai mereka hanya bermain imbang 1-1 melawan Manchester City pada leg kedua di Allianz Arena, Munich, Jerman, Kamis (20/4/2023). Bayern Munich tak lolos karena kalah agregat 4-1 dari Manchester City.

Die Roten tercatat beberapa kali dihentikan wakil Inggris pada fase gugur Liga Champions. Bahkan, mereka tiga kali menelan kekalahan di partai final. Berikut tujuh kekalahan Bayern Munich di fase gugur Liga Champions dari wakil Inggris.

1. Liverpool (semifinal 1980/1981)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLBayern Munich kalah dari Liverpool pada babak semifinal Liga Champions 1980/1981. (fcbayern.com)

Bayern Munich menembus babak semifinal Piala Champions 1980/1981 setelah menaklukkan Olympiacos, Ajax, dan Banik Ostrava. Liverpool sudah menunggu mereka untuk memperebutkan satu tiket ke partai puncak.

Bayern Munich yang bertandang lebih dulu ke Anfield berhasil menahan imbang The Reds tanpa gol. Pada leg kedua, Liverpool unggul melalui sontekan Raymond Kennedy di menit ke-82. Gol telat dari Karl-Heinz Rummenigge di menit ke-88 tak mampu meloloskan timnya. Die Roten gagal lolos karena kalah agresivitas gol tandang.

2. Aston Villa (final 1981/1982)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLAston Villa menjadi juara Liga Champions 1981/1982 usai mengalahkan Bayern Munich. (avfc.co.uk)

De Kuip Stadium menjadi saksi sejarah ketika Aston Villa meraih gelar Piala Champions 1981/1982. Menghadapi Bayern Munich, Aston Villa sejatinya menghadapi momen sulit ketika kiper utama mereka, Jimmy Rimmer, mengalami cedera dan digantikan Nigel Spink.

Namun, Spink yang sebelumnya hanya mengecap satu penampilan bagi timnya justru menjadi pahlawan. Ia dengan sigap menghadang berbagai serangan yang dilancarkan Bayern Munich sepanjang pertandingan.

Aston Villa memastikan gelar juara setelah Peter White menjebol gawang Manfred Mueller di menit ke-67. Die Roten yang tak mampu membalas gol tersebut hingga akhir pertandingan harus rela pulang dengan tangan hampa.

3. Manchester United (final 1998/1999)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLBayern Munich kalah dari Manchester United di final Liga Champions 1998/1999. (bundesliga.com)

Final Liga Champions 1998/1999 menjadi salah satu final paling dramatis sepanjang sejarah. Bayern Munich sempat berada di atas angin ketika mereka unggul 1-0 berkat gol Mario Basler hingga waktu menunjukkan menit ke-90.

Namun, Manchester United memberi kejutan melalui gol Teddy Sheringham di masa injury time. Tak lama berselang, gol dari Ole Gunnar Solskjaer melengkapi comeback The Red Devils untuk mengamankan titel Liga Champions kedua mereka.

4. Chelsea (perempat final 2004/2005)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLBayern Munich kalah dari Chelsea pada perempat final Liga Champions 2004/2005. (chelseafc.com)

Usai mengatasi Arsenal di babak 16 besar, Bayern Munich kembali menghadapi tim asal London, Chelsea, pada perempat final Liga Champions 2004/2005. The Blues yang menjadi tuan rumah terlebih dahulu berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-2.

Pada leg kedua di Olympiastadion, Bayern Munich hanya mampu menang dengan skor 3-2. Hasil itu jelas tak cukup untuk membawa mereka melaju ke babak semifinal usai kalah agregat 5-6.

Baca Juga: Gaya Nyentrik Erling Haaland Jelang ManCity Lawan Bayern Munich

5. Chelsea (final 2011/2012)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLChelsea menjadi juara Liga Champions 2011/2012 usai mengalahkan Bayern Munich. (uefa.com)

Chelsea menjadi tim ketiga yang mampu menaklukan Bayern Munich di partai final Liga Champions. Bayern Munich sebenarnya diuntungkan karena laga final musim 2011/2012 berlangsung di markas mereka, Allianz Arena.

Thomas Mueller membawa Die Roten unggul terlebih dahulu di menit ke-83. Sekitar lima menit kemudian, kemenangan di depan mata buyar ketika Didier Drogba menjebol gawang Manuel Neuer lewat tandukannnya.

Tak ada tambahan gol di masa perpanjangan waktu, adu penalti menjadi penentu gelar juara. Kegagalan Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger membuat Bayern Munich tertunduk lesu di hadapan para pendukungnya.

6. Liverpool (16 besar 2018/2019)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLBayern Munich kalah dari Liverpool pada babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. (uefa.com)

Bayern Munich yang merupakan juara grup E bertemu Liverpool yang berstatus runner up grup C di babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Kedua tim bermain imbang tanpa gol di leg pertama yang berlangsung di Anfield.

Pada leg kedua, Bayern Munich yang menjadi tuan rumah justru dipermalukan Liverpool dengan skor 1-3. Virgil van Dijk mencetak 1 gol sementara Sadio Mane menyumbang 2 gol untuk The Reds. Die Roten hanya mampu menipiskan kedudukan berkat gol bunuh diri Joel Matip.

7. Manchester City (perempat final 2022/2023)

7 Kekalahan Bayern Munich dari Tim Inggris di Fase Gugur UCLBayern Munich kalah dari Manchester City pada perempat final Liga Champions 2022/2023. (bundesliga.com)

Bayern Munich menghadapi misi berat pada leg kedua perempat final Liga Champions 2022/2023 usai takluk 0-3 dari Manchester City di leg pertama. Bayern Munich yang butuh kemenangan besar justru dikejutkan gol Erling Haaland di menit ke-57.

Tim asuhan Thomas Tuchel hanya sanggup mencetak gol hiburan melalui penalti Joshua Kimmich di menit ke-83. Kegagalan ini membuat Bundesliga menjadi satu-satunya trofi yang bisa mereka raih musim ini usai mereka juga tersingkir dari ajang DFB Pokal.

Tim Inggris terbukti beberapa kali menjadi momok bagi Bayern Munich di ajang Liga Champions. Raksasa Bavaria tersebut tujuh kali disingkirkan tim asal Inggris di fase gugur Liga Champions.

Baca Juga: Guardiola Takut Konflik Mane Bisa Bangkitkan Bayern

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya