5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala Dunia

Kamerun jadi tim teranyar yang kalahkan Selecao

Timnas Brasil mendapat kejutan dari Kamerun pada laga terakhir fase grup G Piala Dunia Qatar 2022. Wakil Afrika tersebut tak disangka mampu memetik kemenangan dengan skor 1-0 lewat gol telat Vincent Aboubakar.

Kekalahan tersebut merupakan kekalahan kelima pada fase grup sepanjang keikutsertaan Brasil di Piala Dunia. Berikut lima tim yang mampu menaklukan Brasil di fase grup Piala Dunia.

1. Brasil 1-2 Yugoslavia (Piala Dunia 1930)

5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala DuniaPiala Dunia Uruguay 1930 (fifa.com)

Piala Dunia 1930 merupakan edisi perdana Piala Dunia yang ketika itu diadakan di Uruguay. Brasil yang menjadi salah satu tim yang ikut berpartisipasi harus menghadapi Yugoslavia di pertandingan pertama.

Sayang, Brasil tak mampu memetik kemenangan usai dua gol dari Yugoslavia yang dicetak Aleksandar Tirnanic dan Ivan Bek hanya mampu dibalas sekali oleh Preguinho. Meskipun mereka mampu mengalahkan Bolivia di laga berikutnya, Brasil tetap gagal melaju ke semifinal.

2. Brasil 1-3 Hungaria (Piala Dunia 1966)

5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala DuniaPele tak mampu selamatkan Brasil dari kekalahan melawan Hungaria pada fase grup Piala Dunia 1966. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Brasil datang ke Piala Dunia 1966 di Inggris sebagai dua kali juara bertahan. Mereka juga membawa deretan bintang mereka seperti, Pele, Tostao, Garrincha, hingga Jairzinho. Namun, perjalanan mereka harus terhenti di fase grup.

Menang pada laga perdana melawan Bulgaria, Brasil harus bertekuk lutut ketika berhadapan dengan Hungaria. Tiga gol dari Hungaria yang dicetak Ferenc Bene, Janos Farkas, dan Kalman Meszoly hanya mampu dibalas sekali oleh Tostao.

Baca Juga: Kalahkan Brasil, Kamerun Tetap Gugur di Piala Dunia 2022

3. Brasil 1-3 Portugal (Piala Dunia 1966)

5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala DuniaEusebio (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kekalahan melawan Hungaria rupanya bukanlah satu-satunya kekalahan yang didapat Brasil pada Piala Dunia 1966. Sebab, mereka kembali takluk dari Portugal di pertandingan terakhir fase grup.

Eusebio tampil sebagai bintang Portugal dengan lesakkan dua golnya. Sementara satu gol Portugal lainnya berhasil dibuat oleh Simoes.

Gol dari Rildo kemudian membuat skor akhir menjadi 3-1 untuk kemenangan Portugal. Hasil ini sekaligus mengakhiri perjalanan Brasil di Piala Dunia 1966.

4. Brasil 1-2 Norwegia (Piala Dunia 1998)

5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala DuniaBrasil kalah dari Norwegia pada fase grup Piala Dunia 1998 (fifa.com)

Kekalahan dari Prancis di final Piala Dunia 1998 ternyata bukanlah satu-satunya kekalahan Brasil pada turnamen yang dihelat di Prancis tersebut. Sebab, mereka sempat dikejutkan dengan kekalahan dari Norwegia di laga terakhir fase grup.

Norwegia yang dimotori Tore Andre Flo berhasil memecundangi Brasil dengan skor tipis 2-1. Beruntungnya, dalam dua laga sebelumnya mereka mampu memetik poin sempurna dari Skotlanida dan Maroko sehingga masih bisa menjadi juara grup.

5. Brasil 0-1 Kamerun (Piala Dunia 2022)

5 Kekalahan yang Pernah Dialami Brasil di Fase Grup Piala DuniaVincent Aboubakar cetak gol kemenangan Kamerun atas Brasil di fase grup Piala Dunia 2022 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Tite memarkir beberapa pemain inti mereka pada laga terakhir fase grup Piala Dunia 2022 demi mempersiapkan diri di babak 16 besar. Namun, keputusan tersebut harus dibayar mahal dengan kekalahan dari kamerun.

Gol telat dari Vincent Aboubakar menjadi pembeda dalam pertandingan tersebut. Meskipun menerima kekalahan, Brasil masih menjadi pemuncak grup G karena unggul selisih gol dengan Swiss. Brasil akan berjumpa Korea Selatan selaku runner up grup H di babak 16 besar.

 

Kekalahan dari Kamerun merupakan kekalahan kelima Brasil dalam keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Mampukah mereka kembali ke partai final Piala Dunia 2022 seperti yang mereka lakukan pada edisi 1998 dan jadi juara seperti di tahun 2002?

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Brasil, Juara?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya