Comscore Tracker

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier League

Alasan kokohnya pertahanan Liverpool

Kiper jadi salah satu posisi krusial dalam sepak bola. Punya sosok kiper yang tangguh dan sigap dalam menepis serangan lawan akan membuat pemain lain tenang.

Salah satu klub yang selalu punya kiper hebat adalah Liverpool. Saat ini, mereka punya Alisson yang merupakan salah satu kiper terbaik di dunia.

Berikut tujuh kiper terbaik Liverpool era English Premier League (EPL).

1. Bruce Grobbelaar

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueBruce Grobbelaar (twitter.com/LFC)

Bruce Grobbelaar merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Liverpool. Sejak kedatangannya dari Vancouver Whitecaps pada 1980, Grobbelaar langsung dipercaya sebagai kiper utama The Reds.

Berkat kepiawaiannya di bawah mistar, Liverpool mampu mengangkat 6 gelar First Division, 3 Piala FA, 3 Piala Liga, dan 1 Liga Champions Eropa. Grobbelaar sendiri hanya bermain selama 2 musim pada era English Premier League, sebelum hengkang ke Southampton.

2. Simon Mignolet

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueSimon Mignolet (twitter.com/LFC)

Simon Mignolet mungkin bukanlah kiper papan atas, tetapi ia masih mampu bermain lebih dari dua ratus pertandingan untuk Liverpool. Kiper asal Belgia tersebut sempat menjadi andalan Brendan Rodgers dan Jurgen Klopp pada awal masa kepelatihan mereka.

Mignolet mulai kehilangan konsistensinya sehingga digeser oleh Loris Karius. Klopp yang mendatangkan Alisson Becker juga membuatnya makin sulit kembali menjadi pilihan utama. Mignolet kini telah meninggalkan Anfield untuk membela Club Brugge.

3. David James

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueDavid James (twitter.com/premierleague)

David James membela berbagai tim selama kariernya di EPL. Liverpool menjadi tim paling lama yang pernah ia bela, yakni selama 7 musim dari 1992 hingga 1999.

Meskipun sering kali membuat blunderJames mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Setelah meninggalkan Liverpool, ia selalu menjadi kiper nomor satu di tim yang ia bela. James juga punya 53 caps bersama Timnas Inggris.

Baca Juga: Dari Alisson hingga ter Stegen, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1992

4. Sander Westerveld

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueSander Westerveld (twitter.com/LFC)

Sander Westerveld bukanlah kiper yang spesial. Ia hanya bertahan selama 2 musim di Anfield. Namun, dalam 2 musim tersebut, kiper asal Belanda tersebut mampu membawa pulang lima trofi.

Itu termasuk ketika menjadi pahlawan Liverpool di Piala Liga 2001. Westerveld terpaksa hengkang ketika The Redsmendatangkan Chris Kirkland dan Jerzy Dudek.

5. Jerzy Dudek

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueJerzy Dudek (liverpoolfc.com)

Miracle in Istanbul merupakan salah satu momen paling bersejarah bagi Liverpool. <ereka mampu comeback secara dramatis setelah tertinggal dari AC Milan. Salah satu pemain yang berjasa dalam kemenangan Liverpool adalah Jerzy Dudek.

Kiper asal Polandia tersebut banyak melakukan penyelamatan heroik, termasuk pada babak adu penalti. Berkat aksinya tersebut, Liverpool dibawanya mengangkat trofi Liga Champions.

6. Pepe Reina

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeaguePepe Reina (twitter.com/LFC)

Tak ada kiper lain yang memainkan lebih banyak laga di EPL bagi Liverpool dari Pepe Reina. Hal itu membuktikan betapa ia sangat dipercaya oleh Liverpool, terutama pada musim awalnya.

Kiper asal Spanyol tersebut terbukti mampu mengoleksi 134 clean sheet dari 285 penampilannya di kasta tertinggi Liga Inggris. Setelah meninggalkan Anfield pada 2013, Reina sempat membela Napoli dan Bayern Munich sebelum berseragam Villarreal.

7. Alisson Becker

7 Kiper Terbaik Liverpool Era English Premier LeagueAlisson Becker (liverpoolfc.com)

Kedatangan Alisson Becker dari AS Roma pada 2018 benar-benar memberikan ketenangan di lini pertahanan Liverpool. Kiper asal Brasil tersebut jadi tokoh penting ketika Liverpool berhasil menjuarai Liga Champions dan EPL.

Tak heran ia kini menjadi salah satu kiper terbaik di dunia. Alisson juga merupakan satu-satunya kiper milik Liverpool yang pernah mencetak gol di English Premier League, tepatnya saat membobol gawang West Bromwich Albion.

Liverpool sepertinya selalu berhasil menemukan kiper hebat. Dengan adanya Alisson, Liverpool kini tak perlu risau ketika serangan membanjiri pertahanan mereka.

Baca Juga: Newcastle Berani Banget, Rekrut Karius Si Kiper Gagal Liverpool

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya