6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh Ini

Apakah akan terbayar dengan gelar juara?

Bursa transfer musim panas selalu menjadi ajang bagi klub-klub Eropa untuk menambah kekuatan dengan mendatangkan pemain baru. Tim papan atas rela menggelontorkan dana besar demi pemain yang diincar.

Semua itu dilakukan demi meningkatkan prestasi dan meraih banyak trofi musim depan. Salah satunya adalah Manchester City yang mendatangkan Jack Grealish dengan harga sangat mahal dari Aston Villa. Berikut enam klub paling boros di bursa transfer musim panas sejauh ini.

1. Paris Saint-Germain - €76 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniAchraf Hakimi dibeli sangat mahal dari Inter Milan (mozzartsportke.com)

PSG menghabiskan dana sebesar €76 juta atau setara dengan Rp1,2 triliun hanya untuk mendatangkan dua nama. Pertama ada Achraf Hakimi dari Inter yang dibeli senilai Rp1 triliun dan sisanya untuk Danilo Pereira.

Sebetulnya PSG cukup beruntung musim ini karena dapat mendatangkan banyak pemain bintang secara gratis. Sebut saja Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, Giorginio Wijnaldum, hingga Lionel Messi mereka datangkan secara percuma. Melihat banyaknya pemain bintang, akankah PSG bisa mendominasi Eropa musim depan?

2. Arsenal - €84 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniBen White dibeli sangat mahal dari Brighton (justarsenal.com)

Arsenal dalam beberapa musim ke belakang memang begitu kesulitan bersaing di jajaran empat besar. Hal itulah yang menyebabkan The Gunners belanja besar-besaran musim ini. Salah satu nama yang dibeli sangat mahal adalah Ben White, yakni senilai €58.5 juta atau setara dengan Rp987 miliar.

Selain itu, Arsenal juga membeli bek kiri Benfica, Nuno Tavarez dan juga gelandang asal Anderlecht, Albert Sambi Lokonga. Di sisa waktu bursa transfer ini sepertinya Arsenal masih mengincar beberapa pemain lagi, seperti Manuel Locatelli dari Sassuolo dan James Maddison milik Leicester City.

Baca Juga: Transfer Segitiga Antara Arsenal, AS Roma, dan Tammy Abraham

3. Manchester United - €85 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniJadon Sancho dibeli sangat mahal oleh Manchester United (adomonline.com)

Manchester United dalam beberapa musim lalu memang selalu mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. Musim ini mereka merekrut Jadon Sancho dari Borussia Dortmund dengan nilai fantastis. Padahal, Sancho dulunya merupakan didikan Manchester City.

Selain Sancho, The Red Devils juga telah menyetujui tansfer bek tengah milik Real Madrid, Raphael Varane. Dengan pengalaman juara Varane bersama Madrid dan Timnas Prancis, ia diharapkan mampu memperkokoh lini pertahanan. Dengan pembelian pemain tersebut, United berharap dapat menghapus dahaga gelar selama empat tahun terakhir.

4. RB Leipzig - €92 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniAndre Silva didatangkan dari Eintracht Frankfurt (indiatimes.com)

Cukup unik memang melihat RB Leibzig cukup boros pada bursa transfer musim panas ini. Biasanya merekalah yang menjual pemain muda dengan harga mahal ke banyak klub top Eropa. Salah satunya adalah Timo Werner yang dijual ke Chelsea.

Namun, musim ini sepertinya Leipzig ingin bersaing menjadi juara dengan mendatangkan banyak pemain. Sebut saja Andre Silva yang direkrut senilai €23 juta atau setara dengan Rp 388 miliar setelah tampil bagus dengan Frankfurt. Selain itu, mereka juga membeli Mohamed Simakan, Josko Gvardiol, Angelino, dan Benjamin Henrichs.

5. Aston Villa - €106 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniEmiliano Buendia dibeli dari Norwich City (birminghammail.co.uk)

Aston Villa menerima dana segar setelah mereka menjual Jack Grealish ke Manchester City senilai €117,5 juta atau setara dengan Rp1,9 triliun. Dana tersebut digunakan untuk merekrut beberapa nama baru untuk bisa bersaing di Liga Inggris musim depan.

Rekrutan termahal mereka adalah Emiliano Buendia yang dibeli dari Norwich City senilai Rp648 miliar. Selain itu, mereka juga merekrut Danny Ings dari Southampton dan Leon Bailey dari Bayer Leverkusen. Tim asal Birmingham ini juga telah mendaratkan Ashley Young setelah kontraknya habis bersama Inter Milan.

6. Manchester City - €128 juta

6 Klub Eropa Paling Boros Pada Bursa Transfer Musim Panas Sejauh IniJack Grealish jadi pembelian termahal Manchester City (dailysabah.com)

Manchester City baru saja mendatangkan Jack Grealish dengan harga sangat mahal dari Aston Villa, yakni senilai €117,5 juta atau setara dengan Rp1,9 triliun. Penyerang Timnas Inggris itu diharapkan semakin mempertajam lini serang Manchester Biru.

Selain Grealish, City juga mendatangkan penyerang muda milik Fluminense, Kayky, dengan harga €10 juta atau senilai dengan Rp168 miliar. Namun, pemain berusia 18 tahun itu baru akan bergabung pada bulan Januari tahun depan. City juga mempermanenkan kiper veteran, Scott Carson, usai dipinjam dari Derby County sejak tahun 2019.

 

Demi mengejar prestasi, para klub tersebut rela mengeluarkan dana besar pada bursa transfer musim ini. Akankah itu semua akan terbayar dengan trofi juara musim depan?, kita nantikan saja.

Baca Juga: Tiga Skema yang Bisa Manchester City Terapkan untuk Jack Grealish

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya