Comscore Tracker

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal Musim

Newcastle United masih belum menang musim ini

Newcastle United masih kesulitan meraih kemenangan pada 2021/2022. Kedatangan Eddie Howe sebagai arsitek baru tak serta-merta mengangkat performa tim yang bermarkas di St James' Park tersebut. Mereka baru saja mendapat hasil imbang melawan Norwich City pada pekan ke-14, Rabu (1/12/2021).

Menariknya, ada beberapa tim yang juga kesulitan meraih kemenangan dalam sejarah Premier League. Hal ini menjadi salah satu alasan mereka harus terdegradasi pada akhir musim.

1. Everton – 12 pertandingan (1994/1995)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimEverton meraih Piala FA pada musim 1994/1995. (skysports.com)

Sejak musim perdana Premier League pada 1992/1993, Everton merupakan salah satu tim yang belum pernah terdegradasi. Namun, pada 1994/1995 mereka sempat merasakan kesulitan pada pekan-pekan awal. The Toffies bahkan tak sekalipun menang pada 12 laga awal.

Penunjukkan Joe Royle sebagai pelatih pada pertengahan musim menjadi titik balik bagi tim asal Liverpool ini. Mereka selamat dari jurang degradasi setelah finis di posisi ke-15. Bahkan, mereka mampu menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Manchester United pada partai final. Itu sekaligus menjadi trofi terakhir yang singgah ke Goodison Park hingga saat ini.

2. Derby County – 13 pertandingan (2000/2001)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimDerby County pada musim 2000/2001. (derbytelegraph.co.uk)

Derby County mengalami start yang buruk pada 2000/2001. Kala itu mereka tak pernah menang dalam 13 pertandingan pertama Liga Inggris. Tim asuhan Jim Smith itu hanya mencatatkan tujuh hasil imbang dan sisanya kalah.

Derby akhirnya meraih kemenangan pertama mereka kala menghadapi Bradford. Hal itu membuat mereka bangkit dan sukses lepas dari jeratan degradasi. Mereka unggul delapan poin dari Manchester City yang menghuni slot terakhir zona degradasi.

3. Norwich City – 13 pertandingan (2004/2005)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimDean Ashton saat membela Norwich pada musim 2004/2005. (sportsmole.co.uk)

Sebagai tim promosi, Norwich City tentunya tak ingin jadi tim penggembira saja. Namun, kenyataan berkata lain ketika The Cannaries belum sekalipun menang pada 13 laga pembuka Liga Inggris 2004/2005.

Mereka hanya mampu mendapat delapan hasil imbang dan sisanya kalah, sebelum menang atas Southampton di kandang sendiri. Tak seperti Derby yang mampu lolos dari jeratan degradasi, Norwich harus rela kembali ke Divisi Championship setelah hanya menempati posisi ke-19 pada akhir musim.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Hasil Imbang antara Newcastle United dan Norwich City

4. Newcastle United – 14 pertandingan (2021/2022)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimEddie Howe belum mampu bawa Newcastle raih kemenangan musim ini. (skysports.com)

Hingga pekan ke-14, Newcastle United belum sekalipun meraih kemenangan. Tim yang baru saja dibeli Pangeran Arab Saudi tersebut masih menjadi juru kunci klasemen dengan memperoleh tujuh poin. Hasil dari 7 kali imbang dan 7 kali mengalami kekalahan.

Penunjukkan Eddie Howe sepertinya juga tak langsung memberikan dampak positif bagi Newcastle. Pada pekan ke-15 nanti, mereka akan menjamu sesama tim penghuni zona degradasi, Burnley. Akankah Newcastle akhirnya meraih kemenangan atau justru kembali menuai hasil minor?

5. Swindon Town – 15 pertandingan (1993/1994)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimSwindon Town pada musim 1993/1994. (premierleague.com)

Mungkin tak banyak orang yang tahu Swindon Town, karena mereka kini hanya bermain di kasta keempat Liga Inggris. Namun, mereka sempat merasakan bermain di kasta teratas pada 1993/1994. Perjalanan mereka saat itu berlangsung singkat.

Pada awal musim, mereka harus kehilangan pemain sekaligus pelatih mereka Glenn Hoddle yang hengkang ke Chelsea. Hal itu membuat Swindon tak mampu meraih kemenangan hingga pekan ke-15. Pada akhir musim, mereka menjadi juru kunci dengan 13 poin dan kebobolan 100 gol.

6. Queens Park Rangers – 16 pertandingan (2012/2013)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimQueens Park Rangers pada musim 2012/2013. (skysports.com)

Musim 2012/2013 menjadi musim yang sangat buruk bagi Queens Park Rangers. Mereka hanya mencatatkan empat kemenangan sepanjang musim dan mengakhiri klasemen di peringkat terbawah dengan hanya 25 poin.

Buruknya tim asuhan Harry Redknapp itu memang sudah terlihat sejak awal musim. QPR gagal menuai satu pun kemenangan dalam 16 laga pertama mereka. Bahkan, kedatangan Mark Hughes pada pertengahan musim tak mampu menyelamatkan tim asal London ini dari jeratan degradasi.

7. Sheffield United – 17 pertandingan (2020/2021)

Klub Inggris dengan Rekor Tanpa Menang Terpanjang pada Awal MusimSheffield United pada musim 2020/2021. (skysports.com)

Jika musim ini Newcastle United yang menjadi tim pesakitan, musim lalu Sheffield United yang menerima hasil pahit tersebut. Bahkan, dari 17 pertandingan awal, mereka takluk sebanyak 15 kali dan hanya meraih 2 hasil imbang. Kemenangan pertama mereka diraih ketika berhadapan dengan Newcastle United.

Buruknya permainan The Blades berlanjut hingga akhir musim. Mereka hanya meraih 23 poin dan menjadi juru kunci klasemen. Alhasil, mereka harus kembali ke Divisi Championship pada musim berikutnya.

Hasil buruk pada awal musim memang menjadi hal yang bisa menurunkan moral para pemain. Terbukti banyak klub yang terdegradasi usai memperoleh hasil buruk pada pekan-pekan awal. Akankah Newcastle bisa bertahan di Liga Inggris atau justru terdegradasi pada akhir musim?

Baca Juga: Bomber Terlupakan Liverpool Tak Bagus Buat Proyek Newcastle

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya