Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal Jepang

Baru saja ciptakan hat-trick bersama Celtic

Kyogo Furuhashi yang kini bermain untuk Glasgow Celtic sukses menjadi buah bibir setelah mencetak hat-trick dalam kemenangan besar Celtic 9-0 atas Dundee United pada Minggu (28/8/2022). Tak heran jika Furuhashi menjadi idola baru bagi publik Celtic Park.

Sebelum Furuhashi, Celtic juga sempat punya pemain hebat asal Jepang dalam diri Shunsuke Nakamura. Kini, nampaknya Furuhashi akan meneruskan kisah sukses seniornya tersebut.

Furuhashi sempat menemui jalan terjal sebelum berhasil sebagai pemain sepak bola. Langsung saja simak kisah menarik Kyogo Furuhashi dari hampir menyerah hingga sukses bersama Glasgow Celtic.

1. Hampir menyerah kejar mimpi sebagai pesepak bola karena tak dapat tim

Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal JepangKyogo Furuhashi bersama para rekannya di FC Gifu. (twitter.com/Kyogo_Furuhashi)

Kyogo Furuhashi lahir pada 20 Januari 1995 di Ikoma yang berlokasi di Prefektur Nara, Jepang. Furuhashi mulai mengenal sepak bola sejak usianya masih lima tahun. Ia kemudian meneruskan kariernya sebagai pesepak bola, sekaligus bidang akademiknya di Universitas Chuo.

Ketika sudah berada di akhir masa studinya, Furuhashi sempat kesulitan menemukan tim untuk dibela. Ia sudah mendaftar ke berbagai tim, tetapi tak ada yang mau menerimanya. Beruntung, ketika akan menyerah dalam menggapai mimpinya, ia mendapat panggilan dari FC Gifu yang saat itu bermain di J2 League atau kasta kedua sepak bola Jepang.

Di sinilah Furuahashi mulai menunjukkan kepiawainnya, di mana pada musim pertamanya ia mampu membuat 6 gol dan 11 assists dalam 44 penampilan. Catatan tersebut semakin meningkat di musim keduanya, ketika Furuhashi berhasil mencetak 11 gol dan 7 assists dari 26 penampilan. Perfomanya tersebut akhirnya membuat Furuhashi mendapat tawaran dari Vissel Kobe.

2. Temukan sinarnya bersama Vissel Kobe

Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal JepangKyogo Furuhashi ketika membela Vissel Kobe. (twitter.com/Kyogo_Furuhashi)

Setelah dua musim membela FC Gifu, Furuhashi kemudian menapaki babak baru dengan bergabung bersama Vissel Kobe yang bermain di J1 League atau kasta teratas sepak bola Jepang. Di sinilah, Furuhashi perlahan tapi pasti mulai menemukan sinarnya.

Furuhashi berhasil mengantar Vissel Kobe menjuarai Emperor's Cup 2019 dan Japanese Super Cup 2020. Selama bermain untuk Vissel Kobe, Furuhashi mampu mencatatkan 111 penampilan dengan koleksi 49 gol di semua kompetisi.

Ketika membela Vissel Kobe, Furuhashi mendapat pengalaman berharga karena sempat menjadi rekan setim Andres Iniesta dan David Villa. Keduanya bahkan mengungkapkan kekagumannya pada Furuhashi. Mereka mengatakan bahwa Furuhashi punya potensi dan kualitas untuk bermain di Eropa.

Baca Juga: Dipelopori Nakamura, 6 Pemain Asal Jepang yang Pernah Berkostum Celtic

3. Berpetualang ke Eropa setelah menerima pinangan Glasgow Celtic

Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal JepangKyogo Furuhashi ketika membela Glasgow Celtic. (twitter.com/Kyogo_Furuhashi)

Sukses di negeri sendiri, Furuhashi semakin membentangkan sayapnya dengan menerima pinangan raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic. Kepindahannya ke Celtic juga tak lepas dari peran David Villa dan Andres Iniesta yang meyakinkan para penggemar Celtic akan kualitas yang dimiliki Furuhashi.

Furuhashi memulai debutnya sebagai pemain pengganti ketika Celtic menang 2-1 atas Hearts di Liga Skotlandia 2021/2022. Ia kemudian mencetak gol pertamanya untuk Celtic di Europa League ketika timnya bersua klub asal Republik Ceko, Jablonec.

Penampilannya yang kian moncer membuatnya dicintai para pendukung Celtic. Terlebih, setelah ia mencetak hat-trick dalam kemenangan besar 9-0 atas Dundee United dalam lanjutan pekan kelima Liga Skotlandia, pada Minggu (28/8/2022). Pada musim 2022/2023 ini saja, Furuhashi telah menorehkan 6 gol dari 5 kali turun di Liga Skotlandia.

Furuhashi sejauh ini juga telah menyumbang masing-masing satu gelar Liga Skotlandia dan Scottish League Cup. Furuhashi juga masuk dalam PFA Team of the Year Liga Skotlandia musim 2021/2022.

4. Punya kesempatan bertemu Real Madrid

Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal JepangReal Madrid menjuarai Liga Champions 2021/2022. (twitter.com/UEFA)

Jika pada musim 2021/2022 Celtic hanya bermain di Europa League, kini mereka akan bermain di Liga Champions. Menariknya, dalam pembagian grup yang dilakukan oleh UEFA, Celtic tergabung di grup F bersama Shakhtar Donetsk, RB Leipzig, dan Real Madrid.

Meskipun menjadi tim yang paling tidak difavoritkan untuk lolos dari grup F, Celtic setidaknya masih bisa memberikan sedikit perlawanan kepada tiga tim raksasa di liga mereka masing-masing tersebut.

Dengan ini, Furuhashi juga berpeluang bertemu dengan Real Madrid yang merupakan juara bertahan Liga Champions. Meski sepertinya sulit untuk membobol gawang Thibaut Courtois, setidaknya Furuhashi mendapat pengalaman berharga dengan berhadapan dengan salah satu tim terbaik di dunia.

Celtic akan lebih dulu menjamu Real Madrid di Celtic Park pada 7 September 2022. Kemudian pada 3 November 2022, giliran Celtic yang akan bertandang ke Santiago Bernabeu. Menarik menyaksikan apa yang bisa dilakukan Furuhashi ketika bertemu tim sekelas Real Madrid.

5. Sudah catatkan 15 caps bersama Timnas Jepang

Mengenal Kyogo Furuhashi, Bomber Tajam Glasgow Celtic asal JepangKyogo Furuhashi ketika membela Timnas Jepang. (twitter.com/Kyogo_Furuhashi)

Kyogo Furuhashi pertama kali mendapat panggilan membela Timnas Jepang dalam laga persahabatan melawan Venezuela di Japan National Stadium pada 19 November 2019. Dalam laga yang berakhir dengan kemenangan Venezuela 4-1 tersebut, Furuhashi tampil selama 45 menit.

Furuhashi pertama kali mencatatkan namanya di papan skor untuk tim Samurai Biru, terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Mongolia. Saat itu, Furuhashi yang hanya diberi 19 menit waktu di lapangan, mampu menorehkan 2 gol dalam kemenangan telak Jepang 14-0 atas Mongolia.

 

Kyogo Furuhashi sepertinya telah menjadi idola baru bagi pendukung Glasgow Celtic. Furuhashi juga mengingatkan para penggemar Celtic ketika mereka masih mempunyai sosok Shunsuke Nakamura.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub Lain

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya