Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai Bangkit

Berpeluang bertahan di Premier League

Newcastle United sempat terpuruk di awal musim. Mereka bahkan cukup lama menghuni posisi juru kunci. Namun, perlahan The Magpies mulai bangkit. Kini mereka unggul 10 poin dari zona merah.

Kedatangan Pangeran Arab Saudi tentu jadi alasan utama kebangkitan Newcastle. Dana segar melimpah seolah jadi jaminan prestasi di era sepak bola modern. Penunjukan Eddie Howe dan pembelian beberapa pemain kunci juga turut mengangkat performa Newcastle United.

1. Sempat jadi juru kunci di awal musim

Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai BangkitSteve Bruce gagal mengangkat performa Newcastle United. (skysports.com)

Newcastle United menunjukkan performa yang buruk di awal musim. Skuad asuhan Steve Bruce tersebut kesulitan meraih kemenangan dan harus rela menjadi juru kunci. Bruce pun akhirnya dipecat setelah pekan ke-11.

Newcastle bahkan tak mampu memenangi 14 laga pertama mereka. Hal ini membuat mereka semakin terbenam di zona merah. Kemenangan atas Burnley dengan skor 2-1 menjadi titik balik mereka.

2. Pembelian oleh Pangeran Arab Saudi jadi angin segar bagi Newcastle

Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai BangkitMohamad bin Salman menjadi pemilik baru Newcastle United. (skysports.com)

Pangeran Arab Saudi, Mohamad Bin Salman, resmi membeli Newcastle United. Hal ini tentunya jadi angin segar bagi pendukung The Magpies karena mereka akan menerima aliran dana yang seakan tak ada habisnya.

Saat ini banyak tim yang menjadi tim papan atas dengan mengandalkan dana besar, seperti Manchester City dan Paris Saint-Germain yang menjadi rakasas baru di liga masing-masing. Hal yang sama tentu bisa saja terjadi pada Newcastle.

Baca Juga: Newcastle Habiskan Uang Rp1,6 Triliun pada Transfer Januari 2022

3. Penunjukan Eddie Howe mulai berdampak positif

Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai BangkitEddie Howe mulai beri perubahan kepada Newcastle United. (skysports.com)

Penunjukan Eddie Howe sebagai juru taktik baru untuk menggantikan Steve Bruce sepertinya mulai memperlihatkan dampak positif. Mantan pelatih Bournemouth tersebut mampu meracik strategi jitu dengan memanfaatkan pemain yang ada.

Terbukti sejak kedatangan Howe, dari 17 pertandingan, mereka hanya menelan 4 kekalahan dan mampu meraup 7 kemenangan. Bahkan, Newcastle belum terkalahkan sejak pekan ke-19. Hal ini membuat Newcastle bercokol di peringkat ke-14 dan semakin jauh dari zona merah.

4. Pembelian pemain di tengah musim yang cukup efektif

Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai BangkitKieran Trippier (skysports.com)

Melihat performa yang tak kunjung membaik, Newcastle mulai berburu pemain pada bursa transfer Januari 2022. Salah satu pembelian terbaik mereka tentunya adalah Kieran Trippier yang didatangkan dari Atletico Madrid.

Bek asal Inggris tersebut mampu menjadi pembeda sejak kedatangannya. Trippier juga mampu tampil sebagai pemimpin jika dibutuhkan. Kemampuan tendangan bebasnya juga cukup mematikan. Selain itu, The Magpies juga mendatangkan Chris Wood dari Burnley, Bruno Guimares dari Lyon, dan Matt Targett dari Aston Villa yang tentunya semakin memperkuat tim ini.

5. Berpeluang selamat dari zona degradasi

Sempat Jadi Juru Kunci, Newcastle United Perlahan Mulai BangkitNewcastle United (skysports.com)

Dengan dana yang sepertinya tak pernah habis dari Pangeran Arab Saudi, penunjukan Eddie Howe sebagai pelatih, serta pembelian pemain yang cukup efektif, Newcastle mulai bangkit dan semakin menjauhi zona degradasi.

Jika mampu mempertahankan performa baik ini hingga akhir musim, bisa dipastikan mereka akan bertahan di Premier League. Pesaing mereka di zona merah saat ini pun terlihat kesulitan untuk tampil konsisten.

 

Newcastle mulai bangkit dan semakin jauh dari zona degradasi. The Magpies juga berpotensi menjadi kekuatan baru setelah dibeli oleh Pangeran Arab Saudi.

Baca Juga: Sejak Januari, Newcastle Jadi Gacor di Liga Inggris

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya