5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum Casemiro

Ada Darren Ferguson hingga Paul Scholes

Casemiro telah resmi mengenakan nomor punggung 18 di Manchester United. Nomor itu berbeda dari yang ia kenakan ketika masih berseragam Real Madrid, yakni 14.

Nomor 18 memang jarang digunakan oleh pemain Manchester United. Casemiro memakainya sebagai penghormatan terhadap Paul Scholes. Berikut lima pengguna nomor punggung 18 sebelum Casemiro.

1. Darren Ferguson

5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum CasemiroDarren Ferguson (twitter.com/premlgeplayers)

Meskipun merupakan anak dari Sir Alex Ferguson, hal itu tak membuat Darren Ferguson mendapatkan tempat reguler di tim utama. Bahkan, ketika Manchester United menjuarai liga pada musim 1993/1994, Ferguson tak mendapatkan medali karena hanya bermain dalam tiga laga.

Musim itu juga merupakan kali pertamanya menggunakan nomor punggung 18. Total, Ferguson hanya 28 pertandingan di English Premier League selama empat musim berada di Old Trafford. Ia lebih sering menjadi pelapis bagi Bryan Robson.

2. Simon Davies

5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum CasemiroSimon Davies (manchestereveningnews.co.uk)

Simon Davies merupakan salah satu pemain yang menjuarai FA Youth Cup 1992 atau lebih dikenal sebagai Class of 92. Namun, tak seperti David Beckham, Paul Scholes, atau Ryan Giggs, Davies tak pernah diberikan tempat utama oleh Sir Alex Ferguson.

Davies memakai nomor 18 peninggalan Darren Ferguson dari 1994 hingga 1996. Namun, selama periode tersebut, Davies hanya memainkan 11 laga. Setelah pergi dari Old Trafford, Davies lebih sering bermain di kasta bawah Liga Inggris.

Baca Juga: Casemiro Pakai Nomor Gelandang Favoritnya di Manchester United

3. Bruno Fernandes

5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum CasemiroBruno Fernandes (manutd.com)

Sejak kedatangannya dari Sporting Lisbon pada 2020, Bruno Fernandes memilih menggunakan nomor punggung 18. Penampilannya yang memukau membuatnya menjadi salah satu gelandang andalan Setan Merah.

Namun, Fernandes kini telah menanggalkan nomor 18 dan beralih ke nomor 8 selepas kepergian Juan Mata. Nomor 8 sendiri merupakan nomor yang identik dengan Fernandes ketika ia masih berkostum Sporting Lisbon.

4. Ashley Young

5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum CasemiroAshley Young (manutd.com)

Ashley Young merupakan salah satu yang cukup fleksibel ketika bermain. Ia bisa bermain sebagai sayap ataupun full back jika diperlukan. Young sendiri telah menggunakan nomor 18 sejak kedatangannya ke Old Trafford pada 2011.

Ia mewarisi nomor tersebut dari Paul Scholes yang menyatakan pensiun. Namun, ketika Scholes kembali dari pensiunnya, Young tetap menggunakan nomor tersebut karena Scholes lebih memilih nomor 22. Young kini tetap mempertahankan nomor 18 meski sudah berseragam Aston Villa.

5. Paul Scholes

5 Pemilik Nomor Punggung 18 di Manchester United sebelum CasemiroPaul Scholes (manutd.com)

Meskipun bukan satu-satunya nomor yang pernah dikenakannya selama membela Manchester United, nomor 18 menjadi nomor yang paling identik dengan Paul Scholes karena merupakan nomor yang paling lama ia pakai.

Scholes sempat berganti ke nomor 10 pada musim 2007/2008 dan nomor 22 ketika ia kembali dari masa pensiunnya. Scholes juga kerap gonta-ganti nomor punggung di awal kariernya membela The Red Devils.

 

Meskipun tak terlalu banyak pemain yang menggunakan nomor 18, nomor ini cukup sering dipakai oleh para pemain berkualitas. Lantas, akankah nomor ini bakal membawa keberuntungan bagi Casemiro?

Baca Juga: 5 Pemain MU yang Menggunakan Nomor Punggung 14 sebelum Eriksen

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya