7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier League

Ada Luis Suarez hingga James Milner

Nomor punggung 7 di Liverpool kini menjadi milik James Milner. Sejak era Premier League, nomor ini telah berganti pemilik sebanyak tujuh kali. Kebanyakan dari mereka mampu memberikan performa menawan.

Namun, ada juga yang justru flop ketika dipercaya mengenakan nomor keramat ini. Nomor 7 memang sering dipakai oleh para pesepak bola terbaik dunia. Berikut tujuh pengguna nomor punggung 7 di Liverpool sejak era Premier League.

1. Nigel Clough

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueNigel Clough (theanfieldwrap.com)

Nigel Clough menjadi pemakai nomor punggung 7 pertama di Liverpool pada era Premier League. Ia didatangkan Liverpool usai bermain cukup baik bersama Nottingham Forest pada 1993.

Sayang, performanya tak begitu meyakinkan kala berada di Anfield selama tiga musim. Ia hanya memainkan 39 laga di Liga Inggris. Clough justru meraih kesuksesan bersama tim kecil, Burton Albion. Di sana ia memainkan lebih dari 200 pertandingan.

2. Robbie Keane

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueRobbie Keane (skysports.com)

Robbie Keane menunjukkan ketajamannya ketika ia masih membela Tottenham Hotspur. Liverpool yang sedang mencari duet yang tepat bagi Fernando Torres pun kemudian mendatangkannya. Keane pun dipercaya mengenakan nomor 7.

Namun, kariernya justru memburuk ketika berada di Anfield. Penyerang asal Irlandia tersebut hanya sanggup mencetak tujuh gol di musim pertamanya. Hal itu membuat Keane pulang kembali ke Tottenham.

3. Harry Kewell

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueHarry Kewell (skysports.com)

Harry Kewell sempat menjadi generasi emas Leeds United pada awal 2000-an. Sayang, Leeds kemudian terkena krisis finansial yang membuat mereka harus melepas beberapa pemain bintangnya, tak terkecuali Kewell yang kemudian merapat ke Liverpool.

Selama bermain untuk The Reds, penampilan Kewell cukup menawan ketika beroperasi di sisi sayap. Sayang, cedera membuat menit bermainnya semakin berkurang, termasuk saat ia harus diganti lebih awal pada final Liga Champions 2004/2005.

Baca Juga: Selain Salah, 5 Pemain Liverpool Ini Pernah Jadi Top Skor Liga Inggris

4. Vladimir Smicer

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueVladimir Smicer (liverpoolfc.com)

Vladimir Smicer merupakan pemain yang masuk menggantikan Kewell pada final Liga Champions 2004/2005. Tak hanya itu, ia kemudian mencetak satu gol yang jadi momentum kebangkitan Liverpool atas AC Milan.

Smicer kemudian meninggalkan Anfield di akhir musim tersebut setelah enam musim berkostum Liverpool. Smicer sebenarnya sudah tak memakai nomor 7 sejak kedatangan Kewell pada 2003. Ia kemudian memilih memakai nomor 19 di sisa kariernya bersama Liverpool.

5. James Milner

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueJames Milner (skysports.com)

James Milner kini menjadi pemilik nomor punggung 7 di Liverpool. Gelandang asal Inggris tersebut sudah memakainya sejak didatangkan dari Manchester City pada 2015. Sejak saat itu ia menjadi bagian penting di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Tak hanya bisa menjadi gelandang, Milner juga sempat dimainkan Klopp sebagai bek sayap ketika Liverpool mengalami krisis pemain belakang. Penampilannya bahkan masih sangat baik meski usianya sudah menginjak 36 tahun.

6. Steve McManaman

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueSteve Mcmanaman (liverpoolfc.com)

Kepergian Nigel Clough pada 1996 ke Manchester City membuat nomor 7 tak punya pemilik. Nomor tersebut kemudian jatuh kepada salah satu gelandang terbaik didikan Liverpool, Steve McManaman.

Sejak pertama kali debut pada 1990/1991, McManaman seakan tak pernah tergeser sebagai pemain inti Liverpool. Penampilan menawannya tersebut kemudian membuat Real Madrid memboyongnya pada 1999.

7. Luis Suarez

7 Pengguna Nomor Punggung 7 di Liverpool sejak Era Premier LeagueLuis Suarez (skysports.com)

Luis Suarez layak dinobatkan sebagai pemilik nomor punggung 7 terbaik Liverpool di era Premier League. Didatangkan sebagai pengganti ideal bagi Fernando Torres, Suarez terbukti mampu menjawab kepercayaan tersebut.

Penyerang asal Uruguay itu menjelma menjadi sosok penyerang tajam di Liga Inggris. Prestasi terbaiknya datang pada 2013/2014 ketika Suarez mencetak 31 gol di Premier League sekaligus dinobatkan sebagai top skor.

Pada musim tersebut, Suarez bahkan hampir membawa Liverpool meraih gelar juara Premier League. Itu juga menjadi musim terakhir Suarez di Anfield sebelum hijrah ke Barcelona. Total, Suarez mencetak 82 gol selama berkostum Liverpool.

 

Pemilik nomor punggung 7 di Liverpool selalu mampu menampilkan performa terbaik mereka. Lantas, siapakah nanti yang akan menjadi penerus nomor ini?

Baca Juga: Kabar 8 Pewaris Nomor Punggung 7 Peninggalan Shevchenko di AC Milan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya