Comscore Tracker

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 Poin

Pep Guardiola baru saja memecahkan rekor

Premier League merupakan liga sepak bola paling populer dan terbaik di dunia. Deretan nama pemain kelas dunia pun selalu menghiasi lapangan kala pertandingan berlangsung. Berkat hal itulah para tim dari Negeri Ratu Elizabeth ini kerap kali mendominasi kancah Eropa.

Selain pemain, tentunya peran seorang pelatih sangatlah penting bagi sebuah tim. Pelatih seperti nahkoda yang siap membawa kapal berlayar melewati medan apa pun. Salah satu pelatih top saat ini adalah arsitek Manchester City, Pep Guardiola.

Pelatih asal Spanyol tersebut baru saja mencetak rekor baru dengan menjadi pelatih tercepat yang meraih 500 poin di Premier League. Pep mengungguli banyak nama hebat yang sudah lebih dulu meraih sukses. Siapa saja mereka?

1. Arsene Wenger (249 laga)

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 PoinArsene Wenger (skysports.com)

Arsene Wenger merupakan pelatih legendaris yang telah mengasuh Arsenal selama 22 musim. Dalam periode tersebut pelatih asal Prancis ini telah membuat lebih dari 800 pertandingan yang merupakan rekor jumlah pertandingan terbanyak untuk seorang pelatih di Liga Inggris.

Kedatangan Wenger di tahun 1996 terbukti sukses mengangkat prestasi Arsenal yang kala itu hanya menghuni papan tengah. Salah satu prestasi terbaiknya tentu saja ketika membawa tim meriam London menjuarai Liga Inggris tanpa menelan satu pun kekalahan di musim 2003/2004.

2. Sir Alex Ferguson (242 laga)

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 PoinSir Alex Ferguson (skysports.com)

Selain Wenger, hanya Sir Alex Ferguson yang mampu menorehkan lebih dari 800 pertandingan di Liga Inggris. Sir Alex sendiri merupakan pelatih tersukses dengan raihan 13 gelar Premier League selama mengasuh Manchester United. 

Tak hanya itu, Ferguson juga dua kali membawa setan merah menjuarai Liga Champions. Bahkan, di musim 1998/1999 Manchester United dibawanya merasakan treble winner. Selama diasuh Ferguson, The Red Devils juga tak pernah keluar dari tiga besar. Kini para pendukung United pasti begitu merindukan sosoknya berada di samping lapangan.

Baca Juga: 5 Pembelian Gagal Sir Alex Ferguson di Manchester United, Siapa Saja?

3. Jurgen Klopp (236 laga)

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 PoinJurgen Klopp (skysports.com)

Meskipun Liverpool merupakan salah satu tim tersukses dalam sejarah Liga Inggris, mereka sempat mengalami paceklik gelar yang begitu lama. Beruntung The Reds mampu mendatangkan sosok pelatih genius seperti Jurgen Klopp.

Di bawah asuhan mantan arsitek Borussia Dortmund tersebut Liverpool mampu tampil sangat baik. Pada musim 2019/2020 akhirnya Klopp mampu membawa Liverpool menjuarai Premier League setelah menunggu selama tiga dekade.

4. Jose Mourinho (231 laga)

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 PoinJose Mourinho (skysports.com)

Jose Mourinho pertama kali dikenal pencinta sepak bola kala ia mampu membawa FC Porto menjuarai Liga Champions pada 2004. Berkat prestasi tersebut, Chelsea kemudian menunjuknya sebagai juru taktik. Di bawah asuhannya, Chelsea terbukti mampu merajai Premier League.

Sempat hengkang ke Inter Milan dan Real Madrid, pelatih asal Portugal itu kembali ke Chelsea dan sukses merebut gelar Liga Inggris ketiganya. Pelatih yang kini menjadi arsitek AS Roma tersebut juga sempat melatih Manchester United dan Tottenham Hotspur meski tak sesukses kala bersama The Blues.

5. Pep Guardiola (213 laga)

5 Pelatih Premier League yang Paling Cepat Meraih 500 PoinPep Guardiola (skysports.com)

Pep Guardiola dikenal sebagai pelatih jenius bahkan sebelum mengasuh Manchester City. Sebelumnya ia lebih dulu menuai kesuksesan kala bersama Barcelona dan Bayern Munchen. Tak heran prestasi City pun semakin terangkat di bawah tangan dinginnya.

Hasil imbang 1-1 kontra Southampton pada lanjutan pekan ke-23 membuatnya kini menjadi pelatih tercepat yang meraih 500 poin di Premier League. Pep sendiri sudah membawa City tiga kali menjuarai Liga Inggris dan kian dekat dengan gelar keempatnya musim ini.

 

Kelima pelatih tersebut memanglah para genius yang mampu meracik strategi jitu untuk membawa timnya meraih berbagai gelar bergengsi. Akankah nantinya ada pelatih yang memecahkan rekor milik Pep ataukah rekor tersebut akan bertahan cukup lama?

Baca Juga: 5 Pemain Underrated yang Pernah Ditangani oleh Pep Guardiola

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya