5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPL

Tak hanya Erik ten Hag

Manchester United mengawali English Premier League (EPL) 2022/2023 dengan buruk. Bermain di Old Trafford pada Minggu (7/8/2022), The Red Devils justru dipermalukan Brighton & Hove Albion dengan skor 1-2.

Ini juga menjadi debut yang tak diinginkan Erik ten Hag yang cukup sukses ketika pramusim. Namun, pelatih asal Belanda tersebut bukan satu-satunya pelatih yang gagal memenangi laga debutnya di EPL.

Berikut lima pelatih Manchester United yang gagal menang pada debutnya di EPL.

1. Tommy Docherty (1-1 vs Leeds United)

5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPLTommy Docherty (manutd.com)

Tommy Docherty didapuk sebagai pelatih Manchester United pada pertengahan musim 1972/1973 setelah tugasnya bersama Timnas Skotlandia berakhir. Debutnya diwarnai hasil imbang 1-1 kontra Leeds United.

Pada akhir musim, Manchester United hampir terdegradasi dengan hanya finis di peringkat ke-18. Mereka kemudian benar-benar turun kasta pada musim berikutnya.

2. Ron Atkinson (1-2 vs Coventry City)

5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPLRon Atkinson (twitter.com/ManUtd)

Debut buruk ditorehkan Ron Atkinson pada laga melawan Coventry City pada 1981. Bertandang ke Highfiled Road, Manchester United pulang dengan tangan hampa usai ditekuk 1-2.

Untungnya, selama berada di Old Trafford, Atkinson meraih 2 Piala FA dan 1 Charity Shield. Tugas Atkinson berakhir pada 1986 ketika Manchester United menunjuk Sir Alex Ferguson sebagai nakhoda baru.

Baca Juga: Brighton Permalukan Manchester United di Kandangnya

3. Sir Alex Ferguson (0-2 vs Oxford)

5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPLSir Alex Ferguson (manutd.com)

Meskipun dicap sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah sepak bola Inggris dan dunia, Sir Alex Ferguson ternyata harus menelan kekalahan pada laga debutnya. Kekalahan itu terjadi di First Division bersama Manchester United.

Bertandang ke Manor Ground markas Oxford United, The Red Devils dipaksa mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor akhir 0-2. Hal ini menunjukkan bahwa pelatih hebat pun bisa kalah di laga pertamanya.

4. Louis van Gaal (1-2 vs Swansea City)

5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPLLouis van Gaal (twitter.com/ManUtd)

Louis van Gaal diplot sebagai pengganti David Moyes setelah sukses membawa Timnas Belanda meraih peringkat ketiga Piala Dunia 2014. Van Gaal juga menjadi pelatih asal Belanda pertama yang menukangi Manchester United.

Sayang, debutnya berlangsung buruk setelah dua gol dari Ki Sung Hyun dan Gylfi Sigurdsson hanya mampu dibalas sekali oleh Wayne Rooney. Swansea City pun berhasil membuat publik Old Trafford tertunduk lesu.

5. Erik ten Hag (1-2 vs Brighton & Hove Albion)

5 Pelatih Manchester United Ini Gagal Menang pada Debutnya di EPLErik ten Hag (skysports.com)

Erik ten Hag membawa harapan tinggi kepada semua pendukung Manchester United yang sudah cukup lama tak melihat timnya meraih gelar. Sayang, timnya harus takluk dari Brighton & Hove Albion di Old Trafford.

Dua gol Brighton pada babak pertama yang dicetak oleh Pascal Gross hanya mampu dibalas sekali lewat gol bunuh diri Alexis Mac Allister. Masuknya Cristiano Ronaldo pada babak kedua juga tak mampu menyelamatkan Manchester United dari kekalahan.

Tak ada pelatih yang menginginkan hasil buruk di laga pertamanya, terutama di EPL. Erik ten Hag masih harus mengevaluasi timnya untuk menghadapi musim yang panjang.

Baca Juga: 6 Pemain yang Didatangkan Erik Ten Hag Lebih dari Sekali

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya