5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari Sekali

Mereka jadi pemain favorit para pelatih!

Pemain dan pelatih dalam sepak bola punya peran yang sama pentingnya. Maka dari itu, dibutuhkan kecocokan antara dua belah pihak agar bisa menciptakan permainan yang cantik dan meraih kemenangan.

Tak jarang untuk memenuhi harapan tersebut, seorang pelatih sepak bola melakukan pembelian pemain incarannya. Uniknya beberapa pelatih punya ikatan kuat dengan beberapa pemain. Bahkan ada lima pelatih yang melakukan pembelian lebih dari sekali untuk pemain yang sama.

1. David Moyes dan Marouane Fellaini

5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari SekaliDavid Moyes dan Marouane Fellaini (skysports.com)

David Moyes merupakan sosok pelatih yang melambungkan nama Marouane Fellaini. Moyes merekrut gelandang asal Belgia tersebut pada 2008 saat ia masih menukangi Everton. Dengan tubuhnya yang tinggi besar, Fellaini punya kekuatan bola atas yang bagus.

Pada 2013, David Moyes ditunjuk sebagai pengganti Sir Alex Ferguson untuk melatih Manchester United. Fellaini menjadi pemain yang turut ia boyong ke Old Trafford karena merasa cocok dalam segi permainan. 

Sayang, Moyes dipecat pada akhir musim karena dianggap gagal membawa Manchester United ke jalur juara. Sementara Fellaini masih berada di Old Trafford hingga 2019. Kini ia bermain di Liga Super China bersama Shandong Luneng. 

2. Carlo Ancelotti dan James Rodriguez

5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari SekaliCarlo Ancelotti dan James Rodriguez (skysports.com)

James Rodriguez sempat mencuri perhatian dunia ketika ia menjadi top skor Piala Dunia 2014. Setelah itu banyak tim besar yang mencoba merekrut pemain asal Kolombia tersebut. Real Madrid yang saat itu dilatih Carlo Ancelotti pun menjadi tim yang beruntung mendapatkan jasa James Rodriguez.

Meskipun tak terlalu sukses ketika bermain di Santiago Bernabeu. Hal itu tak menghentikan langkah Ancelotti untuk meminjam Rodriguez ketika ia melatih Bayern Munchen. Terakhir, Ancelotti juga yang membawa Rodriguez bermain di Premier League bersama Everton.

Baca Juga: 5 Pelatih Terhebat Era English Premier League, Deretan Nama Top!

3. Harry Redknapp dan Niko Kranjcar

5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari SekaliHarry Redknapp dan Niko Kranjcar (portsmouth.co.uk)

Harry Redknapp dan Niko Kranjcar sepertinya punya hubungan yang baik di antara keduanya. Buktinya ke manapun Redknapp melatih, pemain asal Kroasia tersebut selalu mengikutinya.

Tak tanggung-tanggung, Redknapp bahkan melakukan tiga kali pembelian terhadap Kranjcar. Masing-masing saat ia melatih Portsmouth, Tottenham Hotspur, dan Queens Park Rangers.

4. Rafael Benitez dan Salomon Rondon

5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari SekaliRafael Benitez dan Salomon Rondon (skysports.com)

Rafael Benitez menjadi pelatih selanjutnya yang melakukan pembelian sebanyak tiga kali terhadap pemain yang sama. Kali ini pemain yang sangat ia sukai adalah Salomon Rondon.

Rondon memang terkenal sebagai petualang selama berkarier. Keduanya pertama kali bekerja sama ketika Randon dan Benitez masih membela Newcastle United.

Randon kemudian mengikuti jejak Benitez ketika pelatih asal Spanyol tersebut mengarsiteki klub Liga Super China, Dalian Professional. Everton menjadi tempat terakhir keduanya berada di tim yang sama

5. Jose Mourinho dan Nemanja Matic

5 Pelatih Ini Merekrut Pemain yang Sama Lebih dari SekaliJose Mourinho dan Nemanja Matic (manutd.ca)

Jose Mourinho yang kini melatih AS Roma baru saja meresmikan pembelian Nemanja Matic dari Manchester United. Gelandang berusia 33 tahun tersebut diharapkan mampu memperkuat skuad Roma demi bisa bersaing di papan atas Serie A.

Uniknya, ini bukan kali pertama Mourinho membeli Matic, namun tiga kali. Sebelumnya, pelatih asal Portugal tersebut mendatangkan Matic dari Benfica saat masih membela Chelsea.

Selanjutnya, Mourinho jugalah yang membawa gelandang asal Serbia tersebut ke Manchester United. Kini di Roma, ia kembali merekrut Matic di bawah asuhannya.

 

Kecocokan antara pemain dan pelatih memang begitu penting dalam sepak bola. Maka, tak heran, jika kelima pelatih tersebut membeli pemain yang sama lebih dari sekali.

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Jumlah Kemenangan Terbanyak pada Abad Ke-21

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya