Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala Dunia

Terakhir ada nama Joachim Loew

Jerman merupakan salah satu negara tersukses di Piala Dunia dengan raihan empat gelar juara. Kali terakhir mereka menjadi kampiun adalah edisi 2014 setelah menjungkalkan Argentina di partai final.

Sejarah sepak bola kental dan selalu menjadi unggulan di setiap turnamen tak lepas dari peran penting dari para pelatih. Jerman sendiri merupakan negara yang kerap kali melahirkan banyak pelatih hebat. Berikut empat pelatih yang pernah membawa Timnas Jerman menjadi juara dunia.

1. Sepp Herberger menjadi pelatih pertama yang bawa Die Mannschaft angkat trofi Piala Dunia

Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala DuniaSepp Herberger (paling kiri) membawa Jerman Barat menjadi juara Piala Dunia 1954 (fifa.com)

The Miracle of Bern, itulah tajuk final Piala Dunia 1954 antara Jerman Barat dan Hungaria. Ketika itu, Hungaria benar-benar diunggulkan karena membawa deretan pemain hebat seperti Sandor Kocsis dan Ferenc Puskas. Mereka juga tak terkalahkan selama empat tahun.

Bahkan, pada fase grup Hungaria berhasil menggulung Jerman Barat dengan skor telak 8-3. Namun, semua itu berubah ketika laga final yang berlangsung di Bern, Swiss tersebut. Jerman Barat sempat tertinggal 0-2 lebih dulu di awal pertandingan.

Namun, Jerman Barat yang dilatih Sepp Herberger tak gentar dan berhasil membalikkan kedudukan menjadi 3-2. Gelar tersebut merupakan trofi Piala Dunia pertama yang diraih oleh Jerman.

2. Helmut Schoen punya rekor impresif ketika mengasuh Jerman Barat

Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala DuniaHelmut Schoen (twitter.com/FIFAcom)

Peran Helmut Schoen sebagai pelatih Jerman Barat bisa dibilang sangat impresif. Dari empat gelaran Piala Dunia yang diikutinya, hanya sekali ia gagal mengantar timnya setidaknya mendapat medali Piala Dunia, yakni pada edisi 1978.

Schoen membawa Jerman menjadi peringkat ketiga pada 1970, runner up pada 1966, dan menjadi juara pada 1974. Schoen saat ini masih memegang rekor sebagai pelatih dengan laga terbanyak di Piala Dunia dengan 25 pertandingan dan kemenangan terbanyak dengan 16 kemenangan.

Baca Juga: Para Pelatih Timnas yang Ikut Lebih dari 2 Edisi Piala Dunia

3. Franz Beckenbauer pernah jadi juara dunia sebagai pemain dan pelatih

Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala DuniaFranz Beckenbauer (bundesliga.com)

Franz Beckenbauer menjadi 1 dari 3 orang selain Mario Zagallo dan Didier Deschamps yang mampu menjadi juara dunia sebagai pemain dan pelatih. Pemain berjuluk Der Kaiser tersebut merupakan bagian dari skuad Helmut Schoen yang menjadi juara pada 1974.

Beckenbauer kemudian ditunjuk sebagai pelatih untuk Piala Dunia 1986. Ketika itu, ia membawa Jerman Barat melaju ke partai final sebelum ditekuk Argentina 2-3. Empat tahun berselang, Jerman Barat yang masih diasuh Beckenbauer mampu membalas Argentina dengan kemenangan tipis 1-0.

4. Joachim Loew merupakan pelatih terakhir yang bawa Jerman juara Piala Dunia

Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala DuniaJoachim Loew membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Joachim Loew berhasil memimpin barisan bintang Jerman untuk menjadi juara Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 di final. Sebelumnya, mereka juga sempat menggilas tuan rumah Brasil dengan skor telak 7-1.

Gelar tersebut merupakan gelar Piala Dunia pertama bagi Timnas Jerman setelah bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur. Dalam dua Piala Dunia lainnya ketika diasuh Loew, Jerman terhenti di babak semifinal pada 2010 dan tak lolos fase grup pada edisi 2018.

5. Pelatih lain yang mampu bawa Jerman ke final Piala Dunia

Para Pelatih yang Pernah Bawa Jerman Rengkuh Trofi Piala DuniaJerman Barat dikalahkan Italia pada final Piala Dunia 1982 (fifa.com)

Selain keempat pelatih tersebut, masih ada dua nama lainnya yang mampu membawa Jerman ke partai final meski belum mampu raih kemenangan. Pertama adalah Jupp Derwall yang harus mengakui keunggulan Italia pada final Piala Dunia 1982.

Kemudian ada Rudi Voeller yang gagal membawa Jerman juara setelah mereka dibuat tak berkutik oleh Brasil pada final Piala Dunia 2002. Jika menjadi juara, Voeller bisa mengikuti jejak Franz Beckenbauer karena ia pernah menjadi juara sebagai pemain pada 1990.

 

Jerman terbukti banyak menghasilkan deretan pelatih berbakat yang mampu mengantar mereka empat kali menjuarai Piala Dunia. Tak heran, jika Jerman kerap dijuluki sebagai tim spesialis turnamen karena selalu menjadi favorit untuk menjadi juara.

Baca Juga: 5 Pelatih Timnas Jerman Terakhir sebelum Hansi Flick

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya