5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10

Ada Diego Maradona hingga Lionel Messi

Nomor punggung 10 terkenal sebagai nomor keramat untuk beberapa tim, bahkan nomor ini hanya dipakai untuk pemain terbaik di tim tersebut. Tak terkecuali Argentina yang merupakan salah satu produsen pesepak bola top. Tak heran jika mereka punya 2 trofi Piala Dunia dan 15 Copa America.

Kini nomor 10 dipakai oleh Lionel Messi yang sering disebut sebagai pesepak bola terbaik di dunia. Sebelumnya juga banyak pemain top yang pernah menggunakan nomor keramat ini. Berikut lima pemain terbaik Argentina yang pernah menggunakan nomor punggung 10.

1. Mario Kempes

5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10Mario Kempes mencetak gol pada final Piala Dunia 1978 (thesefootballtimes.co)

Mario Kempes merupakan pahlawan Argentina ketika mereka menjuarai Piala Dunia 1978 di kandang sendiri. Kala itu ia mencetak dua gol, termasuk satu gol ketika pertandingan memasuki masa perpanjangan waktu. Hal itu membuat Argentina menekuk Belanda dengan skor akhir 3-1.

Kempes banyak menghabiskan kariernya di Argentina dengan membela River Plate. Ia kemudian hijrah ke Eropa dengan berkostum Valencia. Bersama El Che, Kempes sukses mempersembahkan masing-masing satu trofi Copa del Rey, Piala Winners, dan Piala Super Eropa. Di akhir kariernya, ia juga sempat berlaga di Indonesia bersama Pelita Jaya dan mempersembahkan gelar Galatama di tahun 1994.

2. Juan Roman Riquelme

5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10Juan Roman Riquelme saat membela Argentina (mundoalbiceleste.com)

Sebelum Lionel Messi, pemilik nomor 10 di skuad La Albiceleste adalah Juan Roman Riquelme. Ia merupakan salah satu playmaker top yang pernah dimiliki Argentina. Bersinar bersama Boca Juniors, kariernya justru meredup ketika ia menerima pinangan Barcelona pada tahun 2002.

Kepindahannya ke Villarreal kembali mengangkat namanya sebelum ia pulang ke Boca Juniors. Riquelme sendiri merupakan pemain andalan Argentina di Piala Dunia 2006. Riquelme total mencatatkan 17 gol dari 51 kali tampil untuk raksasa Amerika Selatan tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Menggantikan Peran Messi di Timnas Argentina

3. Ariel Ortega

5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10Ariel Ortega saat membela Argentina (thesefootballtimes.co)

Ketika berada di performa puncaknya, Ariel Ortega merupakan salah satu pemain yang paling menarik untuk ditonton. Skill tinggi dipadukan dengan dribbling yang mumpuni membuatnya menjadi salah satu gelandang terbaik saat itu. Namun, ia juga dikenal sebagai pemain yang cukup temperamen.

Bersama Argentina, Ortega mempersembahkan medali perak Olimpiade Atalanta 1996. Ia juga berhasil membuat La Albiceleste melaju hingga babak perempat final Piala Dunia 1998. Tak heran jika ia dipanggil sebanyak 87 kali dengan torehan 16 gol.

4. Diego Maradona

5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10Diego Maradona mengangkat trofi Piala Dunia 1986 (marca.com)

Diego Maradona sering dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Bahkan, ia begitu dipuja oleh publik Argentina. Hal itu tak lain karena ia sukses memberi gelar Piala Dunia pada tahun 1986. Satu golnya yang dicetak secara solo ketika melawan Inggris menjadi salah satu yang terbaik sepanjang masa.

Meski tergolong kecil untuk ukuran pemain sepak bola, hal itu justru membuatnya punya kelincahan dan kecepatan yang luar biasa. Maradona sendiri pernah bermain di Eropa dengan membela Barcelona dan Napoli. Bahkan, nomor 10 miliknya kini dipensiunkan oleh Napoli berkat raihan 2 gelar Serie A.

5. Lionel Messi

5 Pemain Terbaik Argentina yang Pernah Menggunakan Nomor Punggung 10Lionel Messi saat membela Argentina (marca.com)

Tak perlu lagi meragukan kualitas seorang Lionel Messi saat ia mengolah si kulit bundar. Berbagai gelar, baik untuk klub maupun individu sudah ia raih. Tahun ini ia bahkan masih dijagokan meraih Ballon d'Or untuk ketujuh kalinya.

Hal itu tak terlepas dari kesuksesannya membawa Argentina menjuarai Copa America dengan menekuk rival abadi mereka, Brazil, di final. Satu gelar yang belum dipersembahkan Messi adalah Piala Dunia meskipun ia sempat menginjak partai final pada tahun 2014. Akankah ia akhirnya bisa memberi trofi Piala Dunia bagi Argentina?

 

Kelima pemain tersebut merupakan legenda Argentina karena telah memberikan kontribusi besar. Tak heran jika mereka dipercaya menggunakan nomor punggung 10 yang dikenal keramat.

Baca Juga: 11 Calon Pemain Terbaik FIFA 2021 Dirilis, Ada Ronaldo hingga Messi

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya