Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9

Ada Park Chu Young hingga Davor Suker

Nomor punggung 9 di Arsenal kini menjadi milik Gabriel Jesus yang baru saja didatangkan dari Manchester City pada bursa transfer musim panas 2022. Jesus mewarisi nomor tersebut dari Alexandre Lacazette yang memutuskan hengkang ke klub lamanya, Lyon. 

Sebagai nomor keramat, nomor 9 beberapa kali membuat para pemakainya tak mampu menunjukkan potensi maksimalnya. Berikut lima pemain Arsenal yang telah merasakan kutukan nomor punggung 9. Siapa saja?

1. Davor Suker

Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9Davor Suker (arsenal.com)

Davor Suker tampil digdaya ketika berhasil membawa Kroasia yang waktu itu merupakan debutan menjadi peringkat ketiga di ajang Piala Dunia 1998. Arsenal pun langsung membawanya ke Highbury dari Real Madrid.

Namun, karier Suker hanya berlangsung selama satu musim di Arsenal. Ia tak mampu bersaing dengan Thierry Henry dan Dennis Bergkamp. Total, Suker mencetak 11 gol sebelum pindah ke West Ham United.

2. Julio Baptista

Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9Julio Baptista (arsenal.com)

Julio Baptista didatangkan Arsenal dengan status pinjaman pada 2006 dari Real Madrid. Namun, pemain asal Brasil tersebut gagal menunjukkan insting predatornya di bawah asuhan Arsene Wenger.

Padahal, ketika bermain bersama Sevilla Baptista pernah mendapat julukan La Bestia yang berarti 'si buas' ketika tampil tajam di LaLiga. Sayangnya, hal itu tak pernah terjadi bersama Arsenal.

Namun, satu momen yang cukup membekas dari Baptista adalah ketika ia mampu mencetak 4 gol ke gawang Liverpool di ajang Piala Liga dalam kemenangan Arsenal 6-3 atas Liverpool di Anfield.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak bagi Arsenal selain Thierry Henry

3. Lucas Perez

Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9Lucas Perez (arsenal.com)

Lucas Perez cukup menjanjikan ketika Arsenal mendatangkannya dari Deportivo La Coruna pada 2016. Saat itu, ia mampu menceploskan 17 gol untuk Super Depor di LaLiga, tak ayal Arsenal pun terkesima dibuatnya.

Namun, saat bermain di Emirates Stadium, Perez gagal memenuhi ekspektasi tinggi pendukung The Gunners. Ia pun kembali dipinjamkan ke Deportivo dan menyerahkan nomor 9 miliknya kepada Alexandre Lacazette.

4. Francis Jeffers

Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9Francis Jeffres (arsenal.com)

Tak mudah bagi striker manapun untuk menggeser Thierry Henry di Arsenal. Hal itulah yang dialami Francis Jeffres ketika datang dari Everton. Faktor cedera juga membuatnya hanya mencatatkan 22 pertandingan di Premier League.

Tak kunjung dipercaya Arsene Wenger di lini depan, Jeffres kemudian sempat kembali dipinjamkan ke Everton. Namun, performanya tak kunjung membaik, sehingga Arsenal tak tertarik untuk memulangkannya.

5. Park Chu Young

Dipakai Gabriel Jesus, 5 Pemain Arsenal Ini Rasakan Kutukan Nomor 9Park Chu Young (arsenal.com)

Datang dari AS Monaco, Park Chu Young langsung mengambil nomor 9 ketika mendarat di Emirates Stadium. Namun, pemain asal Korea Selatan tersebut bisa dibilang jauh dari kata memuaskan sebagai seorang penyerang.

Chu Young tercatat hanya diberi kesempatan sekali turun di Premier League oleh Arsene Wenger. Penampilan buruk tersebut membuatnya beberapa kali dipinjamkan, sebelum akhirnya dilepas ke klub Arab Saudi, Al-Shabab. Kini, ia bermain di Liga Korea Selatan bersama Ulsan Hyundai.

 

Nomor 9 ternyata memakan cukup banyak korban bagi pemain Arsenal. Mampukah Gabriel Jesus lolos dari kutukan nomor keramat ini?

Baca Juga: 5 Pemain yang Menggunakan Nomor 18 Arsenal sebelum Takehiro Tomiyasu

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya