Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the Year

Ada Tony Adams hingga Jack Wilshere

PFA Young Player of the Year merupakan sebuah penghargaan bagi pemain muda terbaik di Liga Inggris. Gelar ini sendiri pertama kali diadakan pada 1973/1974. Arsenal menjadi tim yang cukup sering menang dengan mengoleksi lima gelar hingga kini.

Pada 2021/2022 ini, Arsenal berpotensi meraihnya kembali berkat penampilan menawan Bukayo Saka. Namun, tak selamanya pemain yang hebat pada usia muda terus bersinar. Lantas, seperti apa karier lima pemain Arsenal setelah menerima gelar PFA Young Player of the Year?

1. Tony Adams

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the YearTony Adams (football365.com)

Bagi pendukung Arsenal pasti tak asing dengan nama Tony Adams. Ia merupakan bek legendaris Arsenal sekaligus kapten yang tak tergantikan selama ia bermain. Total Adams telah membela The Gunners dalam 672 pertandingan.

Adams sendiri mulai menjadi pemain utama pada musim 1986/1987. Tahun di mana ia meraih gelar PFA Young Player of the Year. Sejak saat itulah Adams selalu dipercaya mengisi satu tempat di lini belakang Arsenal.

2. Paul Merson

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the YearPaul Merson (skysports.com)

Pada musim 1988/1989 Arsenal meraih gelar First Division secara dramatis usai menundukkan Liverpool di laga terakhir. Salah satu pemain yang punya kontribusi saat itu adalah Paul Merson.

Produk asli akademi Arsenal tersebut mencetak total sepuluh gol sepanjang musim itu. Tak heran ia didaulat sebagai PFA Young Player of the Year. Merson kemudian menjadi legenda Arsenal dengan bermain dalam 369 laga sebelum pergi pada 1997.

Baca Juga: 10 Pemain Terakhir yang Meraih Penghargaan Ligue 1 Player of the Year

3. Nicolas Anelka

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the YearNicolas Anelka (skysports.com)

Nicolas Anelka merupakan salah satu pembelian terbaik dalam karier Arsene Wenger di Arsenal. Datang di usia yang sangat muda, ia mampu membuktikan bahwa ia merupakan predator haus gol.

Hal itu ia tunjukkan pada musim 1998/1999 ketika pemain asal Prancis tersebut mengukir 17 gol di Premier League. Ia pun langsung diberi penghargaan PFA Young Player of the Year. Sayang, di akhir musim Anelka memutuskan hengkang ke Real Madrid.

4. Cesc Fabregas

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the YearCesc Fabregas (skysports.com)

Cesc Fabregas sudah membuktikan kehebatannya sebagai maestro di lini tengah bahkan sejak ia masih remaja. Permainan cantiknya pada musim 2007/2008 hampir membawa Arsenal juara Liga Inggris. Mereka hanya terpaut empat poin dari Manchester United.

Pemain asal Spanyol tersebut total mengukir tujuh gol dan sembilan belas assist yang membuatnya menjadi PFA Young Player of the Year. Namun, Fabregas kemudian memutuskan hengkang ke Barcelona pada 2011.

5. Jack Wilshere

5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the YearJack Wilshere (skysports.com)

Jack Wilshere merupakan salah satu pemain muda yang punya prospek cerah bersama Arsenal. Ia bahkan dipercaya tampil sebanyak 35 laga oleh Arsene Wenger pada musim 2011/2012. 

Wilshere pun menunjukkan kemampuan olah bolanya yang begitu menyihir mata para penonton. Bahkan, ia mendapat gelar PFA Young Player of the Year musim itu. Sayang, cedera membuat kariernya kian menurun. Wilshere kini bermain di Liga Denmark bersama AGF.

Kelima pemain Arsenal tersebut mampu membuktikan kelasnya meskipun masih berusia sangat muda. Akankah Bukayo Saka menjadi penerus mereka musim ini?

Sumber: https://www.planetfootball.com/quick-reads/arsenal-young-player-year-winners-fabregas-anelka-wilshere/

Baca Juga: 5 Peraih Young Player of The Year Chelsea yang Tampil di EPL Musim Ini

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya