Comscore Tracker

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Ada yang tak dimainkan lagi

Debut Saul Niguez bersama Chelsea kemarin bisa dibilang cukup buruk meski timnya berhasil menang 3-0 melawan Aston Villa. Padahal, para pendukung Chelsea berekspektasi cukup besar mengingat penampilannya yang sangat solid kala membela Atletico Madrid.

Namun, waktu masih panjang bagi Saul untuk membuktikan kualitas sebenarnya. Seperti para pemain ini yang juga menjalani debut yang cukup buruk bagi timnya. Meskipun beberapa adalah nama besar, akhirnya mereka kembali menemukan permainan terbaiknya. Berikut lima pemain Liga Inggris dengan debut terburuk sepanjang sejarah.

1. Rio Ferdinand

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga InggrisRio Ferdinand (sportsmole.co.uk)

Rio Ferdinand sempat menjadi bek termahal di dunia ketika didatangkan Leeds United dari West Ham United pada musim 2000. Kala itu Leeds harus mengeluarkan dana senilai £18 juta atau setara dengan Rp351 miliar untuk mendaratkannya ke Ellan Road.

Laga melawan Leicester City pun menjadi ujian pertama baginya. Namun, ia terlihat kesulitan pada debutnya. Alhasil The Foxes mampu menaklukkan Leeds dengan skor 3-1. Setelahnya, bek asal Inggris itu mampu tampil gemilang dan meraih sukses besar kala menerima tawaran Manchester United.

2. Patrice Evra

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga InggrisPatrice Evra (90min.com)

Patrice Evra langsung dihadapkan pada derby Manchester pada debutnya di Liga Inggris bersama Manchester United. Bermain di Maine Road, ia dipercaya Sir Alex Ferguson untuk tampil sejak menit pertama. Sayangnya, City justru unggul dua gol lewat sontekan Trevor Sinclair dan Darius Vassell.

Akibat permainan buruknya ini, Evra pun ditarik keluar oleh Ferguson saat turun minum. Kejadian itu cukup membuat Evra terpukul hingga membuatnya sakit dan tertekan keesokan paginya. Namun, setelahnya pemain asal Prancis ini membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu bek kiri terbaik di dunia.

Baca Juga: 8 Pemain Top yang Pernah Membela Manchester United dan West Ham United

3. Joe Cole

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga InggrisJoe Cole (goal.com)

Joe Cole mendarat ke Anfield usai tujuh musim berseragam Chelsea pada tahun 2010. Performanya yang cukup baik bersama The Blues membuat Liverpool dinilai cerdik saat merekrutnya. Namun, itu semua berakhir dengan mimpi buruk pada laga debutnya melawan Arsenal.

Meski diturunkan sejak menit awal, ia harus mandi lebih cepat akibat terkena kartu merah usai melanggar Laurent Koscielny dengan cukup keras pada babak pertama. Tak seperti Evra dan Ferdinand, karier Cole cenderung menurun usai kepindahannya ke Anfield akibat dilanda beberapa cedera.

4. Thiago Silva

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga InggrisThiago Silva (goal.com)

Thiago Silva merupakan salah satu bek tengah terbaik saat Chelsea mendatangkannya dari PSG pada tahun 2020 lalu. Dengan segudang pengalamannya, ia bahkan dipercaya menjabat sebagai kapten bagi The Blues. Ujian pertamanya adalah menghadapi West Bromwich Albion.

Meski hanya melawan tim promosi, Chelsea justru tertinggal tiga gol lebih dulu dari The Baggies. Bahkan, gol kedua West Brom terjadi akibat kesalahan dari Thiago Silva. Walau Chelsea akhirnya bangkit dan berhasil menahan imbang 3-3, itu masih menjadi debut yang memalukan bagi pemain Timnas Brazil tersebut.

5. Alex Jankewitz

5 Pemain dengan Debut Terburuk Sepanjang Sejarah Liga InggrisAlex Jankewitz (theathletic.com)

Setiap pemain selalu ingin menampilkan kesan yang baik saat menjalani debut bagi tim barunya. Namun, apa yang terjadi pada Alex Jankewitz justru sebaliknya. Menghadapi Manchester United di Old Trafford, ia hanya merumput selama 79 detik setelah terkena kartu merah akibat tekel kerasnya kepada Scott McTominay.

Kartu merah itu pun membuat Southampton seperti kehilangan arah permainan. Hal itu pun membuat The Saints harus rela gawangnya dijebol sembilan kali oleh pasukan Ole Gunnar Solskjaer. Usai laga itu Jankewitz tak pernah lagi diturunkan oleh Soton dan harus rela dijual ke Young Boys pada akhir musim.

 

Meski menjalani debut yang bisa dibilang buruk, ada juga yang mampu bangkit dan meraih berbagai kesuksesan bersama klubnya. Memang kita tak bisa menilai pemain dari satu pertandingan saja.

Baca Juga: Bikin Malu, Ini 5 Pemain dengan Penampilan Debut Terburuk Musim Ini

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya