Comscore Tracker

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk Braithwaite

Ada peraih Ballon d'Or!

Denmark merupakan negara kecil yang terletak di Benua Eropa, dan merupakan salah satu negara Scandinavian. Meskipun wilayahnya dan jumlah penduduknya tak terlalu besar, soal sepak bola Denmark juga tak mau kalah.

Terbukti mereka mampu menembus semifinal Piala Eropa 2020 lalu, bahkan pada Piala Eropa 1992 mereka mampu menjadi juara usai mengalahkan Jerman. Para pemain Denmark pun banyak yang mengembara ke berbagai klub top Eropa, tak terkecuali Barcelona.

Salah satu nama yang cukup terkenal adalah Michael Laudrup, yang juga salah satu pemain terbaik Denmark sepanjang masa. Selain Laudrup, berikut lima pemain Denmark yang pernah membela Barcelona.

1. Allan Simonsen

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk BraithwaiteAllan Simonsen (uefa.com)

Allan Simonsen bukanlah nama kaleng-kaleng saat Barcelona merekrutnya dari Borussia Monchengladbach pada tahun 1979. Sebab, ia merupakan peraih gelar Ballon d'Or pada tahun 1977. Simonsen juga sukses membawa Gladbach 3 kali juara Bundesliga dan 1 kali meraih DFB Pokal.

Tiga musim bermain di Camp Nou, Simonsen mampu membawa Blaugrana merengkuh 1 titel Copa del Rey pada tahun 1981 dan 1 Piala Winners usai mengalahkan Standard Liege di final semusim berselang. Bersama timnas Denmark, Simonsen pernah memainkan 55 laga dengan catatan 20 gol.

2. Michael Laudrup

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk BraithwaiteMichael Laudrup (planetfootball.com)

Michael Laudrup merupakan salah satu legenda Barcelona yang bermain dari musim 1989 hingga 1994. Ia merupakan salah satu pemain bintang di bawah asuhan Johan Cruyff, yang menghasilkan banyak trofi. Sebut saja 4 gelar La Liga, 1 Copa del Rey, dan 1 Piala Champions.

Namun, Laudrup justru pindah ke Real Madrid usai pergi dari Barcelona. Di sana ia memainkan dua musim dan sukses memberi 1 gelar La Liga.

Bersama timnas Denmark ia bermain sebanyak 104 pertandingan dan mencetak 37 gol. Usai pensiun Laudrup meneruskan kariernya sebagai pelatih. Terakhir ia membesut Al-Rayyan pada tahun 2018.

Baca Juga: Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelona

3. Thomas Christiansen

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk BraithwaiteThomas Christiansen (twitter.com/FCBarcelonaFI)

Setelah memulai karier di beberapa klub Denmark, Christiansen akhirnya bergabung dengan Barcelona B pada musim 1991 ketika berusia 19 tahun. Ia kemudian dipromosikan ke tim senior pada musim 1993.

Namun, ia sangat jarang diturunkan dan hanya bermain di ajang Copa del Rey. Christiansen lebih sering dipinjamkan selama tiga musim di Camp Nou. Setelah itu, kariernya cenderung meredup dan kerap kali berganti tim di La Liga dan Bundesliga.

Ia akhirnya mengakhiri kariernya sebagai pemain pada musim 2006 saat membela Hannover 96. Christiansen selanjutnya meniti karier sebagai pelatih, kini ia tengah menjadi pelatih untuk Timnas Panama.

4. Ronnie Ekelund

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk BraithwaiteRonnie Ekelund (marca.com)

Karier Ronnie Ekelund bisa dibilang hampir sama dengan Thomas Christiansen selama membela Barcelona. Mengawali kariernya bersama Barcelona B pada musim 1992, ia kemudian promosi ke tim senior, namun kesulitan untuk bersaing dengan banyaknya nama hebat, macam Michael Laudrup, Romario, hingga Hristo Stoichkov.

Ekelund hanya tercatat bermain tiga laga saja selama berkarier di Camp Nou, selebihnya ia lebih banyak dipijamkan ke berbagai tim Liga Inggris. Ekelund kemudian kembali ke Denmark pada musim 1996 bersama Odense Boldklub, sebelum akhirnya mengakhiri kariernya di klub California Cougars yang bermain di Amerika Serikat.

5. Martin Braithwaite

5 Pemain Denmark yang Pernah Membela Barcelona, Termasuk BraithwaiteMartin Braithwaite (fcbarcelonalatestnews.com)

Martin Braithwaite menjadi pemain Denmark terbaru yang berkostum Barcelona. Kariernya sendiri terbilang biasa saja sembelum berlabuh ke Camp Nou. Braithwaite lebih banyak bermain untuk tim kecil seperti Toulouse, Middlesbrough, dan Leganes. Namun, hal tersebut tak membuat Blaugrana ragu untuk mendatangkannya senilai Rp301 miliar.

Memang, saat itu Barcelona tak punya banyak pilihan di lini depan setelah ditinggal Luis Suarez ke Atletico Madrid. Meski kontribusi golnya terbilang minim, namun ia masih bisa memberi 1 gelar Copa del Rey. Kala membela timnas Denmark, ia juga sukses menembus semifinal Piala Eropa 2020.

 

Meski berkesempatan membela salah satu tim terbaik di dunia, namun tak semua pemain tersebut bisa meraih kesuksesan bersama Barcelona. Lantas, akankah nanti ada pemain Denmark lain yang direkrut Blaugrana?

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela Barcelona

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya