5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPL

Harry Kane ungguli Alan Shearer

Harry Kane baru saja memecahkan rekor gol English Premier League (EPL) setelah mencetak dua gol ke gawang Crystal Palace pada pekan ke-19. Raihan brace Kane tersebut membuatnya telah mengukir 198 gol dari 300 pertandingan.

Kane memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang mantan penyerang Newcastle United dan Blackburn Rovers, Alan Shearer. Selain mereka berdua, berikut deretan pemain tertajam setelah melakoni 300 penampilan di English Premier League.

1. Robbie Fowler – 140 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPLRobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Debut Robbie Fowler bersama Liverpool berlangsung fantastis ketika ia mampu mencetak 12 gol dari 13 penampilan pertamanya. Bahkan, tak ada pemain lain yang mencetak lebih banyak gol darinya sebelum berusia 21 tahun, yakni 64 gol.

Dirinya merupakan salah satu penyerang dengan insting gol tertajam yang dimiliki The Reds. Meskipun ketajamannya menurun di penghujung kariernya, Fowler masih menempati urutan kedelapan sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah English Premier League.

2. Michael Owen – 146 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPLMichael Owen (liverpoolfc.com)

Setelah Robbie Fowler, Liverpool kembali menemukan penyerang berbakat dalam diri Michael Owen. Ia merupakan pemain pertama dan satu-satunya yang menjadi top skor EPL ketika belum genap berusia 20 tahun, yakni pada musim 1997/1998 dengan 18 gol.

Penampilan Owen membuat Liverpool mendapat beberapa trofi, seperti Piala FA, Piala Liga, hingga Piala UEFA. Bahkan, Owen berhasil meraih Ballon d'Or setelah musim yang brilian pada 2000/2001. Sayang, cedera membuat penampilan Owen semakin menurun.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Liverpool di Bursa Transfer Musim Dingin EPL

3. Andy Cole – 151 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPLAndy Cole (premierleague.com)

Andy Cole mulai memperlihatkan kemampuannya pada musim 1993/1994 ketika ia membawa Newcastle United yang baru promosi menempati urutan ketiga. Ia bahkan menyabet gelar top skor dengan 34 gol.

Cole bahkan menjadi pemain tercepat yang mencetak 50 gol di EPL dengan hanya 65 pertandingan. Pemain asal Inggris tersebut kemudian meneruskan kariernya bersama Manchester United dan menikmati berbagai trofi bergengsi.

4. Alan Shearer – 196 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPLAlan Shearer (premierleague.com)

Alan Shearer merupakan top skor sepanjang masa English Premier League dengan 260 gol. Ia juga menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang mampu mencetak lebih dari 30 gol dalam satu musim. 

Peraih tiga gelar Golden Boot tersebut bahkan sempat membawa Blackburn Rovers menjuarai English Premier League pada musim 1994/1995. Shearer juga merupakan pemain tersubur yang pernah bermain bagi Newcastle United dengan koleksi 206 gol.

5. Harry Kane – 198 gol

5 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak setelah 300 Laga di EPLHarry Kane (premierleague.com)

Rekor 196 gol dari 300 pertandingan milik Alan Shearer sepertinya sulit untuk dipecahkan, tetapi brace ke gawang Crystal Palace membuat Harry Kane mengungguli torehan Shearer. Hal itu membuatnya jadi pemain dengan gol terbanyak di EPL setelah melakoni 300 laga.

Koleksi 15 golnya musim ini hanya kalah dari penyerang Manchester City, Erling Haaland. Kini ia hanya butuh dua gol lagi untuk mengikuti jejak Wayne Rooney dan Alan Shearer yang punya koleksi lebih dari 200 gol di EPL.

 

Ketajaman kelima pemain tersebut tak perlu diragukan lagi dengan banyaknya gol yang telah mereka cetak. Lantas, apakah rekor milik Kane akan berhasil dipecahkan atau bertahan cukup lama?

Baca Juga: 5 Negara yang Pernah Dibobol Harry Kane di Piala Dunia, Ada Prancis! 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya