Comscore Tracker

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the Year

Phil Foden jadi yang terbaru

PFA Young Player of the Year merupakan penghargaan bagi pemain muda terbaik di English Premier League (EPL). Sejak diadakan pertama kali pada 1973/1974, sudah ada banyak nama hebat yang meraih gelar ini.

Di antara sekian banyak nama tersebut, hanya lima pemain yang mampu meraihnya dua kali beruntun. Catatan ini berhasil diteruskan Phil Foden yang kembali terpilih sebagai PFA Young Player of the Year 2022.

1. Ryan Giggs (1992 dan 1993)

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the YearRyan Giggs (skysports.com)

Manchester United mampu mengorbitkan beberapa pemain muda berbakat pada 1992, yang lebih dikenal sebagai Class of 92. Salah satu nama yang bersinar saat itu adalah Ryan Giggs.

Pemain berkebangsaan Wales tersebut mampu menyihir mata para penonton ketika menyisir sisi sayap. Giggs juga menjadi pemain pertama yang mampu mempertahankan gelar PFA Young Player of the Year secara beruntun.

2. Robbie Fowler (1995 dan 1996)

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the YearRobbie Fowler (skysports.com)

Robbie Fowler tampil mengesankan pada 1994/1995. Ia mampu mencetak 31 gol di semua kompetisi untuk Liverpool. Fowler bahkan menjadi pencetak hattrick tercepat dalam sejarah Premier League sebelum dipecahkan Sadio Mane. Tak heran ia dianugerahi gelar PFA Young Player of the Year saat itu.

Semusim berselang, penampilan Fowler makin berkembang. Kali itu, ia mengukir 36 gol di semua kompetisi. Hal itu membuatnya mempertahankan gelar PFA Young Player of the Year.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Pernah Meraih Gelar PFA Young Player of the Year

3. Wayne Rooney (2005 dan 2006)

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the YearWayne Rooney (skysports.com)

Wayne Rooney melakoni debut di Premier League bersama Everton sejak usianya masih 16 tahun. Penampilannya yang kian menawan membuat Manchester United membelinya pada 2004.

Debutnya di Old Trafford berbuah manis. Rooney meraih trofi PFA Young Player of the Year berkat torehan tujuh belas gol di semua kompetisi. Musim berikutnya, ia mampu mempertahankan gelarnya tersebut. Kali itu, ia mencatatkan sembilan belas gol di semua kompetisi.

4. Dele Alli (2016 dan 2017)

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the YearDele Alli (skysports.com)

Penampilan Dele Alli memang terlihat menurun dalam 2 musim ke belakang. Terlebih sejak kepindahannya ke Everton. Ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat ini. Padahal Alli sempat jadi pemain penuh potensi pada usia mudanya bersama Tottenham Hotspur.

Hal itu terbukti dengan raihan dua gelar PFA Young Player of the Year pada 2016 dan 2017. Pada 2016, pemain berkebangsaan Inggris tersebut mampu melesakkan delapan belas gol di Premier League. Semusim berselang, ia mengukir empat belas gol di semua kompetisi.

5. Phil Foden (2021 dan 2022)

5 Pemain Ini Mampu Mempertahankan Gelar PFA Young Player of the YearPhil Foden (premierleague.com)

Phil Foden berhasil meraih gelar PFA Young Player of the Year 2022 setelah tampil impresif bersama Manchester City. Raihan ini makin sempurna karena ia berhasil membawa Manchester City menjuarai Premier League secara dramatis.

Capaian ini sekaligus mengulangi penampilan gemilangnya musim lalu, yang berbuah gelar serupa. Dengan usia yang masih 21 tahun, peluang Foden untuk kian berkembang terus terbuka.

Kelima pemain tersebut mampu menampilkan permainan yang begitu memukau meskipun masih berusia muda. Mereka terbukti mampu mempertahankan gelar PFA Young Player of the Year.

Baca Juga: 5 Peraih Young Player of The Year Chelsea yang Tampil di EPL Musim Ini

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya