5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala Dunia

Ada Fernando Torres dan Pepe Reina

Sebagai salah satu klub besar di English Premier League, Liverpool sering kali menyumbang pemain untuk tampil di Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2022 ini, terdapat tujuh pemain The Reds yang membela negaranya masing-masing.

Dari sekian banyak pemain Liverpool yang dipanggil negaranya bermain di Piala Dunia, tak semuanya mampu meraih gelar juara dunia. Berikut kelima pemain yang mampu menjadi juara dunia ketika bermain untuk Liverpool. Siapa saja?

1. Roger Hunt

5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaRoger Hunt (liverpoolfc.com)

Roger Hunt merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool, di mana ia mampu melesakkan 285 gol dari 492 penampilannya bagi The Reds. Hunt berada di urutan kedua top skor Liverpool sepanjang masa di bawah Ian Rush.

Penampilannya tersebut membuat dipanggil Sir Alf Ramsey untuk mengisi satu tempat di skuad Inggris ketika menjuarai Piala Dunia 1966. Hunt selalu dipercaya untuk mengisi posisi penyerang utama Inggris dengan koleksi tiga gol sepanjang turnamen.

2. Ian Callaghan

5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaIan Callaghan (twitter.com/England)

Ian Callaghan masih memegang rekor sebagai pemain Liverpool dengan penampilan terbanyak, yakni 857 pertandingan. Sama seperti Hunt, Callaghan juga termasuk skuad juara Inggris pada Piala Dunia 1966.

Namun, Callaghan hanya tercatat sekali tampil di fase grup menghadapi Prancis. Uniknya, Callaghan harus menunggu selama 41 tahun untuk meraih medali Piala Dunia miliknya. Sebab, ketika itu hanya 11 pemain yang tampil di final yang mendapat medali.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Pernah Juara Piala Dunia

3. Gerry Byrne

5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaGerry Byrne (thefa.com)

Satu lagi pemain Liverpool yang masuk skuad The Three Lions ketika mereka menjuarai Piala Dunia 1966 adalah Gerry Byrne. Namun, Byrne tak sekalipun dimainkan oleh Sir Alf Ramsey sepanjang turnamen yang digelar di Inggris tersebut.

Sama seperti Callaghan dan beberapa pemain Inggris lainnya, Byrne harus menunggu cukup lama untuk mendapat medali Piala Dunia miliknya. Byrne sendiri menghabiskan seluruh karier sepak bolanya dengan membela Liverpool.

4. Pepe Reina

5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaPepe Reina menjadi juara Piala Dunia 2010 bersama Spanyol. (twitter.com/PReina25)

Sejak dibeli dari Villarreal pada 2005, Pepe Reina tak pernah tergantikan di bawah mistar gawang Liverpool. Ketangguhannya dalam mengawal jala gawang membuatnya masuk skuad Spanyol pada Piala Dunia 2010.

Sayang, ia tak mampu bersaing dengan Iker Casillas yang jadi pilihan utama Vicente del Bosque. Meskipun tak sekalipun turun pada Piala Dunia 2010, Reina tetap berhak mendapat medali juara.

5. Fernando Torres

5 Pemain Liverpool yang Mampu Raih Trofi Piala DuniaFernando Torres meraih trofi Piala Dunia 2010 bersama Spanyol. (twitter.com/Torres)

Fernando Torres menikmati tahun-tahun terbaiknya selama menjadi pesepak bola ketika membela Liverpool. Torres ketika itu menjelma menjadi salah satu penyerang ganas yang ditakuti para lawannya. 

Namun, kiprahnya di Piala Dunia 2010 terbilang kurang memuaskan meski ia berhasil membawa Spanyol merengkuh trofi juara. Torres tak sekalipun menjebol gawang lawan yang membuat Vicente del Bosque lebih memilih memasang David Villa.

 

Kelima pemain tersebut mampu membawa negaranya meraih trofi Piala Dunia. Mereka juga merupakan legenda Liverpool yang telah berkontribusi atas kesuksesan tim asal Merseyside tersebut.

Baca Juga: Para Pemain yang Juara Piala Dunia ketika Membela Manchester United

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya