9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun Ini

Ada Haaland hingga Oblak

Piala Eropa akan berlangsung pada bulan Juni hingga Juli nanti. Seperti edisi-edisi sebelumnya, pada gelaran kali ini, ajang sepak bola paling besar di Benua Biru ini dihuni bintang-bintang yang mempunyai banderol mahal. Mereka juga yang nantinya akan menjadi pemain kunci bagi negaranya.

Namun, meskipun berharga mahal, beberapa pemain berikut justru tak mampu membawa negaranya lolos ke putaran final Piala Eropa. Padahal, mereka kerap berperan penting bagi klub yang dibelanya. Berikut sembilan pemain mahal yang gagal tampil pada Piala Eropa tahun ini.

1. Stefan Savic - £22 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniStefan Savic (sempreinter.com)

Nama pertama ada pemain yang membela Atletico madrid, Stefan Savic. Bek asal Serbia ini menjadi pemain kunci timnya musim ini yang sukses mengakhiri musim sebagai kampiun LaLiga. Ia tampil solid dan jarang diganti oleh Diego Simeone.

Sayangnya keberhasilannya itu tak tertular kala ia bermain untuk Timnas Serbia. Serbia harus puas menyaksikan tim lain berlaga dari depan layar televisi. Padahal, bek ini dihargai relatif tinggi hingga mencapai Rp382 miliar.

2. Nikola Milenkovic - £25,2 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniNikola Milenkovic (football.london)

Nikola Milenkovic digadang-gadang sebagai pemain muda yang berpotensi bersinar di ajang Piala Eropa. Sayangnya Serbia harus mengubur mimpinya ketika dikalahkan Skotlandia pada laga penentu di babak kualifikasi.

Baru berusia 23 tahun, gelandang milik Fiorentina ini menjadi andalan di lini belakang tim berkostum ungu itu. Tak heran jika akan banyak tim besar yang mengincarnya. Milenkovic pun dipagari Fiorentina dengan harga yang cukup tinggi, yakni Rp438 miliar.

3. Kostas Manolas - £28,8 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniKostas Manolas (90min.com)

Skuad Yunani tak sehebat kala mereka menjadi juara pada tahun 2004. Meskipun saat itu mereka juga tak dihuni banyak nama-nama besar, mereka sukses mengejutkan publik dengan menjadi juara.

Dengan tak lolosnya Negeri Para Dewa tersebut ke Piala Eropa tahun ini, Kostas Manolas pun urung tampil di Euro 2020. Padahal, dengan harga tingginya ia selalu menjadi pemain penting bagi Napoli. Tim lain yang mengincar jasanya pun harus menebus dengan harga Rp501 miliar.

4. Filip Kostic - £28,8 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniFilip Kostic (earlygame.com)

Satu lagi pemain mahal asal Serbia yang harus mengubur mimpinya tampil di Piala Eropa. Kali ini ada nama Filip Kostic yang merupakan pemain Eintracht Frankfurt.

Pemain yang berposisi sebagai sayap ini gagal membawa Serbia lolos pada babak kualifikasi. Padahal, ketika di klub ia selalu berhasil tampil menawan dengan membawa Frankfurt finis di posisi kelima Bundesliga. Harganya pun melejit hingga mencapai angka Rp501 miliar.

Baca Juga: 10 Potret Keren Filip Kostic, Bintang Eintracht Frankfurt Asal Serbia

5. Martin Odegaard - £36 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniMartin Odegaard (forbes.com)

Martin Odegaard sempat menjadi perbincangan ketika direkrut Real Madrid di usia sangat muda. Namun, Odegaard mulai menemukan bentuk permainannya ketika membela Arsenal musim ini. Tak heran jika klub lain yang mau meminangnya harus menyiapkan dana sebesar Rp626 miliar.

Sayangnya ia harus rela tak dapat ambil bagian dalam Piala Eropa tahun ini. Norwegia yang merupakan tempat kelahirannya tak mampu lolos dari babak kualifikasi.

6. Miralem Pjanic - £36 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniMiralem Pjanic (fcbarcelonanoticias.com)

Dengan harga tinggi yang mencapai Rp626 miliar, Pjanic tak mampu membawa Bosnia masuk ke Piala Eropa musim ini. Timnya harus kalah dari Irlandia Utara pada laga playoff babak kualifikasi.

Padahal, ketika membela klubnya, mulai dari Roma, Juventus, hingga Barcelona, ia selalu tampil bagus. Meskipun begitu, skuad yang dimiliki Bosnia tahun ini memang jauh dari kata bagus.

7. Sergej Milinkovic-Savic - £63 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniSergej Milinkovic-Savic (thelaziali.com)

Cukup mengherankan memang melihat Serbia tak mampu ambil bagian pada Piala Eropa tahun ini. Padahal, jika melihat dari skuadnya, mereka merupakan salah satu yang tergolong mahal. Seperti Sergej Milinkovic-Savic, gelandang asal Lazio ini memiliki harga yang sangat mahal, yakni mencapai Rp1,095 triliun berkat penampilan bagusnya bersama Lazio.

8. Jan Oblak - £81 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniJan Oblak (beinsports.com)

Oblak menjadi tembok kokoh bagi Atletico Madrid musim ini. Berkat penampilannya itu, Atleti mampu menjadi juara LaLiga setelah menunggu selama tujuh tahun. Hal tersebut melambungkan harga jualnya menjadi Rp1,409 triliun.

Sayang, ia tak mampu membawa Slovenia lolos ke Piala Eropa tahun ini. Hal ini disebabkan selain dirinya bintang Slovenia hanya Samir Handanovic yang juga berposisi sama dengan Oblak.

9. Erling Haaland - £99 juta

9 Pemain Berharga Mahal yang Gagal Tampil pada Piala Eropa Tahun IniErling Haaland (tycsports.com)

Dengan gagalnya Norwegia lolos ke babak final Piala Eropa, kalian tak akan melihat penampilan Haaland. Pemain satu ini memang menjadi pemain muda potensial saat ini.

Bersama Dortmund ia sukses melesakkan 27 gol pada Bundesliga musim ini. Hal ini pun membuat ia menjadi incaran klub-klub besar musim depan. Namun, mereka harus menyiapkan dana yang sangat besar sebab Dortmund mematoknya seharga Rp1,722 triliun.

 

Meskipun punya pemain berharga mahal, bukan jaminan suatu negara akan lolos dengan mudah ke Piala Eropa. Sepak bola adalah permainan tim dan apa pun bisa terjadi selama 90 menit waktu berjalan.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Bakal Absen di Euro 2020, Haaland Salah Satunya!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya