5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9

Ada Obafemi Martins hingga Alan Shearer

Newcastle United merupakan salah satu klub yang cukup bersejarah bagi publik Inggris. Nomor punggung 9 Newcastle yang kini menjadi milik Calum Wilson juga bisa dibilang menjadi salah satu nomor paling ikonik.

Sejak era Premier League, deretan pemain hebat sempat mengenakan nomor ini. Namun, tak jarang ada pemain yang dicap gagal ketika menggunakannya. Berikut lima pemain terbaik Newcastle United yang pernah mengenakan nomor punggung 9 di era Premier League.

1. Obafemi Martins

5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9Obafemi Martins (skysports.com)

Pada tahun 2006, Newcastle mendapat kabar buruk ketika Michael Owen mengalami cedera. Hal itu membuat The Magpies merekrut Obafemi Martins yang sebelumnya bermain cukup solid bersama Inter Milan.

Bahkan, Martins dipercaya mewarisi nomor 9 yang sebelumnya dipakai oleh Alan Shearer yang memutuskan pensiun. Penampilan Martins pun cukup baik dengan mengemas 28 gol di Liga Inggris selama tiga musim pengabdiannya.

2. Papiss Cisse

5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9Papiss Cisse (skysports.com)

Momen tak terlupakan Papiss Cisse bersama Newcastle tentu saja ketika ia mencetak gol cantik ke gawang Chelsea pada 2012. Saat itu ia tak terhentikan dengan mengemas 13 gol dari 14 penampilannya.

Duetnya di lini depan bersama Demba Ba turut membawa tim yang saat itu diasuh Alan Pardew bertengger di peringkat kelima klasemen akhir. Cisse bertahan di St. James Park hingga 2016 ketika ia memutuskan hijrah ke Liga Super China bersama Shandong Luneng.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Newcastle United ke Klub Inggris Lain

3. Les Ferdinand

5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9Les Ferdinand (skysports.com)

Sebagai seorang striker, tak ada yang meragukan kualitas seorang Les Ferdinand. Usai tampil tajam bersama Queens Park Rangers, Ferdinand kemudian memilih merapat ke Newcastle United pada 1995.

Di musim pertamanya, Ferdinand langsung menyabet gelar PFA Players' Player of the Year. Meskipun hanya bertahan selama dua musim, Ferdinand sukses mengemas 50 gol dalam 84 penampilan.

4. Andy Cole

5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9Andy Cole (nufc.co.uk)

Pada dekade '90-an Newcastle seperti tak pernah kehabisan penyerang berbakat. Sebelum Ferdinand, mereka lebih dulu memiliki Andy Cole. Pada 1993/1994, Cole didapuk sebagai top skor Premier League usai melesakkan 34 gol.

Ketajaman Cole tersebut kemudian memancing minat Manchester United yang kemudian memboyongnya pada 1995. Kepindahannya kala itu juga memecahkan rekor transfer termahal di tanah Britania.

5. Alan Shearer

5 Pemain Terbaik Newcastle United yang Menggunakan Nomor Punggung 9Alan Shearer (nufc.co.uk)

Pemilik nomor punggung 9 terbaik Newcastle United di era Premier League sepertinya masih dipegang oleh Alan Shearer. Bagaimana tidak, Shearer masih memegang rekor gol terbanyak sepanjang masa Premier League dengan 260 gol.

Meskipun tak pernah meraih gelar bergengsi ketika membela The Magpies, Shearer tetap menjadi penyerang kesayangan para fans. Bahkan, nomor punggung 9 begitu melekat dengan Shearer hingga saat ini.

 

Nomor punggung 9 di Newcastle terbukti sukses dipakai oleh para penyerang tajam mereka. Akankah magis nomor ini berhasil membuat Calum Wilson menampilkan performa terbaiknya?

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Incaran Newcastle United pada Musim Panas 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya