5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari Eredivisie

Ada Ruud van Nistelrooy yang kini jadi pelatih PSV Eindhoven

Manchester United baru saja mendatangkan Antony dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas 2022. Itu merupakan pembelian ketiga MU dari Eredivisie setelah Lisandro Martinez dan Tyrell Malacia.

The RedDevils tercatat cukup sering mendatangkan pemain dari kompetisi kasta tertinggi sepak bola Belanda tersebut. Bahkan, beberapa di antaranya menjelma menjadi bintang.

Berikut lima pemain pertama yang didatangkan Manchester United dari Eredivisie.

1. Raimond van der Gouw

5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari EredivisieRaimond van der Gouw (manutd.com)

Raimond van der Gouw didatangkan Manchester United dari Vitesse pada 1996 sebagai pelapis Peter Schmeichel. Ia sempat menjadi kiper utama ketika Schmeichel hengkang dari Old Trafford pada 1999.

Sayangnya, penampilannya di bawah mistar tak terlalu baik dan sering melakukan blunderAlhasil, van der Gouw kembali ke bangku cadangan ketika Manchester United mendatangkan Fabien Barthez.

2. Jaap Stam

5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari EredivisieJaap Stam (manutd.com)

Jaap Stam merupakan salah satu pemain kunci ketika Manchester United meraih treble winner pada 1998/1999. Bek tengah yang dibeli dari PSV Eindhoven tersebut memang terkenal sangat tangguh dan ditakuti para penyerang lawan.

Sir Alex Ferguson justru menjualnya ke Lazio pada 2001. Penjualan tersebut merupakan salah satu yang paling disesali Ferguson sepanjang kariernya sebagai pelatih Manchester United. Sebab, Stam masih bisa meraih beberapa trofi bagi AC Milan dan Ajax.

Baca Juga: Stam: Ten Hag Bakal Sukses di Man United, tapi Ada Syaratnya

3. Ruud van Nistelrooy

5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari EredivisieRuud van Nistelrooy (manutd.com)

Ruud van Nistelrooy merupakan salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Manchester United era English Premier League. Sir Alex Ferguson mendatangkannya dari PSV Eindhoven setelah Nistelrooy dua kali beruntun menjadi top skor Eredivisie.

Nistelrooy pun tak mengalami kesulitan ketika bermain di Inggris. Ia bahkan langsung menyabet gelar top skor EPL pada musim pertamanya dengan catatan 25 gol. Nistelrooy mencetak 150 gol dari 219 penampilannya selama bermain di Old Trafford.

4. Park Ji Sung

5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari EredivisiePark Ji Sung (twitter.com/premierleague)

Satu lagi pemain PSV Eindhoven yang menarik perhatian Sir Alex Ferguson. Ia adalah Park Ji Sung. Pemain asal Korea Selatan tersebut akhirnya mendarat di Old Trafford pada 2005.

Penampilannya yang cukup spartan di lini tengah membuatnya dicintai para pendukung The Red Devils. Park Ji Sung total mengecap 203 penampilan dan mempersembahkan 4 gelar Liga Inggris serta 1 trofi Liga Champions, sebelum hengkang ke Queens Park Rangers pada 2012.

5. Andreas Pereira

5 Pemain Pertama yang Didatangkan Manchester United dari EredivisieAndreas Pereira (manutd.com)

Setelah pembelian Park Ji Sung, Manchester United cukup lama tak mendatangkan pemain dari Eredivisie. Hingga pada 2012, mereka mendatangkan Andreas Pereira, lagi-lagi dari PSV Eindhoven.

Tak seperti para pendahulunya yang bisa dikatakan sukses, Pereira tak mampu menembus skuad utama Manchester United. Ia lebih sering dipinjamkan ke berbagai klub, mulai dari Granada hingga Flamengo. Kini, Pereira resmi meninggalkan Old Trafford untuk bergabung dengan Fulham.

Manchester United punya beberapa bintang yang mereka beli dari klub Eredivisie. Dua dari lima pemain pertama yang didatangkan Manchester United dari Eredivisie cukup sukses. Akankah Antony dan Lisandro Martinez mampu meneruskan jejak para seniornya tersebut?

Baca Juga: 5 Striker Terbaik Manchester United Usai Ditinggal Ruud van Nistelrooy

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya