Comscore Tracker

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala Dunia

Goncalo Ramos jadi nama teranyar

Fernando Santos tak memasang Cristiano Ronaldo sebagai starter pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar melawan Swiss. Apalagi setelah sang megabintang menunjukkan gestur kurang baik ketika diganti pada laga melawan Korea Selatan.

Santos pun memasang Goncalo Ramos sebagai juru gedor Portugal. Keputusan tersebut tak salah karena sang pemain mampu mencetak hattrick dan membawa timnya melaju ke perempat final.

Dengan torehan tersebut, Goncalo Ramos mengikuti jejak tiga pendahulunya yang mencetak hattrick di Piala Dunia.

1. Eusebio jadi pemain Portugal pertama yang cetak hattrick di Piala Dunia

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala DuniaEusebio (twitter.com/FIFAWorldCup)

Portugal berhasil merebut tempat ketiga ketika tampil sebagai debutan di Piala Dunia 1966 di Inggris. Salah satu kunci permainan menawan Portugal adalah kehadiran Eusebio yang begitu tajam di depan gawang lawan.

Eusebio berhak meraih gelar top skor turnamen setelah mencetak sembilan gol. Ia juga jadi pemain Portugal pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia. Eusebio memborong empat gol ketika timnya menekuk Korea Utara 5-3 di perempat final.

2. Pauleta borong tiga gol ketika Portugal tundukkan Polandia di Piala Dunia 2002

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala DuniaPauleta mencetak hattrick ke gawang Polandia pada Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Portugal memang tak mampu lolos dari fase grup Piala Dunia 2002. Mereka dua kali menelan kekalahan dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. Satu-satunya kemenangan yang mereka dapat adalah saat berjumpa Polandia.

Pada pertandingan tersebut, Portugal tak memberikan Polandia kesempatan mengembangkan permainan. Lesakkan 3 gol dari Pauleta serta tambahan 1 gol dari Rui Costa membuat Portugal mengamankan 3 poin.

Baca Juga: 10 Fakta Goncalo Ramos, Striker Pengganti Ronaldo yang Cetak Hattrick

3. Cristiano Ronaldo jadi pencetak hattrick tertua dalam sejarah Piala Dunia

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala DuniaCristiano Ronaldo mencetak hattrick ke gawang Spanyol pada Piala Dunia 2018. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Portugal bertemu Spanyol dalam pertandingan fase grup Piala Dunia 2018. Cristiano Ronaldo langsung membuka keunggulan Portugal ketika tendangan penaltinya tak mampu ditepis David De Gea.

Ronaldo kemudian mencetak hattrick dengan tambahan dua gol. Torehan tersebut membuatnya menjadi pencetak hattrick tertua pada usia 33 tahun 130 hari. Sayang, Portugal gagal menang usai Spanyol membalas tiga gol dari Diego Costa dan Nacho.

4. Goncalo Ramos jadi bintang dalam laga melawan Swiss

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala DuniaGoncalo Ramos mencetak hattrick pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Swiss. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Didapuk sebagai pengganti Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos tak diduga mampu tampil mengesankan. Pemain milik Benfica tersebut sukses mencetak hattrick dalam kemenangan 6-1 atas Swiss.

Catatan tersebut membuatnya jadi debutan pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia sejak Miroslav Klose pada 2002. Ia juga jadi pencetak hattrick pertama pada fase gugur sejak Tomas Skuhravy pada 1990.

5. Portugal akan menjamu Maroko di perempat final

4 Pemain Portugal yang Pernah Cetak Hattrick di Piala DuniaMaroko melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai kalahkan Spanyol (twitter.com/FIFAWorldCup)

Setelah mengadang laju Swiss dengan penampilan yang mengesankan, Portugal sudah ditunggu Maroko pada babak perempat final. Maroko tak bisa diremehkan karena mereka mampu memulangkan tim kuat, Spanyol.

Dengan debut yang gemilang di Piala Dunia, Fernando Santos sepertinya akan kembali memainkan Goncalo Ramos sebagai starter. Jika berhasil menang atas Maroko, maka Portugal sudah ditunggu pemenang antara Inggris dan Prancis di semifinal.

Goncalo Ramos yang didapuk sebagai pengganti Cristiano Ronaldo mampu tampil mengesankan dengan mencetak hattrick melawan Swiss. Ia pun meneruskan jejak para seniornya yang lebih dahulu melakukan hal serupa.

Baca Juga: Goncalo Ramos, Wonderkid yang Bikin Ronaldo Terdiam di Bangku Cadangan

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya