5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds United

Ada Vinnie Jones hingga Jimmy Floyd Hasselbaink

Chelsea dan Leeds United merupakan dua tim dengan sejarah besar di sepak bola Inggris. Keduanya juga banyak menghasilkan pemain berbakat yang kemudian bersinar di Liga Inggris.

Tak jarang, keduanya pun beberapa kali melakukan pertukaran pemain. Berikut lima pemain terbaik yang pernah berseragam Chelsea dan Leeds United.

1. Tony Dorigo

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds UnitedTony Dorigo (leeds-live.co.uk)

Meskipun menjadi pemain terbaik Chelsea pada musim pertamanya di London Barat. Dorigo harus rela melihat timnya terdegradasi ke Second Division. Tak butuh waktu lama, The Blues kembali dibawanya promosi semusim berselang.

Pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut tercatat tampil sebanyak 180 kali sebelum merapat ke Leeds United pada 1991. Dorigo turut berjasa ketika Leeds berhasil menjuarai Liga Inggris 1991/1992. Rentetan cedera kemudian membuatnya hijrah ke Torino usai bermain selama enam musim di Ellan Road.

2. Vinnie Jones

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds UnitedVinnie Jones (skysports.com)

Vinnie Jones menarik perhatian Leeds United ketika ia mampu membawa Wimbledon mengejutkan Liverpool untuk memenangi Piala FA 1988. Jones bermain selama dua musim di Ellan Road dan membawa Leeds kembali promosi ke First Division.

Usai tak lagi menjadi pilihan utama, Jones sempat berlabuh ke Sheffield United sebelum bergabung dengan Chelsea pada 1991. Pemain asal Wales tersebut bermain dalam 52 pertandingan sebelum pulang ke Wimbledon.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Ini Direkrut Leeds United dengan Harga Mahal

3. David Rocastle

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds UnitedDavid Rocastle (twitter.com/ChelseaFC)

Performa terbaik David Rocastle terjadi saat ia berkostum Arsenal. The Gunners kala itu dibawanya dua kali menjuarai Liga Inggris. Ia pun menjadi sosok yang banyak diidolakan para pendukung Arsenal.

Pada 1992, Rocastle memutuskan hengkang menuju Leeds United. Sayang, kariernya tak terlalu gemilang akibat serangkaian cedera. Begitu pula ketika ia berkostum Chelsea selama dua musim. Hal itu membuatnya pensiun di usia yang masih 31 tahun.

4. Tore Andre Flo

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds UnitedTore Andre Flo (skysports.com)

Tore Andre Flo didatangkan Chelsea dari klub Norwegia, Brann, pada 1997. Sebagai seorang predator, Flo total mencetak 50 gol selama empat musim pengabdiannya. Ia juga turut membawa The Blues meraih masing-masing satu gelar Piala FA, Piala Winners, dan Piala Liga.

Flo kemudian sempat membela beberapa klub usai meninggalkan Stamford Bridge, termasuk Leeds United pada 2006. Sayang, ia hanya mampu mencetak 4 gol dari 24 pertandingan dan Leeds harus turun ke kasta ketiga.

5. Jimmy Floyd Hasselbaink

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Leeds UnitedJimmy Floyd Hasselbaink (skysports.com)

Jimmy Floyd Hasselbaink pertama kali menginjakkan kakinya di tanah Britania pada 1997 ketika Leeds membelinya dari Boavista. Tak butuh waktu lama, di musim keduanya Hasselbaink menyabet gelar top skor usai mengemas 18 gol.

Sempat berkelana ke LaLiga bersama Atletico Madrid, Hasselbaink kemudian kembali ke Inggris untuk membela Chelsea. Pemain asal Belanda tersebut menyabet gelar top skor keduanya usai mencetak 23 gol pada 2000/2001. 

 

Ternyata cukup banyak pemain hebat yang pernah berseragam Leeds United dan Chelsea. Tak heran, jika kedua tim tersebut beberapa kali memanaskan persaingan papan atas di Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan Barcelona

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya