7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

Ada Thibaut Courtois hingga Alvaro Morata

Big match akan terjadi di LaLiga ketika Real Madrid akan menjamu rival sekota mereka, Atletico Madrid, di Santiago Bernabeu pada senin dini hari (13/12/2021). Real Madrid tengah berada dalam tren positif dengan memuncaki klasemen sementara, di sisi lain Atletico harus bangkit setelah pekan lalu ditundukkan Mallorca.

Meskipun keduanya merupakan rival, namun tak jarang kedua klub tersebut bertukar pemain. Di laga nanti, Thibaut Courtois akan kembali melawan mantan timnya yang pernah ia bawa juara LaLiga musim 2013/2014. Berikut tujuh pemain terbaik yang pernah berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid.

1. Hugo Sanchez

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridHugo Sanchez (marca.com)

Hugo Sanchez merupakan salah satu striker tajam dalam sejarah LaLiga. Penyerang asal Meksiko ini telah mencatatkan 234 gol dan menjadi urutan keempat top skor sepanjang masa LaLiga, di bawah Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Telmo Zarra. Sanchez juga pernah lima kali menyabet gelar top skor.

Sanchez sendiri pertama kali merumput di Spanyol pada 1981 usai Atletico Madrid membelinya dari klub Meksiko, UNAM. Bersama Los Rojiblancos ia sukses mencatatkan 54 gol dari 111 kali tampil di liga. Ia juga turut mempersembahkan trofi Copa del Rey pada musim 1983/1984.

Usai empat musim membela Atletico, ia kemudian berlabuh ke Santiago Bernabeu pada 1985. Bersama El Real, kariernya terbilang lebih sukses dengan raihan 5 gelar LaLiga, 1 Copa del Rey, dan 1 UEFA Cup. Ia mengakhiri petualangannya di Spanyol pada 1992 dengan kembali ke Meksiko untuk membela America.

2. Bernd Schuster

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridBernd Schuster (marca.com)

Bernd Schuster sempat membuat kontroversi ketika ia memutuskan pindah ke Real Madrid dari Barcelona pada tahun 1988. Dalam dua musim bersama Los Blancos, Schuster sukses memberikan 2 gelar LaLiga dan 1 trofi Copa del Rey.

Pada 1990, ia kembali membuat keputusan mengejutkan ketika memutuskan bergabung dengan Atletico Madrid. Kali ini, gelandang asal Jerman ini mampu membawa Atletico dua kali menjuarai Copa del Rey. Setelah pensiun ia juga sempat menjadi pelatih bagi Real Madrid.

3. Santiago Solari

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridSantiago Solari (marca.com)

Santiago Solari direkrut Atletico Madrid dari klub Argentina, River Plate, pada tahun 1998 dan langsung menjadi andalan di sektor lini tengah Los Rojiblancos. Sayang, pada musim 1999/2000 mereka harus terdegradasi ke Segunda Division setelah hanya menempati peringkat ke-19.

Ia pun langsung direkrut Vicente del Bosque yang kala itu tengah menukangi Real Madrid. Lima musim bermain untuk Los Blancos, Solari sukses memberikan 2 gelar LaLiga dan 1 trofi Liga Champions.

Ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Inter Milan. Sama seperti Schuster, Solari juga sempat menjadi pelatih Real Madrid.

Baca Juga: 5 Pemain yang Membela Atletico Madrid dalam Dua Periode, Ada Griezmann

4. Raul Gonzalez

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridRaul Gonzalez (skysports.com)

Meskipun merupakan legenda Real Madrid dengan 741 penampilan dan 325 gol atas namanya, rupanya Raul justru mengawali karier di usia mudanya bersama Atletico Madrid. Pada 1992, ia kemudian memutuskan pindah ke Real Madrid kala usianya masih 15 tahun.

Bersama Los Blancos, karier Raul langsung meroket. Bahkan ia dipercaya menjabat sebagai kapten tim.

Raul juga telah membawa pulang berbagai gelar ke Santiago Bernabeu, termasuk 6 gelar LaLiga dan 3 trofi Liga Champions. Raul kemudian meninggalkan Real Madrid pada 2010 untuk berkostum Schalke.

5. Juanfran

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridJuanfran (skysports.com)

Juanfran merupakan salah satu pemain kunci kala Atletico Madrid dilatih Diego Simeone. Di mana ia memainkan peran krusial sebagai bek kanan dengan sangat baik. Atletico pun dibawanya meraih gelar LaLiga pada musim 2013/2014 dan dua kali menembus partai final Liga Champions.

Namun, tak banyak yang tahu ternyata Juanfran pertama kali mengawali kariernya untuk tim rival sekota mereka, Real Madrid, pada 2005. Sayang, kala itu ia gagal bersaing di tengah deretan pemain bintang di era Galacticos. Alhasil ia pun hanya bertahan dua musim sebelum pindah ke Espanyol.

6. Thibaut Courtois

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridThibaut Courtois (skysports.com)

Thibaut Courtois mulai menjadi salah satu kiper yang diperhitungkan banyak orang ketika Atletico Madrid meminjamnya dari Chelsea pada 2011. Ia pun menjadi tembok kokoh di garis pertahanan terakhir Atletico dan sukses membawa mereka menjuarai LaLiga pada musim 2013/2014.

Berkat penampilannya itu, Chelsea kemudian memanggilnya kembali usai musim 2013/2014 berakhir. Dua kali membawa Chelsea merajai Premier League membuat Real Madrid kepincut dan akhirnya membeli Courtois pada 2018. Hingga kini, ia masih menjadi penjaga gawang utama Los Blancos.

7. Alvaro Morata

7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico MadridAlvaro Morata (skysports.com)

Alvaro Morata memulai debutnya di LaLiga bersama Real Madrid pada 2010. Empat musim bersama Real Madrid kariernya tak kunjung bersinar hingga kemudian ia memutuskan berlabuh ke Juventus. Namun, usai dua musim ia justru kembali ke Santiago Bernabeu.

Karier Morata sempat meredup ketika ia berseragam Chelsea, Atletico Madrid pun kemudian meminjamnya pada 2018 sebelum mempermanenkannya semusim berselang. Kini, ia justru kembali dipinjamkan ke Juventus.

 

Ketujuh pemain tersebut mempunyai kisahnya tersendiri ketika membela sesama klub asal ibu kota Spanyol tersebut. Menarik untuk menyaksikan siapa yang akan menjadi pemenang dalam derby Madrid nanti?

Baca Juga: 3 Fakta Kunci Jelang Laga Real Madrid vs Atletico Madrid

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya