Comscore Tracker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham United

Ada Joe Cole hingga Frank Lampard

Kota London memiliki banyak klub sepak bola hebat, salah satunya adalah Chelsea dan West Ham United. Kedua tim kerap bertemu di berbagai pertandingan liga dan turnamen, meski di atas kertas, prestasi dan materi pemain dari Chelsea jelas lebih unggul dibanding West Ham.

Menariknya, ada beberapa pemain yang pernah membela kedua tim tersebut. Berikut lima pemain terbaik yang pernah berseragam Chelsea dan West Ham United. Siapa saja?

1. Demba Ba

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham UnitedDemba Ba (football365.com)

Demba Ba dibeli West Ham dari Hoffenheim pada Januari 2011. Kala itu, Ba dikontrak demi membuat The Hammers bertahan di Premier League. Sayangnya, meski ia mampu mencetak 7 gol dari 12 laga. Timnya tetap terdegradasi ke Divisi Championship.

Sempat membela Newcastle United, Chelsea kemudian merekrutnya pada 2013. Momen tak terlupakannya selama membela The Blues tentu saja golnya ke gawang Liverpool yang memanfaatkan kesalahan Steven Gerrard. Namun, Ba hanya bertahan satu musim di Stamford Bridge sebelum dilepas ke Besiktas.

2. Scott Parker

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham UnitedScott Parker (skysports.com)

Scott Parker dibeli Chelsea dari Charlton Athletic dan menjadi salah satu pembelian pertama di era Roman Abramovich. Namun, ia hanya bertahan selama dua musim saja karena tak sanggup bersaing dengan Claude Makelele dan Frank Lampard.

Parker kemudian sempat berkostum Newcastle United sebelum menerima pinangan West Ham. Bersama The Hammers kariernya membaik dan terpilih menjadi pemain terbaik klubnya pada tahun 2009 dan 2011. Bahkan ia pernah mendapat gelar FWA Footballer of The Year meski West Ham harus terdegradasi di akhir musim.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea Era Mourinho yang Melanjutkan Karier sebagai Pelatih

3. Glen Johnson

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham UnitedGlen Johnson (whatculture.com)

Glen Johnson merupakan produk asli akademi West Ham yang debut untuk tim senior pada 2002. Namun, saat itu ia hanya memainkan 15 laga saja. Chelsea yang melihat potensinya kemudian merekrutnya pada 2003.

Ia awalnya cukup dipercaya oleh pelatih Chelsea saat itu, Claudio Ranieri. Namun, kedatangan Jose Mourinho dan Paulo Ferreira membuatnya tak lagi jadi pilihan utama.

Johnson sendiri sempat memberikan gelar Premier League di musim 2004/2005. Ia kemudian melanjutkan kariernya dengan membela Portsmouth, Liverpool, hingga Stoke City sebelum pensiun pada 2018.

4. Joe Cole

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham UnitedJoe Cole (skysports.com)

Sama seperti Glen Johnson, Joe Cole juga merupakan binaan akademi West Ham. Tak seperti Johnson, ia sempat menjadi andalan The Hammers pada medio 1998 hingga 2003.

Bahkan ia ditunjuk sebagai kapten tim meski usianya masih 21 tahun. Bakatnya ini pun kemudian tercium oleh Chelsea yang baru saja dibeli oleh Roman Abramovich.

Bersama dengan Johnson, Cole kemudian resmi berkostum biru London pada 2003. Kariernya di Stamford Bridge terbukti lebih baik dari rekannya tersebut. Di mana Cole mampu mencatatkan 280 penampilan untuk Chelsea di semua kompetisi sebelum berlabuh ke Liverpool pada 2010.

5. Frank Lampard

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea dan West Ham UnitedFrank Lampard (skysports.com)

Satu lagi produk West Ham yang bisa dibilang memiliki karier yang gemilang. Lampard sendiri debut untuk tim senior West Ham pada 1994 dan perlahan mulai dipercaya menjadi salah satu pilihan di lini tengah. Dari 187 penampilan ia sukses membukukan 37 gol.

Berkat kemampuannya tersebut, Chelsea pun meliriknya di tahun 2001. Tak butuh waktu lama baginya untuk menunjukkan kelasnya.

Terbukti selama 13 musim berkostum The Blues ia telah meraih 3 gelar Liga Inggris, 4 Piala FA, dan 1 trofi Liga Champions. Ia bahkan sempat dipercaya menjadi pelatih Chelsea sebelum digantikan Thomas Tuchel.

 

Kelima pemain tersebut mempunyai kisahnya masing-masing ketika membela West Ham dan Chelsea. Beberapa di antaranya sangat berpengaruh bagi klub yang dibela.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong West Ham United, Siapa Saja?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya