5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan Everton

Ada Wayne Rooney hingga Romelu Lukaku

Manchester United dan Everton merupakan dua tim tradisional Liga Inggris yang bisa dibilang sukses. Manchester United sudah 20 kali mengangkat trofi juara Liga Inggris, sedangkan Everton 9 kali meraihnya. Sejak era Premier League kedua tim ini juga sama sekali belum pernah terdegradasi.

Meski kini Everton bukanlah penantang juara, mereka kerap kali menyulitkan para tim big six. Sementara itu, Manchester United saat ini tengah menantikan trofi Liga Inggris pertama sejak kepergian Sir Alex Ferguson. Menariknya, kedua tim ini beberapa kali saling bertukar pemain, berikut lima pemain terhebat yang pernah membela Manchester United dan Everton.

1. Andrei Kachelskis

5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan EvertonAndrei Kanchelskis (thesefootballtimes.co)

Andrei Kanchelskis didatangkan ke Manchester United dari Shakhtar Donetsk pada tahun 1991 oleh Sir Alex Ferguson. Pemain asal Rusia tersebut dengan cepat beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris yang dikenal keras. Kanchelskis juga merupakan salah satu pemain kunci saat United mengangkat trofi Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 26 tahun pada musim 1992/1993.

Setelah empat musim meraih kesuksesan bersama setan merah, Kanchelskis kemudian memutuskan pergi ke Everton karena merasa kurang diapresiasi. Bersama The Toffees, Kanchelskis sukses mencetak 20 gol hanya dalam 52 pertandingan. Termasuk dua golnya ke gawang rival sekota mereka, Liverpool, saat timnya menang 2-1. Ia hanya dua musim bersama Everton dan kemudian hijrah ke Serie A bersama Fiorentina.

2. Phil Neville

5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan EvertonPhil Neville (mirror.co.uk)

Phil Neville merupakan bagian dari class of '92 yang berisikan pesepak bola muda berbakat, macam David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, Nicky Butt, hingga sang kakak, Gary Neville. Mereka merupakan tulang punggung The Red Devils pada dekade '90 hingaa 2000-an. Phil memenangkan 6 gelar Liga Inggris, 3 Piala FA, dan 1 trofi Liga Champions.

Namun, ia akhirnya pergi ke Everton pada tahun 2005 setelah kesulitan mendapatkan tempat utama. Meski tak meraih trofi apa pun dalam delapan tahun bersama The Toffees, Phil menjadi legenda klubnya dengan mencatatkan 303 penampilan. Ia bahkan menjabat sebagai kapten tim.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Manchester United Vs Everton

3. Wayne Rooney

5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan EvertonWayne Rooney (90min.com)

Wayne Rooney merupakan produk asli akademi Everton dan memulai debutnya di tim senior pada usia 16 tahun musim 2002. Ketajamannya sudah terlihat walau ia saat itu masih remaja. Bahkan, ia adalah yang mengakhiri 30 pertandingan tak terkalahkan milik Arsenal dengan golnya di menit akhir pertandingan.

Sir Alex Ferguson pun terkesima dengan bakatnya dan kemudian merekrutnya pada tahun 2004. Usai bergabung dengan United ia langsung meraih gelar golden boy dan PFA Young Player of The Year dua tahun berturut-turut. Setelah itu Rooney dicap sebagai predator tajam di gawang lawan dan menjadi pemain kedua setelah Alan Shearer yang mencetak 200 gol di Liga Inggris.

Usai meraih banyak kesuksesan bersama Setan Merah, Rooney kemudian memutuskan kembali ke Everton pada tahun 2017. Ia hanya semusim di Goodison Park sebelum memutuskan ke Amerika Serikat untuk membela DC United. Kini ia menjabat sebagai pelatih Derby County.

4. Louis Saha

5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan EvertonLouis Saha (skysports.com)

Louis Saha datang ke Manchester United pada tahun 2004 usai menghabiskan empat musim gemilang bersama Fulham. Debutnya sebenarnya cukup baik dengan catatan 7 gol dari 12 laga. Namun, kedatangan Wayne Rooney membuat posisinya mulai terancam. Sebelumnya mereka juga telah mempunyai Ruud van Nistelrooy dan Ole Gunnar Solskjaer sebagai juru gedor.

Meski beberapa kali dihantam cedera, pria asal Prancis ini masih mampu mencetak 42 gol dari 124 penampilan bersama Setan Merah. Usai menjuarai Liga Champions pada tahun 2008, ia kemudian memutuskan berlabuh ke Everton. Meski masih berkutat dengan cedera, ia cukup sukses selama di Everton. Termasuk ketika mencetak gol tercepat dalam sejarah final Piala FA ketika waktu baru berjalan 25 detik. Meski pada akhirnya timnya harus mengakui keunggulan Chelsea.

5. Romelu Lukaku

5 Pemain Terhebat yang Pernah Membela Manchester United dan EvertonRomelu Lukaku (premierleague.com)

Karier sepak bola Lukaku bisa dibilang cukup menarik, Meski ia sering mencetak banyak gol, ia tak pernah bertahan cukup lama untuk satu tim. Ketika bersama Chelsea, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain, salah satunya adalah ke Everton. saat itu Lukaku tampil tajam dengan mencetak 87 gol untuk The Toffees.

Manchester United yang tengah mencari penyerang haus gol, kemudian mengontraknya pada tahun 2017. Walau cukup subur dengan catatan 42 gol dari 92 pertandingan, ia kemudian dijual ke Inter Milan dua musim bersealang. Kini ia kembali ke Liga Inggris bersama Chelsea usai membawa Inter meraih gelar scudetto.

 

Para pemain tersebut bisa dikatakan memiliki karier yang cukup bagus selama membela kedua tim tersebut. Ada yang mencetak banyak gol hingga menjadi legenda klubnya masing-masing.

Baca Juga: 7 Pemain Terkuat di FIFA 22, Romelu Lukaku Hingga Akinfenwa!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya