9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen Klopp

Akankah Sadio Mane jadi yan selanjutnya?

Kabar kepergian Sadio Mane dari Anfield tentu sangat disayangkan oleh para pendukung Liverpool. Selama ini Mane bersama Mohamed Salah dan Roberto Firmino selalu menjadi trio andalan di lini depan The Reds.

Namun, performa Mane yang mengkilap bersama Liverpool juga tak lepas dari peran Jurgen Klopp. Mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut dikenal mampu mengorbitkan seorang pemain menjadi bintang di tim yang diasuhnya.

Bahkan, Klopp tak jarang mampu mengeluarkan potensi terbaik dari pemain tersebut yang seakan hilang ketika mereka membela tim lain. Berikut sembilan pemain yang kariernya semakin meredup ketika memutuskan berpisah dengan Jurgen Klopp.

1. Mario Gotze

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppMario Gotze (skysports.com)

Mario Gotze merupakan talenta muda luar biasa ketika masih membela Borussia Dortmund yang saat itu diasuh Jurgen Klopp. Bahkan, Dortmund dibawanya dua kali menjuarai Bundesliga dan masuk final Liga Champions pada 2013. Permainan cemerlang Gotze tersebut kemudian menarik minat Bayern Munchen yang kemudian membajaknya dari Signal Iduna Park.

Meskipun sempat menjadi pahlawan Piala Dunia 2014 bersama Timnas Jerman dan menjuarai berbagai trofi bersama Munchen, performa Gotze dianggap tak lagi sebaik ketika masih berseragam Dortmund. Sempat kembali ke Dortmund, pemain berusia 29 tahun tersebut memutuskan untuk hengkang ke Eredivisie bersama PSV Eindhoven.

2. Philippe Coutinho

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppPhilippe Coutinho (skysports.com)

Philippe Coutinho merupakan salah satu pemain termahal di dunia ketika ia memutuskan pindah dari Liverpool menuju Barcelona. Keputusan ini sebenarnya sempat disayangkan oleh para pendukung The Reds karena Coutinho merupakan pemain terbaik mereka saat itu.

Namun, berkat penjualan Coutinho yang begitu mahal, Liverpool mampu mendatangkan Virgil van Dijk dan Alisson Becker. Karier Coutinho sendiri justru meredup saat bermain di Camp Nou. Kini ia kembali bermain di Liga Inggris bersama Aston Villa.

3. Georginio Wijnaldum

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppGeorginio Wijnaldum (skysports.com)

Giorginio Wijnaldum merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Klopp di Liverpool. Namun, pemain berusia 31 tahun tersebut memutuskan untuk hengkang ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021.

Namun, kepindahan pemain asal Belanda tersebut menuju Paris justru membuat penampilannya menurun. Ia bahkan mendapat kritikan cukup tajam dari pendukung PSG dan cukup sering turun dari bangku cadangan. 

4. Xherdan Shaqiri

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppXherdan Shaqiri (skysports.com)

Meskipun perannya di Liverpool tak terlalu besar, Xherdan Shaqiri mampu menjadi pelapis yang cukup solid di lini tengah. Shaqiri dibeli oleh Klopp dari Stoke City pada 2018 ketika tim tersebut terdegradasi. Sebelumnya, pemain asal Swis tersebut juga sempat membela beberapa tim besar, seperti Bayern Munchen dan Inter Milan

Shaqiri memutuskan keluar dari Anfield pada 2021 menuju Lyon usai tiga musim membela Liverpool. Namun, Shaqiri gagal menunjukkan performa impresif dan menit bermainnya sangat minim. Saat ini ia bermain di Major League Soccer bersama Chicago Fire.

5. Philipp Degen

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppPhilipp Degen (skysports.com)

Philipp Degen merupakan seorang bek kanan yang cukup solid selama bermain untuk Borussia Dortmund dari 2005 hingga 2008. Namun, cedera yang menimpanya membuatnya harus hengkang ketika Klopp baru saja menukangi Dortmund.

Ia kemudian sempat membela Liverpool selama tiga musim. Sayangnya, cedera kembali membuatnya lebih sering berada di ruang perawatan. Degen sempat bermain untuk VFB Stuttgart dan FC Basel sebelum memutuskan pensiun pada 2016.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Borussia Dortmund dari Sesama Klub Bundesliga

6. Felipe Santana

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppFelipe Santana (skysports.com)

Felipe Santana sempat terlibat perseteruan dengan Jurgen Klopp ketika keduanya membela Borussia Dortmund. Santana merasa geram dan ingin hengkang karena ia mulai jarang mendapat menit bermain.

Santana kemudian benar-benar pergi dari Signal Iduna Park pada 2013 menuju Schalke. Namun, karier keduanya justru sangat bertolak belakang sejak berpisah. Klopp mengecap banyak kesuksesan bersama Liverpool, sementara Santana semakin meredup.

7. Shinji Kagawa

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppShinji Kagawa (skysports.com)

Shinji Kagawa sempat menjadi bintang ketika ia bekerja sama dengan Jurgen Klopp di Borussia Dortmund. Pemain berkewarganegaraan Jepang tersebut tak dapat menolak ketika tim sebesar Manchester United berniat memboyongnya.

Namun, selama dua musim penuh bermain di Old Trafford, Kagawa kesulitan untuk bersaing. Meski begitu, Kagawa sempat menorehkan sebuah hattrick sebelum kembali ke pangkuan Dortmund. Saat ini Kagawa bermain bersama Sint-Truidense di Liga Belgia.

8. Nuri Sahin

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppNuri Sahin (skysports.com)

Satu lagi pemain yang bersinar di bawah asuhan Klopp ketika bermain untuk Borussia Dortmund adalah Nuri Sahin. Keputusannya untuk menerima pinangan Real Madrid pun menjadi kesalahan baginya.

Sahin tercatat hanya tampil sebanyak sepuluh kali bagi raksasa Spanyol tersebut. Pemain asal Turki tersebut sempat dipinjamkan ke Liverpool dan kembali membela Dortmund tetapi kariernya tak kunjung membaik.

9. Emre Can

9 Pemain yang Performanya Menurun setelah Berpisah dengan Jurgen KloppEmre Can (skysports.com)

Keputusan Emre Can menerima tawaran Juventus pada 2018 mungkin cukup disesali oleh Emre Can. Pemain asal Jerman tersebut gagal tampil gemilang selama dua musim bermain untuk La Vecchia Signora.

Padahal, sebelumnya ia bermain bagus bersama Liverpool di bawah arahan Jurgen Klopp. Kini, pemain berusia 28 tahun tersebut memutuskan bermain di Bundesliga bersama Borussia Dortmund.

 

Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih yang mampu mengeluarkan potensi terbaik dari seorang pemain. Hal itu terbukti ketika sembilan pemain tersebut kariernya justru meredup setelah berpisah dengan Klopp.

Baca Juga: 5 Final Kompetisi Eropa yang Dilakoni Jurgen Klopp, Lebih Sering Kalah

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya