Comscore Tracker

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia Dortmund

Ada Manuel Akanji hingga Erling Haaland

Manchester City sukses mendatangkan dua penggawa Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2022, yakni Erling Haaland dan Manuel Akanji. Kehadiran keduanya pun dianggap memperkuat tim asuhan Pep Guardiola tersebut.

Sebelum dua nama tersebut, Manchester City dan Borussia Dortmund beberapa kali bertukar pemain. Berikut lima pemain yang pernah berseragam Manchester City dan Borussia Dortmund.

1. Sergio Gomez

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia DortmundSergio Gomez (twitter.com/BlackYellow)

Sergio Gomez menjadi penyerang lain yang didaratkan Pep Guardiola sebagai pelapis bagi Erling Haaland. Pemain asal Spanyol tersebut melakoni debutnya ketika menggantikan Erling Haaland pada laga melawan Crystal Palace.

Gomez sebelumnya merupakan produk La Masia, yang kemudian hijrah ke Borussia Dortmund pada 2018. Tak mendapat tempat bersama Dortmund membuat Gomez pindah ke Anderlecht, sebelum merapat ke Etihad Stadium.

2. Manuel Akanji

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia DortmundManuel Akanji (twitter.com/ManCity)

Manuel Akanji menjadi tembok kokoh di barisan belakang Borussia Dortmund sejak dibeli dari klub Swis, FC Basel, pada 2018. Akanji merupakan tipe bek modern yang bisa bermain dengan baik menggunakan kedua kakinya.

Melihat penampilannya yang menawan, Pep Guardiola akhirnya merekrutnya untuk menambah kekuatan lini belakang Manchester City. Usianya yang sudah matang membuat Akanji tak akan kesulitan menghalau para penyerang berkualitas di English Premier League (EPL).

Baca Juga: 5 Catatan Hebat Erling Haaland Selama Berseragam Borussia Dortmund

3. Jadon Sancho

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia DortmundJadon Sancho (bundesliga.com)

Jadon Sancho merupakan pemain binaan akademi Manchester City yang hengkang ke Borussia Dortmund pada 2017. Keputusannya itu terbilang tepat karena Sancho begitu berkembang ketika tampil bersama Die Borussen.

Manchester United yang kepincut akan pesonanya rela membayar mahal untuk mendatangkan Sancho. Ia pun kini bermain untuk rival utama Manchester City di kasta tertinggi Liga Inggris.

4. llkay Guendogan

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia DortmundIlkay Guendogan (mancity.com)

Ilkay Guendogan merupakan salah satu pemain yang berhasil diorbitkan oleh Jurgen Klopp ketika masih bermain untuk Borussia Dortmund. Guendogan punya peran krusial ketika mengantar Dortmund menjuarai Bundesliga Jerman, DFB Pokal, dan mencapai final Liga Champions Eropa 2013.

Pada 2016, Guendogan memulai petualangan barunya di EPL ketika menerima pinangan Manchester City. Di bawah asuhan Pep Guardiola, Guendogan jadi sosok penting di lini tengah. Ia bahkan dipercaya menjabat sebagai kapten tim saat ini.

5. Erling Haaland

5 Pemain yang Pernah Berseragam Manchester City dan Borussia DortmundErling Haaland (twitter.com/BVBBuzz)

Erling Haaland langsung menjadi sensasi ketika bergabung dengan Manchester City. Ia mampu membuktikan ketajamannya dengan mencetak 10 gol hanya dari 6 pertandingan pertamanya.

Ketajaman Haaland memang sudah terlihat sejak masih berseragam Borussia Dortmund. Pemain asal Norwegia tersebut menjelma menjadi penyerang haus gol. Haaland juga sempat menjadi top skor Liga Champions 2020/2021 dengan sepuluh gol.

Menariknya, empat nama di atas saat ini masih berseragam Manchester City. Sedangkan, Jadon Sancho memilih untuk bergabung dengan rival sekota Manchester City, Manchester United.

Baca Juga: 5 Pemain Bergabung ke Borussia Dortmund pada Musim Panas 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya