10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade Terakhir

Kontribusinya tak sebanding dengan harganya

Barcelona merupakan klub yang cukup bergelimang trofi dalam sepuluh tahun terakhir. Hal tersebut tak lepas dari peran akademi mereka, La Masia yang kerap kali menyumbang pemain-pemain berbakat. Sebut saja Messi, Xavi, hingga Iniesta yang menjadi tulang punggung permainan mereka. 

Mengingat Barcelona merupakan salah satu klub dengan pemasukan terbesar di dunia, tak heran mereka kerap membeli banyak pemain mahal. Namun, tak semuanya tampil sesuai dengan ekspektasi besar yang dibebankan pada mereka. Seperti sepuluh pemain ini yang merupakan pembelian terburuk Barcelona dalam satu dekade terakhir.

1. Douglas Santos

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirDouglas Santos (torcedores.com)

Mungkin tak banyak yang tahu siapa Douglas Santos, pemain ini dikontrak Barcelona pada 2014 dan pergi tahun 2019 lalu. Selama periode tersebut, ia total hanya memainkan tiga laga saja. Pemain berposisi bek kanan ini lebih sering dipinjamkan ke tim lain, seperti Sporting Gijon, Benfica, dan Sivasspor.

Meski begitu, sepertinya Barcelona tak terkesan oleh penampilannya selama masa peminjamannya. Akhirnya ia dilepas ke Besiktas, di sana pun ia kesulitan untuk tampil sebagai pemain inti. Hal ini membuat Douglas Santos menjadi salah satu pembelian terburuk Barcelona.

2. Thomas Vermaelen

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirThomas Vermaelen (90min.com)

Vermaelen awalnya dibeli Barcelona dari Arsenal untuk menggantikan posisi Carles Puyol yang memutuskan pensiun pada akhir musim 2013/2014. Mantan kapten The Gunners ini dibeli seharga €17,5 juta atau sekitar Rp298 miliar untuk memperkuat barisan belakang Blaugrana.

Namun, cedera menjadi masalah pemain yang satu ini. Hal tersebut membuatnya absen cukup panjang selama ia membela Barcelona. Total dari 2014 hingga 2019, ia hanya membuat 34 penampilan saja. Hal yang tak sebanding dengan harganya, kini pemain asal Belgia ini membela klub Jepang, Vissel Kobe.

3. Matheus Fernandes

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirMatheus Fernandes (torcedores.com)

Mungkin ini merupakan salah satu pembelian paling tidak penting sepanjang sejarah Barcelona. Sebab setelah dibeli seharga €10 juta atau sekitar Rp170 miliar dari Palmeiras pada tahun 2020 lalu, ia tak berkontribusi apapun untuk tim asal Catalan ini. 

Gelandang berusia 23 tahun ini tercatat hanya pernah tampil selama 17 menit pada laga melawan Dynamo Kyiv di babak grup Liga Champions. Semusim berselang, kontraknya diputus oleh Barcelona dan kini ia kembali ke Brasil untuk membela Palmeiras.

4. Ousmane Dembele

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirOusmane Dembele (planetfootball.com)

Ousmane Dembele hanya mampu tampil sebanyak 118 kali untuk Barcelona dalam empat tahun akibat bermasalah dengan cedera. Ia tak mampu mengisi kekosongan yang ditinggal Neymar, apalagi ia dibeli dengan harga cukup tinggi, yakni mencapai €105 juta atau hampir senilai Rp1,8 triliun.

Musim lalu sebetulnya ia cukup sering tampil untuk Blaugrana di La Liga, yakni sebanyak 30 kali dan mencetak enam gol. Namun, itu tentunya tak sebanding dengan harga selangit yang dikeluarkan Barcelona ke Borussia Dortmund untuk memboyong juara Piala Dunia 2018 bersama Prancis ini.

5. Arda Turan

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirArda Turan (goal.com)

Arda Turan merupakan salah satu pemain kunci Atletico Madrid kala mereka menjuarai La Liga musim 2013/2014 dan juga masuk ke final Liga Champions tahun 2014. Barcelona pun memboyongnya ke Camp Nou dengan harga €34 juta atau sekitar Rp580 miliar.

Meskipun gelandang asal Turki ini pernah mengukir hattrick di Liga Champions pada tahun 2016, namun pada tahun 2017 ia sama sekali tak pernah tampil untuk Barca, bahkan semusim berselang ia dipinjamkan ke İstanbul Başakşehir.

Akhirnya pada tahun 2020, ia resmi dilepas ke Galatasaray seharga €650 ribu atau hanya sekitar Rp11 miliar saja, sangat jauh dari harga belinya.

Baca Juga: Pindah dari Barcelona, 5 Pemain Aktif Ini Hengkang ke Klub LaLiga Lain

6. Alex Song

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirAlex Song (bleacherreport.com)

Pembelian Alex Song dari Arsenal pada 2012 lalu memang tergolong aneh. Gelandang asal Kamerun ini dibeli Barcelona seharga €17.5 juta Rp298 miliar untuk menjadi pelapis ideal bagi Sergio Busquets.

Namun, penampilan Song sama sekali tak sebanding dengan harga yang dikeluarkan Barcelona. Akhirnya ia dilepas pada musim 2016 ke Rubin Kazan, setelah itu karier pemain berusia 33 tahun ini terus menurun. Saat ini, ia tercatat tampil untuk klub Djibouti, Arta/Solar7.

7. Andre Gomes

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirAndre Gomes (barcablaugranes.com)

Andre Gomes tak pernah memenuhi ekspektasi Barcelona sejak dibeli dari Valencia pada tahun 2016 lalu. Ia dikontrak usai membawa Portugal menjadi juara Piala Eropa musim itu. Barcelona dibuat terkesan dengan umpan dan pergerakan gelandang satu ini yang dinilai cocok dengan permainan mereka.

Ia bahkan sempat diplot untuk menggantikan Andres Iniesta yang mulai termakan usia. Sayang, penampilannya tak sesuai ekspektasi tinggi sebagai pemain yang menjuarai Piala Eropa 2016. Ia kemudian dipinjamkan ke Everton pada tahun 2018, sebelum The Toffies resmi mempermanenkannya semusim berselang.

8. Malcom

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirMalcom (en.as.com)

Pembelian Malcom pada musim 2018 lalu sempat mengejutkan banyak pihak, sebab ia sebelumnya dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan AS Roma. Namun, pada saat-saat terakhir ia malah berlabuh ke Camp Nou.

Selama membela tim asal Catalan itu, ia kesulitan menembus tim utama yang dihuni banyak nama bintang. Penyerang asal Brasil itu hanya bertahan semusim bersama Barcelona, kini ia bermain di Liga Rusia untuk Zenit Saint-Petersburg.

9. Miralem Pjanic

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirMiralem Pjanic (footballtransfers.com)

Pada tahun 2020, Barcelona dan Juventus sepakat melakukan pertukaran antara Miralem Pjanic dan Arthur Melo. Namun, setelah semusim berlalu sepertinya ia masuk dalam salah satu pembelian gagal Barcelona.

Musim lalu, tercatat ia hanya bermain sebanyak 19 laga, dan hanya menjadi starter sebanyak enam kali. Hal ini tentu saja tak sebanding dengan harapan besar kala pertama kali diperkenalkan oleh Barcelona. Apalagi kini usianya sudah tak muda lagi, yakni 31 tahun.

10. Philippe Coutinho

10 Pembelian Terburuk Barcelona dalam Satu Dekade TerakhirPhilippe Coutinho (sportslightmedia.com)

Philippe Coutinho merupakan otak serangan Liverpool dan sukses membawa The Reds menjadi pesaing juara di tiap musimnya. Barcelona yang kepincut dengan penampilnnya, kemudian membelinya senilai €120 juta atau sekitar Rp2 triliun pada tahun 2018.

Namun, penampilan gelandang asal Brazil ini tak sebanding dengan harga mahalnya. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Bayern Munchen semusim berselang usai dibeli dari Barcelona. Hal ini menjadikan Coutinho sebagai pembelian terburuk dalam satu dekade terakhir bagi Barcelona.

 

Harga mahal tak sepenuhnya menjamin bahwa pemain itu akan bersinar. Sebaliknya, Barcelona banyak mengalami kerugian akibat penampilan mereka yang tak sesuai harapan.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Barcelona dalam Satu Dekade Terakhir, Siapa Saja?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya