Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP Inggris

Duel hingga tikungan terakhir!

MotoGP akan kembali berlangsung pada hari minggu (29/8/2021) di sirkuit Silverstone, Inggris. Sirkuit yang juga menggelar balapan untuk ajang Formula 1 ini juga menjadi yang terpanjang musim ini dengan panjang mencapai 5,9 kilometer.

Hal yang menarik dari sirkuit ini adalah cuaca yang begitu sulit untuk diprediksi, bahkan pada musim 2018 lalu balapan sempat dibatalkan akibat lintasan yang tergenang air. Hal yang tak diduga itulah yang menyebabkan sirkuit ini tak didominasi oleh satu pembalap.

Meskipun sirkuit ini lebih cocok untuk Yamaha dan Suzuki karena banyaknya tikungan cepat, nyatanya Honda dan Ducati pun juga pernah menang di sini. Berikut enam pemenang terakhir dalam MotoGP Inggris.

1. Jorge Lorenzo - 2013

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisJorge Lorenzo menang pada GP Inggris 2013 (motorsportimages.com)

Musim 2013 menjadi musim yang cukup spesial bagi para pencinta MotoGP sebab di musim itulah Marc Marquez pertama kali debut di kelas para raja. Kala itu ia bersaing sangat sengit dengan sang juara dunia musim sebelumnya, Jorge Lorenzo. Keduanya pun bergantian menang pada musim itu.

Memasuki seri GP Inggris, Marc Marquez bermodalkan empat kemenangan beruntun saat itu. Namun, Lorenzo yang tak ingin diam saja juga berniat meraih kemenangan. Aksi saling salip antarkeduanya pun berlangsung hingga lap terakhir. Namun, pada akhirnya Por Fuera yang berhasil menggenggam kemenangan.

2. Marc Marquez - 2014

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisMarc Marquez menang pada GP Inggris 2014 (hondaracingcorporation.com)

Marc Marquez begitu mendominasi musim 2014. Tebukti ia memenangkan 13 dari 18 seri yang digelar. Termasuk 10 kemenangan beruntun pada awal musim. Marquez pun tentunya begitu percaya diri ketika seri ke-12 di sirkuit Silverstone berlangsung.

Seperti musim sebelumnya, kembali lagi duel sengit terjadi antara Marquez dan Lorenzo. Marquez yang memang mengawali balapan dari posisi terdepan terus dibayangi oleh pembalap Yamaha tersebut. Marquez yang memang tampil begitu solid tak mampu terkejar dan unggul 0,7 detik atas rekan senegaranya tersebut.

3. Valentino Rossi - 2015

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisValentino Rossi menang pada GP Inggris 2015 (motogp.com)

Inggris memang terkenal memiliki cuaca yang kerap kali dilanda hujan. Hal itulah yang terjadi pada balapan di musim 2015. Namun, hal itu tak terlalu berpengaruh untuk juara dunia MotoGP tujuh kali asal Italia tersebut. Meskipun kala itu usianya sudah menginjak 36 tahun.

Sempat ditempel ketat oleh Marc Marquez, ia diuntungkan ketika pembalap Honda tersebut terjatuh di lap ke-12. Setelah itu praktis tak ada yang mampu menghentikan The Doctor hingga balapan berakhir. Hasil itu menjadi kemenangan keempatnya pada musim tersebut.

Baca Juga: Valentino Rossi yang Jadi Inspirasi Dunia

4. Maverick Vinales - 2016

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisMaverick Vinales menang pada GP Inggris 2016 (motogp.com)

Suzuki tak pernah menang di MotoGP sejak Chris Vermeulen melakukannya pada GP Prancis musim 2007. Namun, pada musim 2016 penantian itu akhirnya terhenti usai pemuda berusia 21 tahun bernama Maverick Vinales menang pada GP Inggris musim 2016.

Red Flag sempat berkibar pada lap pertama menyusul insiden yang terjadi antara Loris Baz dan Pol Espargaro. Seusai balapan dimulai kembali, Vinales menyalip satu per satu pembalap di depannya. Vinales pun akhirnya meraih kemenangan pertamanya di kelas MotoGP.

5. Andrea Dovizioso - 2017

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisAndrea Dovizioso menang pada GP Inggris 2017 (bleacherreport.com)

Musim 2017 terjadi peraingan sengit antara Marc Marquez dengan Andrea Dovizioso dengan bergantian memenangi balapan. Race pada GP Inggris sendiri berlangsung cukup seru dengan terjadinya aksi saling salip antarpembalap di barisan depan.

Bencana datang bagi Marquez saat mesin motornya mengalami masalah. Meski demikian, Dovi masih harus menghadapi duet Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Namun, Dovi mampu tampil tenang dan berhasil memenangi balapan sekaligus mengambil alih puncak klasemen dari Marquez.

6. Alex Rins - 2019

Inilah 6 Pemenang Berbeda dalam 6 Race Terakhir MotoGP InggrisAlex Rins menang pada GP Inggris musim 2019 (efe.com)

Setelah sempat dibatalkan pada musim 2018 akibat hujan yang begitu deras, Silverstone kembali hadir semusim berselang dengan cuaca cerah. Lagi-lagi Marc Marquez diunggulkan untuk menang setelah pada 11 seri sebelumnya ia selalu finis di posisi pertama atau kedua, kecuali pada GP Amerika Serikat ketika ia terjatuh.

Pada awal balapan terjadi insiden antara Andrea Doviziose dan Fabio Quartararo hingga motor milik Dovi terbakar. Namun, pertarungan sebenarnya terjadi antara Marquez dengan pembalap Suzuki, Alex Rins. Rins sukses menyalip Rins pada tikungan terakhir dan unggul hanya 0,013 detik. Itu menjadi kemenangan keduanya pada musim tersebut.

 

GP Inggris selalu menjadi pertarungan seru pada enam balapan terakhir dengan menghadirkan enam pemenang berbeda. Akankah pada akhir pekan nanti akan muncul pemenang ketujuh?

Baca Juga: Empat Kali Beruntun Jatuh saat Balapan, Rins: Ini Bukan Hal Normal

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya