Comscore Tracker

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala Dunia

The Atlas Lion baru saja cetak sejarah di Qatar

Tak ada yang menyangka bahwa Timnas Maroko mampu melangkah hingga babak perempat final pada Piala Dunia 2022. Namun, The Atlas Lion membuktikan mereka sebagai kuda hitam dengan mengalahkan Belgia dan Spanyol untuk menantang Portugal di perempat final.

Ini merupakan pencapaian tertinggi mereka sejak keikutsertaan pertama mereka pada edisi 1970. Dalam lima edisi sebelumnya, prestasi terbaik Maroko hanyalah sekali mencapai babak 16 besar. Berikut kisah Timnas Maroko sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Dunia.

1. Maroko lakoni debut di Piala Dunia pada 1970

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala DuniaMaroko pada Piala Dunia 1970 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Piala Dunia 1970 di Meksiko menjadi panggung pertama bagi Maroko tampil di ajang sepak bola terbesar di dunia. Maroko yang merupakan satu-satunya wakil dari Afrika tergabung di grup 4 bersama Jerman Barat, Peru, dan Bulgaria.

Pada pertandingan pertama, Maroko harus bertekuk lutut dari tim kuat, Jerman Barat. Pada laga selanjutnya, Maroko juga mengalami kekalahan dari Peru. Hasil imbang kontra Bulgaria membuat mereka menjadi juru kunci dengan satu poin.

2. Mencetak sejarah dengan lolos ke babak 16 besar pada edisi 1986

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala DuniaMaroko pada Piala Dunia 1986 (fifa.com)

Sejarah tercipta pada Piala Dunia 1986, ketika Maroko menjadi negara Afrika pertama yang lolos ke fase knock out. Tak hanya sekadar lolos, Maroko bahkan menjadi juara grup F yang juga diisi Inggris, Polandia, dan Portugal.

Menghadapai para raksasa Eropa, The Atlas Lion tampil gemilang dengan menahan imbang Inggris dan Polandia. Kemenangan 3-1 atas Portugal memastikan langkah mereka ke fase gugur dengan status juara grup.

Sayang, langkah mereka kemudian dihentikan Jerman Barat lewat gol tunggal Lothar Matthaus. Namun, pencapaian Maroko ini kemudian menginspirasi para negara Afrika yang perlahan mulai bisa bersaing di Piala Dunia.

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Pertahanan Maroko Masih Paling Kokoh

3. Tak lolos fase grup pada 1994

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala DuniaMaroko pada Piala Dunia 1994 (fifa.com)

Setelah absen pada edisi 1990, Maroko kembali tampil di Piala Dunia 1994 yang diadakan di Amerika Serikat. Berbeda dengan edisi 1986, kali ini Maroko yang tergabung di grup hanya menjadi bulan-bulanan tiga tim lainnya.

Pada laga pertama mereka langsung menuai hasil negatif usai ditekuk Belgia. Arab Saudi dan Belanda semakin menenggelamkan Maroko di dasar klasemen tanpa berhasil meraup satu poin pun.

4. Kembali gagal lewati babak grup pada edisi 1998

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala DuniaMaroko pada Piala Dunia 1998 (fifa.com)

Hasil tak jauh berbeda dialami Maroko pada Piala Dunia 1998 di Prancis. Kali ini, Maroko bertemu Brasil, Norwegia, dan Skotlandia yang sama-sama menghuni grup A. Perjalanan mereka pun diawali dengan hasil imbang kontra Norwegia.

Sayang, pada laga kedua mereka tak mampu berkutik ketika dihantam Brasil dengan skor 0-3. Maroko sebenarnya berpeluang lolos ke babak 16 besar setelah menang 3-0 atas Skotlandia. Sayang, di laga lainnya Norwegia berhasil menang atas Brasil yang membuat keduanya lolos ke babak berikutnya.

5. Jadi juru kunci pada Piala Dunia 2018

Kisah Pencapaian Maroko dalam Keikutsertaannya di Piala DuniaMaroko pada Piala Dunia 2018 (fifa.com)

Butuh waktu 20 tahun bagi Maroko untuk kembali menginjakkan kaki di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 2018 di Rusia. Ketika itu, The Atlas Lion tergabung bersama Iran serta dua raksasa Eropa, Spanyol dan Portugal.

Gol telat Aziz Bouhaddouz pada masa injury time membuat Maroko kalah dari Iran. Skor serupa juga menghiasi hasil akhir ketika mereka bertemu Portugal. Hasil imbang kontra Spanyol di laga terakhir membuat Maroko menjadi juru kunci grup B.

 

Maroko baru saja mencetak sejarah dengan mencapai babak perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya. Lantas, mampukah mereka melangkah lebih jauh lagi di Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Penampilan Terbanyak di Timnas Maroko

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya