Daftar Pencetak Gol Pembuka di 5 Edisi Piala Dunia Terakhir

Siapakah pembuka keran gol di Piala Dunia 2022?

Piala Dunia 2022 yang diikuti 32 negara akan segera dimulai di Qatar. Pertandingan pertama yang dihelat di Al Bayt Al Khor Stadium pada Minggu (20/11/2022) akan mempertemukan Ekuador melawan tuan rumah, Qatar.

Salah satu hal yang menarik untuk dinanti adalah siapa yang akan menjadi pencetak gol pembuka di Qatar nantinya. Apalagi jika Qatar sebagai tuan rumah yang berhasil membuka keran gol. Berikut deretan pencetak gol pembuka dalam lima edisi Piala Dunia terakhir.

1. Yuri Gazinskiy (Piala Dunia 2018)

Daftar Pencetak Gol Pembuka di 5 Edisi Piala Dunia TerakhirYuri Gazinskiy pada Piala Dunia 2018. (instagram.com/gazinskiy)

Rusia membuka petualangan mereka di Piala Dunia 2018 dengan gemilang setelah melumat Arab Saudi dengan skor 5-0. Pasukan Stanislav Cherchesov tak memberi Arab Saudi kesempatan untuk mengembangkan permainan.

Tim tuan rumah membuka keunggulan lewat sontekan Yuri Gazinskiy pada menit ke-12. Rusia kemudian menambah masing-masing satu gol melalui Artem Dzyuba dan Aleksandr Golovin. Tambahan dua gol dari Denis Cheryshev semakin menyempurnakan kemenangan Rusia.

2. Marcelo (Piala Dunia 2014)

Daftar Pencetak Gol Pembuka di 5 Edisi Piala Dunia TerakhirMarcelo mencetak gol bunuh diri pada laga pembuka Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Marcelo menjadi pemain yang mencetak gol pembuka di Piala Dunia 2014 ketika Brasil bertemu Kroasia. Sayang, golnya justru bersarang ke gawangnya sendiri.

Beruntung tim tuan rumah mampu membalikkan keadaan lewat dua gol Neymar. Gol di masa injury time dari Oscar membuat Brasil menang dengan skor 3-1.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Catatan Gol Terbanyak di Piala Dunia

3. Siphiwe Tshabalala (Piala Dunia 2010)

Daftar Pencetak Gol Pembuka di 5 Edisi Piala Dunia TerakhirSiphiwe Tshabalala (kanan) mencetak gol ke gawang Meksiko pada laga pembuka Piala Dunia 2010. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Pada laga pembuka melawan Meksiko, seisi Soccer City Stadium sempat bersorak setelah Simphiwe Tshabalala membuka keunggulan bagi Afrika Selatan.

Namun, Meksiko berhasil menyamakan keunggulan lewat sontekan Rafael Marquez. Hasil tersebut tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga berakhir.

4. Philipp Lahm (Piala Dunia 2006)

Bertindak sebagai tuan rumah, Philipp Lahm membawa Jerman unggul di menit keenam melawan Kosta Rika. Tendangan kerasnya tak mampu dihalau oleh Jose Porras.

Jerman akhirnya menang dengan skor 4-2 lewat tambahan gol dari Torsten Frings serta dua gol dari Miroslav Klose. Sementara Kosta Rika hanya mampu mencetak dua gol melalui Paulo Wanchope.

5. Papa Bouba Diop (Piala Dunia 2002)

Daftar Pencetak Gol Pembuka di 5 Edisi Piala Dunia TerakhirPapa Bouba Diop (nomor 9) mencetak gol ke gawang Prancis pada laga pembuka Piala Dunia 2002. (fifa.com)

Seluruh dunia dibuat terkejut ketika Papa Bouba Diop mencetak gol ke gawang Prancis bagi Senegal di laga pembuka Piala Dunia 2002. Padahal saat itu Les Blues memegang status sebagai juara bertahan.

Gol tersebut jadi satu-satunya gol di pertandingan yang dihelat di Seoul World Cup Stadium. Kekalahan ini juga menjadi salah satu alasan Prancis tak lolos dari fase grup.

 

Mencetak gol pembuka di ajang sekelas Piala Dunia pasti tak akan dilupakan oleh sang pemain. Menarik menyaksikan siapa yang nantinya bakal mencatatkan namanya di papan skor untuk pertama kali di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Bintang yang Ternyata Tak Pernah Mencetak Gol di Piala Dunia

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya